Informasi Terpercaya Masa Kini

Serba-serbi Penutupan Olimpiade Paris 2024: Jadwal, Lokasi, hingga Dimeriahkan Billie Eilish

0 8

TEMPO.CO, Jakarta – Setelah hampir tiga pekan bergulir, Olimpiade Paris 2024 telah memasuki puncaknya. Ajang multievent olahraga empat tahunan terbesar di dunia itu akan resmi ditutup pada hari ini Minggu, 11 Agustus 2024.

Ada 10.500 atlet yang bertanding dalam total 329 nomor dari 32 cabang olahraga bersaing memperebutkan medali emas Olimpiade Paris 2024. Indonesia sendiri yang diwakili 29 atlet berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perunggu.

Dalam upacara penutupan nanti, bakal ada rangkaian kegiatan yang dihadirkan. Salah satunya penampilan dari musisi ternama asal Amerika Serikat Billie Eilish dan beberapa lainnya.

Berikut serba serbi penutupan Olimpiade Paris 2024

Jadwal dan Lokasi Penutupan

Berdasarkan keterangan pada situs resmi Olimpiade, upacara penutupannya bakal digelar di Stade de France, Minggu, 11 Agustus atau Senin, 12 Agustus waktu Indonesia. Acara dimulai pukul 21.00 hingga 23.59 waktu Prancis atau pukul 02.00 – 04.59 waktu Indonesia.

Upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 akan menjadi acara yang lebih tradisional, berbeda dengan saat pembukaan. Berlangsung dalam Stade de France yang berkapasitas 80 ribu penonton, kegiatan tersebut bakal menjadi puncak perayaan prestasi para atlet dan kesuksesan kota tuan rumah, Paris.

Penyerahan Bendera Olimpiade ke Tuan Rumah Berikutnya

Setelah Paris 2024, Olimpiade berikutnya akan berlangsung di Los Angeles 2028. Dalam upacara penutupan nanti bakal menampilkan proses pemadaman Api Olimpiade secara seremonial.

Selain itu, terdapat pula seremonial untuk penyerahan bendera Olimpiade kepada komite penyelenggara Los Angeles 2028, menandai transisi ke Olimpiade musim panas berikutnya.

Masih Ada Cabang Olahraga yang Bertanding

Beberapa jam sebelum acara penutupan, tercatat masih ada sembilan cabang olahraga yang menggelar pertandingan terakhir. Sembilan cabang olahraga itu adalah marathon putri, basket putri, sepeda, bola tangan putra, pentathlon modern putri, polo air putra, angkat besi putri, dan gulat.

Lifter Indonesia Nurul Akmal menjadi salah satu yang bakal bertanding pada hari ini. Ia turun di nomor angkat besi putri kategori +81 kilogram.

Billie Eilish hingga Snoop Dogg Meriahkan Upacara Penutupan

Selain menampilkan kembali atlet-atlet yang berlaga, upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 juga akan dimeriahkan oleh kehadiran musisi internasional. Dilansir dari NBC New York, penyanyi Billie Eilish, rapper Snoop Dogg, hingga grup band Red Hot Chili Peppers bakal menjadi pengisi acaranya.

Tak berhenti sampai di situ, pemenang lima kali penghargaan Grammy, H.E.R juga akan hadir khusus menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat saat penyerahan bendera Olimpiade dari panitia penyelenggara Paris 2024 ke Los Angeles 2028.

OLYMPICS, CBS, NBC

Pilihan Editor: Pelatih Muhammad Rusli Ungkap Target untuk Nurul Akmal di Olimpiade Paris 2024

Leave a comment