Informasi Terpercaya Masa Kini

PDI-P Intens Komunikasi dengan PKB Soal Pilkada Jakarta, Hasto: Sudah Mengerucut

0 9

BOGOR, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya sudah mengerucutkan nama untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024.

Tahapan demi tahapan terus dilakukan. Termasuk, lanjut Hasto, partainya kini terus berkomunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait Pilkada Jakarta.

PDI-P menugaskan Ketua DPP Ahmad Basarah untuk berkomunikasi intens dengan PKB.

“Ya Pilkada Jakarta sudah semakin mengerucut. Hari ini ada Mukernas PKB dan harlah dari PKB, karena kami juga Pak Baskara (Ahmad Basarah) ditugaskan oleh Bu Mega (Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri) di situ sekaligus melakukan komunikasi politik dengan PKB,” kata Hasto ditemui di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024).

Hasto menambahkan, partainya tak hanya berkomunikasi dengan PKB untuk Pilkada Jakarta.

Baca juga: PDI-P Tak Terpengaruh Pernyataan KIM Lawan Anies di Pilkada Jakarta

Komunikasi itu juga dibangun di provinsi lain seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Riau.

“Karena di Jawa Tengah dan Jawa Timur kemudian di Riau itu juga terbuka ruang kerja sama dengan PKB seperti yang ada di Jakarta, sehingga komunikasi terus dilakukan,” ungkapnya.

Dirinya lantas membeberkan nama-nama yang potensial diusung di Jakarta sejauh ini. Nama-nama yang disebutkan adalah kader PDI-P.

“Demikian pula di Jakarta, ada Pak Pramono Anung, kemudian ada Bu Risma selain di Jawa Timur itu juga ada yang mengusulkan di Jakarta. Saat ini sedang tahap pengerucutan karena kami terus membangun kerja sama partai politik,” kata dia.

Ditanya apakah nama yang sudah dikerucutkan salah satunya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Hasto enggan membenarkannya.

Ia kemudian meminta semua menunggu pada saatnya Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan memutuskan.

Baca juga: Belum Beri Dukungan di Pilkada Jakarta, Cak Imin Bilang Tak Sepakati Wakil Bisa Buat Koalisi Bubar

“Ya namanya Jakarta ini kan sangat penting dan strategis, sehingga terkait dengan siapa yang akan dicalonkan, nanti akan diumumkan secara serentak oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, ya termasuk gubernur-gubernur di Jawa dan di luar Jawa seperti Sumatera Utara,” tegas dia.

Perlu diketahui, sejauh ini PKB melalui tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DKI Jakarta mengusulkan Anies Baswedan untuk dicalonkan pada Pilkada Jakarta.

Sama dengan DPW PKB DKI, DPD PDI-P DKI Jakarta juga menyodorkan nama Anies di antara 9 nama lain untuk Pilkada Jakarta.

Namun sejauh ini belum ada keputusan dari dua partai politik ini di tingkat DPP, apakah akan mengusung Anies di Pilkada serentak 2024 Provinsi Jakarta.

Leave a comment