Informasi Terpercaya Masa Kini

Dengan Hidup Mindfulness, Ternyata Ampuh Redakan Stres dan Mengurangi Kecemasan

0 7

Hari-hari ini, banyak sekali setiap dari kita yang hendak menginginkan hidup damai seutuhnya jauh dari segala macam masalah yang ada.

Atau minimalnya, kita bisa selalu dengan tepat mengarungi dan melewati setiap masalah yang datang menerpa.

Secara tidak sadar, seringkali setiap dari kita tidak sepenuhnya sadar pada saat kondisi terjadinya permasalahan yang ada.

Dan bahkan, lebih-lebih terlalu memikirkan akar masalah yang ada serta tidak ada niat untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Prinsip mindfulness menawarkan antitesis dari problem yang ada di atas tersebut.

Mindfulness pun disini bisa menjadi penyebab ampuh dalam meredakan stres dan mengurangi kecemasan.

Untuk bisa menerapkannya bisa dimulai dengan tahu betul akan formula mindfulness yang ada seperti halnya sebagai berikut.

Sadar makna dan tujuan

Dengan kita meresapi segala hikmah yang ada dalam sebuah permasalahan dan mengerti maksud tujuannya, sedikit besarnya kita akan menjadi seorang yang lelegowo.

Menikmati proses

Sudah menjadi suatu hal umum, kebanyakan dari setiap kita hanya memikirkan tujuan yang akan hendak dicapai. Keadaan tersebut sudah pasti akan melupakan bahwa didalamnya ada suatu hal yang disebut dengan proses.

Olah fisik selain olah pikir, aktif dan dinamis

Penting untuk setiap dari kita tetap waras dalam segala hal, baik itu jiwa maupun raga. Tidak ketinggalan, kita juga harus selalu aktif dan dinamis menjemput masa depan.

Memberikan keseimbangan pada otak, lahir dan batin

Perlunya kedamaian dan keseimbangan pada semua elemen tubuh kita sangat penting dalam rangka keberlangsungan hidup dan kehidupan hari-hari ini.

Mengembangkan sikap tenang

Salah satu sikap yang tak semua orang punya, dan lebih-lebih kebanyakan orang terlalu panik dalam setiap kekeadaan.

Mengendalikan diri sepenuhnya

Kendali atas diri kita sepenuhnya tentu berada dalam genggaman diri kita dan bukan ada pada orang lain. Maka dari itu sudah selayaknya kita bisa pegang kendali atas diri.

Mindfulness sendiri memiliki beberapa feedback positif bagi setiap dari kita yang mencoba menerapkannya.

Mulai dari menuntas Psychological & Psychosomatic problem yang didalamnya meliputi Anxiety/kecemasan dan Addiction/ketergantungan (orang yg sudah tidak bisa mengontrol dirinya).

Ada juga Aggression/ga bisa kontrol kemarahannya, Suicidality/orang-orang putus asa yang ga mampu lagi hidup, sulit menerima situasi.

Mindfulness juga dapat meredakan Depression, Chronic pain, Insomnia, Hypertension hingga Reducing stress, improve attention (mengurangi stress, meningkatkan fokus hidup).

Beberapa tips yang bisa kita jadikan acuan dalam menerapkan mindfulness sebagai berikut.

Kreatifitas, kreatifitas memberikan pengaruh positif pada kesehatan mental, saat kreatifitas mengalir, disaat itu pula pikiran anda akan beristirahat (mengembangkan hobi; menggambar, mewarnai, menanam dan lain sebagainya)

Jalan-jalan, dengan tujuan ingin menikmati suasana dan mengistirahatkan pikiran.

Menengok langit malam

Menikmati aktifitas apapun yg kita lakukan, berikan fokus kepada setiap langkahnya

Fokus pada satu hal di satu waktu

Menulis diary

Meditasi. Wallahu A’lam Bishawab

Leave a comment