Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Kondisi yang Menandakan Tubuh Kekurangan Nutrisi

0 1

TEMPO.CO, Jakarta – Gastroeterolog di California, Dr. Saurabh Sethi, menyebut beberapa tanda tubuh kekurangan nutrisi. Lima perubahan pada tubuh adalah sinyal kurang zat besi, vitamin C, dan kalsium.

Video yang diunggah Sethi sudah ditonton lebih dari 1,6 juta kali. Jika dibiarkan, kondisi kurang gizi tersebut bisa memicu masalah lebih serius seperti sakit kepala, patah tulang, dan penyakit jantung. Berikut lima kondisi yang disebutnya, dilansir dari Daily Mail.

Kuku rapuh

Jika melihat kuku yang rapuh dan mudah patah, itu adalah tanda kurang protein dan zat besi dalam pola makan, kata Sethi. Pembentuk utama kuku adalah keratin, protein yang jug membantu pembentukan jaringan rambut dan lapisan terluat kulit, epidermis. Kekurangan protein bisa menurunkan produksi keratin sehingga struktur kuku pun berkurang. Sementara kekurangan zat besi bisa menurunkan kadar oksigen di kuku yang membuatnya rapuh.

Kelopak mata berkedut

Kedutan di kelopak mata atau tungkai adalah tanda kekurangan magnesium, mineral penting yang membantu pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatannya, juga menjaga fungsi saraf dan kontraksi otot. Kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan terlalu banyak kalsium mengalir ke sel-sel saraf, membuatnya lebih aktif dan menyebabkan kedutan.

Sendi berbunyi

Jika lutut atau sendi sering berbunyi “klik” atau “krek”, Sethi menyebut itulah tanda tubuh kekurangan vitamin D3 atau kalsium, keduanya penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Kekurangan kedua nutrisi itu bisa melemahkan tulang dan sendi, yang menyebabkan peradangan dan bunyi “krek”.

Uban di usia muda

Munculnya uban memang tak bisa dihindari. Namun jika sudah beruban di usia 20-an atau 30-an, Sethi menyebut penyebabnya kekurangan vitamin. “Penyebabnya bisa jadi kekurangan vitamin B12, yang penting untuk produksi sel-sel darah merah dan mengalirkan oksigen ke folikel rambut sehingga menyebabkan tumbuh uban di usia muda,” ujarnya.

Mudah memar

Jika mendapati tubuh mudah memar, itu tandanya tubuh kurang vitamin C. Selain meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh, Sethi mengatakan vitamin C juga penting dalam pembentukan kolagen, protein yang menunjang struktur kulit, tulamg, otot, tendon, dan jaringan penghubung lain. Kekurangan kolagen membuat pembuluh darah kehilangan bantalan pelindung dari cedera sehingga tubuh pun mudah memar.

Pilihan Editor: Dampak Buruk Malnutrisi pada Kesehatan Jika Tak Ditangani

Leave a comment