Informasi Terpercaya Masa Kini

Ternyata Begini Rasanya Naik ‘Mobil Bapak’, Mewah Dan Banjir Fitur

0 4

Otomotifnet.com – Toyota Vellfire HEV (Hybrid Electric Vehicle) baru hadir di IIMS 2024 lalu untuk mengisi segmen luxury MPV elektrifikasi Toyota.

Yup, Toyota Vellfire yang ini dibekali mesin hybrid yang sama dengan Toyota Aplhard HEV.

Nah.. mesin hybrid yang disematkan di Toyota Vellfire HEV ini diharapkan bisa membuat kinerja mesin bensinnya jadi lebih efisien.

Pada kesempatan Toyota Eco Journey kali ini, setelah kami selesai jajal Toyota All New Prius, langsung diberi kesempatan mencoba mobil MPV super mewah Toyota Vellfire HEV.

Nah karena ini mobil menawarkan kemewahan classic luxury interior desain layaknya duduk di pesawat terbang bisnis class, tentu kami tak sia-siakan untuk merasakan seperti apa duduk di baris kedua layaknya ‘bos besar’ hehehe…

Baca Juga: Toyota Eco Journey, Rasakan Kinerja Mesin Hybrid Berbagai Model Toyota

Dari mulai duduk di jok yang besar dengan sandaran super tebal nyaman banget euy. Pengaturan jok juga mudah dengan model elektrik di kanan bawah arm rest. 

Dari mulai mengatur maju mundur jok, merebahkan kebelakang, sampai menaikkan kaki supaya melayang ringan.

Ditambah fitur-fitur dari mulai relaksasi atau pijat dari mulai punggung sampai paha kaki.

Meja lipat yang disimpan disamping kiri atau kanan sandaran tangan layaknya di pesawat.

Membuka tirai jendela bisa secara otomatis. Lalu di atas plafon ada tombol-tombol mulai dari pengaturan membuka panoramic glassroof, lampu tengah, ambient light, membuka dan menutup pintu geser dan lain sebagainya. Benar-benar seperti di pesawat.

Pengaturan AC letaknya di atas dengan fitur dual zone. Jadi penumpang baris kedua bisa mengatur masing-masing sesuai dengan keinginan.

Ditambah ada monitor TV membuat perjalanan makin asik, yang menambah kenikmatan layanan layaknya bisnis class di pesawat.

Saking nyamannya, tak terasa kami sempat tertidur pulas. Sehingga perjalanan dari Cirebon ke Kota Semarang sejauh 226 km dan membutuhkan waktu 3 jam 27 menit, seperti terasa singkat.

Oiya, sebagai penyokong arus listrik pada motor listriknya, Toyota Velfire HEV ini menggunakan baterai berkapasitas 13,6 kWh, dengan spesifikasi tegangan baterai mencapai 259,2 volt.

Motor listriknya sendiri punya tenaga mencapai 90 kW atau sekitar 120,7 dk. 

Sementara untuk mesin ICE-nya (Internal Combustion Engine) menggunakan mesin bensin berkode A25A-FXS dengan kapasitas silinder 2.500 cc, yang klaim tenaga maksimumnya sebesar 187 dk, dengan torsi 239 Nm.

Kombinasi keduanya mampu memuntahkan tenaga puncak sebesar 274 dk, yang disalurkan ke roda depan (FWD).

Nah, perpaduan mesin ICE dengan motor listrik tersebut mampu menciptakan akselerasi dan efisiensi bahan bakar yang sangat baik.

Buktinya selama perjalanan tersebut Vellfire HEV mampu meraih konsumsi bahan bakar 12,8 km/L, dengan kecepatan rata-rata 65 km/jam.

Oiya, sistem hybrid di Toyota Vellfire HEV ini sama seperti di Toyota Aplhard HEV.

Posisi baterai Toyota Vellfire HEV letaknya di bawah kursi pengemudi, dan memanjang ke samping.

Terlihat ada kisi-kisi untuk mendinginkan baterai agar kinerjanya tetap stabil. Untuk jenis baterai di Toyota Vellfire HEV ini menggunakan lithium-ion.

Untuk pembelian mobil ‘bapak’ ini dapat garansi baterai yang sama seperti mobil hybrid Toyota lainnya, yakni 8 tahun atau 160.000 km.

Hanya ada dua pilihan warna untuk Toyota Vellfire HEV, yakni hitam dan putih.

Untuk harganya di angka Rp 1.844.200.000 yang non premium color, dedangkan premium color-nya dibanderol Rp 1.847.200.000 on-the road DKI Jakarta. Tertarik?

Leave a comment