Informasi Terpercaya Masa Kini

8 Model Baju Lurik untuk Pesta Terbaru, Unik dan Klasik!

0 7

Lurik merupakan kain tradisional yang bermotif garis-garis khas Jawa. Bahan dasar kain ini adalah katun yang relatif kasar namun tetap nyaman untuk dikenakan. Tak mengherankan, sebab harga kain ini pun cukup terjangkau. 

Umumnya, warna kain lurik dominan gelap, seperti cokelat, hitam, kuning tua, atau merah tua. Pada zaman dulu, kain ini dipakai untuk stagen, kemben, atau selendang. Sedangkan bagi laki-laki, lurik dipakai sebagai bahan untuk membuat surjan. 

Namun semakin ke sini, lurik menjadi kain universal yang bisa dibuat berbagai jenis pakaian, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Nah, Popbela.com akan memberikan rekomendasi model baju lurik untuk pesta yang bisa kamu jadikan inspirasi. Simak, yuk!

1. Baju Lurik Model Kelelawar

Model baju lurik untuk pesta yang pertama adalah model kelelawar yang lebar di bagian kanan dan kirinya. Baju tersebut dibuat dengan detail V-neck dan lengan lebar sepanjang siku. 

Selain itu, bagian badannya dibuat menyerupai sayap di kanan dan kirinya yang berlekuk-lekuk. Jika memakai baju ini, kamu bisa memadukannya dengan bawahan kulot atau kain batik. 

2. Baju Lurik Model Sleeveless

Selain baju atasan, kamu juga bisa membuat bahan lurik menjadi sleeveless dress yang anggun. Model baju lurik untuk pesta sleeveless tersebut dibuat tanpa lengan dengan aksen belt di pinggang. 

Untuk panjangnya, pakaian di atas memiliki panjang sampai ke bawah lutut sehingga tetap sopan saat dipakai untuk pesta. Kalau sudah, padukan dress tersebut dengan alas kaki sneakers putih dan kaca mata hitam andalanmu. 

3. Baju Lurik Model Asimetris

Supaya makin kekinian, model asimetris yang bertumpuk seperti di atas bisa dicoba. Model tersebut dibuat menjadi mini dress dengan panjang sampai atas lutut. Sementara lengan baju kanan dan kirinya dibuat panjang pendek sesuai dengan keinginanmu. 

Dibuat dengan bahan lurik secara menyeluruh, supaya tidak membosankan kamu bisa menata kain lurik menjadi bertumpuk dengan peletakan yang vertikal maupun horizontal. Kalau sudah, kenakan aksesori yang cukup mencolok supaya lebih variatif. 

4. Baju Lurik Model V-Neck

Model baju lurik untuk pesta selanjutnya bisa kamu modifikasi dengan kain batik model V-neck seperti di atas. Model baju tersebut dibuat seperti kimono dengan meletakkan sisi kanan dan kiri baju menyilang. 

Lalu, tambahkan belt dengan kain lurik yang juga di bagian pinggang untuk membuat penampilan menjadi lebih langsing. Lurik yang dipakai pada baju tersebut dibuat dengan dua jenis lurik berwarna hitam dan putih. 

5. Baju Lurik Model Crossover

Baju model crossover yang satu ini hampir mirip dengan sebelumnya, tetapi dibuat menjadi tunik. Pada bagian atas, baju didesain crossover dengan sisi kanan dan kiri yang menyilang. 

Sementara bagian bawahnya dibuat panjang sampai ke betis dengan belahan di sisi kanan dan kirinya. Perpaduan yang tepat dengan tunik warna hitam ini adalah kulot warna putih yang lebar. 

6. Baju Lurik Model Two Tone

Kalau ingin baju pesta yang pendek, model mini dress two tone di atas bisa dicoba. Model tersebut dibuat dengan sisi kanan dress berbahan lurik dan sisi kirinya menggunakan bahan batik. 

Lalu, dress dibuat dengan panjang sampai atas lutut dengan model A-line yang melebar ke bawah. Sementara itu, lengannya dibuat tanpa lengan sehingga tidak gerah saat digunakan untuk pesta. Jangan lupa lengkapi dengan high heels dan perhiasan, ya!

7. Baju Lurik Model Kebaya

Model baju kebaya bisa dimodifikasikan dengan lengan dan belt lurik. Sementara bagian badannya dibuat dengan bahan polos nuansa mustard. Jangan lupa buat kerah model V-neck supaya lebih rapi. 

Aksesori yang cocok untuk melengkapi baju ini adalah bunga-bunga di bagian dada sebelah kirinya. Lalu, kenakan baju ini dengan kulot warna putih yang rapi sehingga cocok untuk pesta. 

8. Baju Lurik Model Shift Dress

Model baju lurik untuk pesta yang terakhir memakai model shift dress yang lurus dan tanpa lengan. Model tersebut dimodifikasi dengan lurik yang ditata asimetris sehingga tidak terlihat membosankan. 

Ujung dress tersebut dibuat sedikit runcing yang menutupi lutut. Lalu, padukan dengan sepatu boots warna cokelat supaya terlihat lebih edgy dan keren. Jangan lupa bawa aksesori tas warna senada juga supaya lebih stylish, ya! 

Itulah 8 model baju lurik untuk pesta yang cocok untuk tampil unik saat pesta pernikahan maupun acara lainnya. Di antara berbagai model di atas, mana yang paling menarik perhatianmu, Bela? 

Baca Juga: 10 Model Midi Dress Brokat Terbaru, Cocok untuk Pesta!

Baca Juga: 10 Model Long Dress Brokat untuk Pesta, Anggun dan Elegan!

Baca Juga: 8 Model Tunik Brokat Kombinasi Polos, Elegan saat Dipakai

Leave a comment