Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Rekomendasi iPhone 5 Jutaan yang Bisa Jadi Referensi

0 61

TEMPO.CO, Jakarta – iPhone masih menjadi salah satu merek ponsel pintar (smartphone) yang paling banyak diminati, termasuk di Indonesia.

Menurut studi Counterpoint Research pada kuartal pertama 2024, tiga seri iPhone 15 dan iPhone 14 menduduki posisi empat teratas sebagai ponsel atau handphone (HP) terlaris di dunia.

Meskipun menyasar kelas atas atau flagship, ada beberapa tipe iPhone yang dibanderol mulai harga Rp5 jutaan.

Namun, dengan harga yang relatif terjangkau, ponsel buatan Apple itu umumnya bisa diperoleh dalam kondisi bekas.

Daftar iPhone Rp 5 Jutaan

Dirangkum dari sejumlah e-commerce, berikut deretan iPhone dengan harga mulai Rp5 jutaan:

1. iPhone 11

Harga iPhone 11 kapasitas 64 Gb kondisi baru berada di kisaran Rp6,2 jutaan. Namun, dalam momen tertentu, seperti hari belanja online nasional (Harbolnas), HP Apple yang dirilis pertama kali pada 2019 itu sering kali ditawarkan dengan harga mulai Rp5 jutaan. Sedangkan harga untuk kondisi bekasnya bisa lebih rendah.

iPhone 11 mendukung sistem operasi iOS 17. Memiliki dimensi lebar 75,7 milimeter, tinggi 10,9 milimeter, tebal 8,3 milimeter, dan bobot 194 gram, ponsel Apple seri 11 juga mengantongi sertifikasi level IP68.

Dengan demikian, perangkat digital itu tahan cipratan, debu, dan mampu bertahan di dalam air setinggi dua meter hingga 30 menit menurut standar IEC 60529.

2. iPhone XR

Diluncurkan pada 2018, iPhone XR juga telah mempunyai sertifikasi level IP67 yang tahan air di kedalaman maksimum satu meter selama 30 menit. Dibekali kamera belakang 12 MP, ponsel Apple itu mampu merekam video hingga 4K dalam kecepatan 224 fps, 30 fps, atau 60 fps.

iPhone XR bekas dijual dengan harga Rp4-5 jutaan. Dengan adanya teknologi TrueDepth sebagai salah satu keunggulan utama, pengguna bisa memotret foto dengan hasil lebih tajam dan detail.

Selain itu, terdapat pula fitur Potrait Mode yang semakin menambah pengalaman berswafoto (selfie) agar lebih menarik.

3. iPhone XS

iPhone XS memiliki tiga pilihan kapasitas memori, yaitu 64 Gb, 256 Gb, dan 512 Gb. Dengan harga bekas mulai Rp4,7-6,4 jutaan, pembeli bisa membawa pulang ponsel Apple yang telah mempunyai sertifikasi level IP68 dan layar OLED Multi-Touch seluruhnya berukuran 5,8 inci.

Bagi penggemar kegiatan dunia fotografi, kamera ganda telefoto dan wide-angle 12 MP pada iPhone XS sudah cukup untuk menangkap momen di setiap waktu. Untuk pilihan warnanya, tersedia warna emas, abu-abu, dan perak yang bisa disesuaikan dengan preferensi.

4. iPhone XS Max

Selanjutnya, ada iPhone XS Max bekas yang juga dijual dengan harga sekitar Rp4,7-6,4 jutaan. Serupa dengan saudaranya, seri XS Max juga telah dibekali layar OLED Multi-Touch, layar super retina HD, dan sertifikasi level IP68.

iPhone XS Max mempunyai dimensi lebar 77,4 milimeter, tinggi 157,5 milimeter, tebal 7,7 milimeter, dan berat 208 gram, sehingga cukup ringkas.

Selain itu, iPhone XS Max mampu melakukan perekaman video dengan rentang dinamis yang diperluas, mulai dari HD 720p, HD 1080p, hingga 4K.

5. iPhone SE 2

Kemudian, rekomendasi iPhone Rp5 jutaan yang tak kalah menarik datang dari model SE generasi ke-2.

HP Apple yang dirilis pada 2018 itu dipasangi prosesor A13 Bionic dengan CPU 6-core yang terdiri dari 2 core performa dan 4 core efisiensi, serta GPU 4-core, sehingga kinerja ponsel menjadi lebih gahar.

MELYNDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Apple Memperkenalkan Game Mode di iOS 18, Mengenali Fitur Ini

Leave a comment