Informasi Terpercaya Masa Kini

Buah Naga Putih Vs Merah, Mana yang Lebih Sehat?

0 2

KOMPAS.com – Buah naga memiliki setidaknya dua jenis varietas yang populer. Hylocereus undatus dengan daging putih dan Hylocereus costaricensis dengan daging warna merah.

Ada juga Selenicereus megalanthus, yakni varietas buah naga dengan kulit kuning dan daging putih.

Buah naga dapat dinikmati dengan memakan daging buah secara langsung atau mengolahnya menjadi jus atau salad buah.

Di balik rasanya yang manis, buah naga merah dan putih ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lalu, sehat mana antara buah naga merah dan putih?

Baca juga: Jarang Diketahui, 4 Kelompok Ini Tidak Dianjurkan Makan Buah Naga

Sehat mana antara buah naga merah dan putih?

Diberitakan Healthline (16/1/2024), buah naga mengandung sejumlah nutrisi. Buah ini juga merupakan sumber zat besi, magnesium, dan serat yang baik.

Satu porsi atau 100 gram buah naga mengandung 57 kalori, 0,36 gram protein, 0,14 lemak, 15 gram karbohidrat, dan 3 gram serat. Buah ini juga mengandung vitamin C.

Kandungan tersebut membuat buah naga secara umum baik untuk kesehatan manusia.

Namun, ada sedikit perbedaan kandungan dari buah naga merah dan putih yang sedikit membedakan keduanya.

1. Kandungan gula

Dokter dari HCMC University of Medicine and Pharmacy, Huynh Tan Vu menuturkan, buah naga merah rasanya lebih manis daripada buah naga putih. Sebab, kandungan gulanya lebih banyak.

Diberitakan VN Express (27/8/2023), setiap seratus gram buah naga merah mengandung gula mencapai 11,5 gram. Sebaliknya, buah naga putih hanya mengandung 7,65 gram gula.

Oleh karena itu, dokter lebih menyarankan orang yang ingin menurunkan berat badan atau menderita diabetes untuk mengonsumsi buah naga putih daripada buah naga merah.

2. Kadar antioksidan

Selain berbeda kandungan gulanya, kadar antioksidan dalam buah naga merah dan putih juga berbeda.

Jumlah antioksidan berupa antosianin, vitamin C, dan karoten pada buah naga merah lebih tinggi daripada buah naga putih.

Antioksidan bantu menetralkan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel, mencegah penyakit kronis seperti kanker atau penyakit kardiovaskular, serta peradangan akibat asam urat atau penyakit radang sendi lainnya.

Buah naga putih tetap mengandung antioksidan. Namun, jumlahnya lebih sedikit daripada buah naga merah.

3. Kadar betalain

Sementara itu, peneliti juga menemukan buah naga merah mengandung pigmen merah tua bernama betalain.

Jenis antioksidan dalam buah naga merah ini terbukti secara signifikan mengurangi kolesterol total dan mengatasi penyebab risiko kesehatan lainnya

Senyawa antioksidan juga melindungi sel-sel tubuh dari molekul tidak stabil seperti radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis dan penuaan  dini.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Buah Naga secara Rutin, Benarkah Dapat Menurunkan Gula Darah?

Manfaat buah naga merah dan putih

Terlepas dari perbedaan manfaatnya, penelitian membuktikan buah naga merah maupun putih terbukti mengurangi resistensi insulin, perlemakan hati, dan peradangan.

Buah naga merah dan putih juga bantu mendukung kesehatan usus dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat berupa bifidobacteria dan bakteri asam laktat.

Berikut sejumlah manfaat dari buah naga merah dan putih.

1. Cegah kerusakan oksidatif

Dilansir dari WebMD (4/6/2024), buah naga kaya antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betasianin. Zat ini melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.

2. Bantu kelola berat badan

Buah naga juga tinggi serat, rendah kalori, dan mengandung banyak air. Karena itu, buah ini bantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, tubuh tidak makan terlalu banyak.

3. Redakan sembelit

Kandungan serat dari buah naga juga dapat membantu buang air besar dan menyehatkan sistem pencernaan. Karena itu, buah naga dapat berfungsi sebagai pencahar ringan.

4. Turunkan gula darah

Beberapa penelitian membuktikan buah naga bisa turunkan gula darah dengan meregenerasi sel-sel rusak di pankreas yang menghasilkan hormon insulin.

5. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Buah naga juga kaya vitamin C dan antioksidan lainnya yang bantu menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat. Vitamin C juga berperan bantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

6. Jaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dari buah naga juga berperan menghasilkan kolagen untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin tersebut juga bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar Matahari.

7. Sembuhkan luka

Vitamin C juga membantu kulit memperbaiki tubuh yang terluka atau cedera. Karena itu, buah naga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka.

Itulah kandungan dan manfaat dari buah naga merah dan putih.

Jika Anda mempertanyakan lebih sehat mana, maka Anda harus melihat kandungannya dan menyesuaikannya dengan kondisi tubuh.

Jika ingin menurunkan kolesterol, Anda bisa mengonsumsi buah naga merah. Tapi jika Anda menderita diabetes, sebaiknya konsumsi buah naga putih.

Leave a comment