Informasi Terpercaya Masa Kini

Instal “Update” Windows 11 Kini Lebih Cepat

0 1

KOMPAS.com – Raksasa teknologi Microsoft telah meluncurkan sistem operasi (OS) Windows 11 24H2 pada awal Oktober 2024. Windows 11 24H2 membawa sejumlah peningkatan terkait cara sistem operasi menangani pembaruan (update) Windows.

Sistem operasi ini mengurangi waktu instalasi, waktu me-restart komputer, dan menurunkan penggunaan unit pemrosesan pusat (CPU) saat melakukan update Windows.

Secara rinci, waktu instalasi pembaruan bulanan Windows kini lebih cepat 45 persen dibanding versi sistem operasi sebelumnya. Penggunaan CPU menurun 25 persen, dan waktu restart komputer berbasis Windows lebih “ngebut” 40 persen.

Baca juga: Windows 11 24H2 Diumumkan, Ini Peningkatan yang Dibawa

Windows 11 24H2 mengimplementasi sejumlah metode untuk mencapai peningkatan besar ini.

Salah satunya adalah pemrosesan paralel komponen manifes (manifest component), yang artinya Windows bisa memproses sejumlah pembaruan manifes secara bersamaan.

Adapun komponen merupakan kumpulan file yang mencakup kode sumber (source code), yang dikompilasikan di Windows. Komponen inilah yang akan diperbarui dalam update bulanan Windows.

Sementara itu, manifes merujuk pada metadata komponen tersebut, alias informasi terkait komponen yang akan diperbarui dalam update bulanan Windows.

Metode berikutnya, manifes pembaruan (update manifest) tersebut disimpan (cache) setelah diproses. Jadi, ketika manifes tersebut dirujuk di tempat lain pada masa mendatang, manifes tersebut dapat diambil dari memori, tanpa harus diproses ulang.

Terakhir, RAM yang diperlukan untuk menyimpan manifes ini dapat diskalakan (scalable), menyesuaikan jumlah yang diperlukan secara dinamis berdasarkan beban kerja.

Selain sejumlah peningkatan di atas, Microsoft pun menurunkan ukuran unduhan (download) pembaruan fitur Windows 11 sekitar 200 MB.

Pengurangan ukuran download ini dicapai dengan tidak memaksa pengguna mengunduh aplikasi bawaan Windows 11. Sistem hanya akan mengunduh aplikasi yang kadaluwarsa atau belum terinstal saja.

Baca juga: 5 Cara Melihat Versi Windows di Laptop dan PC dengan Mudah

Fitur baru Windows 11 24H2

Update Windows 11 versi 24H2 membawa sejumlah pembaruan kecil pada beberapa fitur, seperti menu “Start”, “File Explorer”, dan “Settings”.

Pada menu “Start”, pembaruan akan sangat berfungsi bagi pengguna software Microsoft Phone Link.

Sebab, pembaruan ini menambahkan panel samping di menu “Start” untuk memberikan informasi tentang status baterai, notifikasi, akses cepat ke aplikasi perpesanan, panggilan, dan foto.

Kemudian, menu “Explorer” juga akan sedikit dirombak.

Nantinya, file yang terdapat di “Recent” (terakhir dibuka), “Favorites”, dan “Shared” (file yang dibagikan), akan digabung dalam tampilan tab, sebagaimana dikutip KompasTekno dari MobileSyrup, Senin (28/10/2024).

Menu konteks, yang berisi copy, paste, dan rename, akan memiliki label atau keterangan, sehingga lebih jelas dan mudah digunakan. Sebelumnya, hanya ada ikon saja, dan keterangan baru muncul saat mengarahkan kursor (hover) ke salah satu ikon.

Pembaruan ini juga membawa perubahan antarmuka waktu dan tanggal yang lebih sederhana. Microsoft juga menambahkan mode Energy Saver di opsi “Power”, menemani opsi yang sudah ada, seperti “Sleep” dan “Shut down”.

Pengguna pun bisa melakukan kustomisasi tombol power atau ketika membuka layar laptop. Fitur lain yang turut hadir adalah dukungan wallpaper HDR, WiFi 7, dan fitur eksklusif untuk Copilot Plus PC.

Cara update Windows bisa dilakukan dengan membuka menu “Start” > “Settings” > “Windows Update”, dan menggeser opsi tombol “Get the latest updates as soon as they’re available” ke kanan atau hingga berubah warna.

Leave a comment