Informasi Terpercaya Masa Kini

PDIP Batal Umumkan Anies jadi Bakal Calon Gubernur Jakarta, Mengapa?

0 3

Anies Baswedan batal diumumkan menjadi calon gubernur Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari Senin ini (26/8). Faktor utama penyebabnya adalah masih ada perdebatan di internal partai tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id dari sejumlah sumber, beberapa anggota PDIP belum setuju dengan kebijakan partai untuk mencalonkan Anies. Bahkan, lantaran sangat alotnya perdebatan, beberapa anggota mengancam keluar dari partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut.

“Jadi tidak dapat diumumkan hari ini. Belum batal (pencalonan Anies oleh PDIP), tapi kemungkinan pengumumannya ditunda,” kata seorang sumber Katadata.co.id, Senin (26/8).

Padahal, sebelumnya santer beredar kabar Anies akan diumumkan oleh DPP PDIP hari ini, bersama dengan sejumlah calon lainnya. Anies juga terlihat sudah tiba di kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat pukul 11.50 WIB.

Sedangkan nama lain yang diumumkan adalah calon gubernur dan wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Sumardi serta Andika Perkasa-Hendrar Prihadi sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

Belum ada penjelasan PDIP terkait tak adanya pengumuman Anies hari ini. Hingga berita ini ditulis, politisi PDIP Hendrawan Supratikno belum membalas pesan singkat Katadata.co.id.

Padahal, Ketua DPP PDIP sebelumnya mengonfirmasikan partainya akan mengusung pasangan Anies Baswedan dan Rano Karno sebagai kandidat calon gubernur dan wakil gubernur di pemilihan gubernur Jakarta. 

“Insya Allah,” kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah singkat, dikonfirmasi awak media, Senin (26/8).

Anies sendiri mengawali hari ini dengan pamit kepada Ibu serta istrinya dengan mengenakan baju tenun berwarna merah di kediamannya di Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. 

 “Anies berangkat dulu, mohon doa restu, semoga dilancarkan hari ini,” kata Anies dalam keterangan tertulis, Senin (26/8).

Juru Bicara Anies, Angga Putra Fidrian mengatakan Anies akan meluncur ke Kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro Nomor 58, Jakarta. Namun, ia tak menjelaskan detail kunjungan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu ke PDIP.

 “Detailnya bisa ditanya ke PDIP,” kata Angga di Jakarta, Senin (26/8) dikutip dari Antara.

Anies juga telah menyambangi Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta pada Sabtu (24/6). Dalam pertemuan tersebut, ia membahas beberapa hal, salah satunya pilkada Jakarta.

Kendati demikian, Anies menuturkan, baik dirinya maupun DPD PDIP Jakarta masih menunggu keputusan dan langkah ke depan. “Tadi sama sekali tidak menyinggung soal keputusan, langkah dan lain-lain karena semuanya di luar kewenangan kami,” kata Anies usai pertemuan di Kantor DPD PDIP Jakarta, Sabtu (24/8). 

Leave a comment