Informasi Terpercaya Masa Kini

Semifinal Piala Asia U19 2024, Indonesia Buat Pelatih Malaysia Tidak Bisa Tidur Nyenyak

0 3

KOMPAS.com – Pelatih Malaysia, Juan Torres Garrido, mewaspadai kekuatan baru Timnas U19 Indonesia yang digalang Arkhan Kaka dkk jelang semifinal Piala Asia U19 2024.

Malaysia punya rekor apik saat menghadapi Indonesia di ajang Piala AFF U19.

Namun, ia mengatakan bahwa Indonesia angkatan sekarang tidak bisa disamakan dengan beberapa edisi sebelumnya. 

Harimau Malaya Muda tidak pernah kalah melawan Indonesia di level ini sejak 2013. Bahkan, kemenangan beruntun berhasil diraih dalam tiga pertemuan terakhir pada edisi 2017, 2018, dan 2019.

Namun, komposisi pemain saat ini membuat pelatih asal Spanyol tersebut tidak bisa tidur nyenyak menjelang laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam.

Baca juga: Timnas U19 Indonesia Vs Malaysia: Ada Gengsi Negara, Simpan Saja Statistik

Ia mengakui Indonesia sebagai ancaman untuk misinya mempertahankan gelar juara.

“Seperti saya katakan sebelumnya, ini adalah pemain angkatan baru. Kita hanya bersiap dengan berusaha berlatih dengan cerdas,” ucapnya.

Indonesia memang datang dengan kesiapan lebih pada Piala AFF U19 2024. Tim ini diperkuat beberapa pemain matang yang punya jam terbang di Liga 1 Indonesia seperti Kadek Arel, Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka, dll.

Komposisi semakin dalam dengan kehadiran pemain-pemain diaspora seperti Jens Raven dan Wellber Jardim. Kehadiran mereka menghadirkan warna baru pada permainan Garuda Muda.

Tim kemudian ditangani pelatih spesialis pemain muda Indonesia, Indra Sjafri. Sejauh ini sang pelatih telah terbukti kualitasnya dengan membawa Indonesia juara Piala AFF U19 untuk pertama kalinya pada 2013 lalu.

Baca juga: Timnas U19 Indonesia Vs Malaysia: Dua Ujian untuk Harimau Malaya Muda

Indonesia semakin diuntungkan dengan status tuan rumah. Dipastikan, stadion akan semakin penuh dengan suporter yang ingin memberikan dukungan langsung.

“Soal lawan, pemain paling diwaspadai, saya tak menyoroti pemain, saya hanya fokus ke tim,” kata Juan Torres.

“Saya tahu coach Indra dari SEA Games terakhir. Dia lakukan pekerjaan  sangat baik. Overall, kami hormati tim, respek ke pemain. Siap untuk laga besok,” imbuhnya.

Ia menegaskan Malaysia bukannya tanpa peluang. Menurutnya, para pemain telah menunjukan kualitasnya di babak penyisihan Grup C dengan gemilang.

Mencetak 17 gol dan hanya kebobolan satu gol menjadi bukti kesiapan Aiman Hakimi dkk.

“Kami mengawali dengan baik dan mendapat kepercayaan diri, saya pikir kami meningkat hari demi hari. Perkembangan yang kami dapat juga berdasarkan lawan. Sekarang ini tes situasi untuk bersiap di laga semifinal,“ pungkasnya.

Leave a comment