Informasi Terpercaya Masa Kini

Final Euro 2024 Dipimpin Wasit yang Rugikan Timnas Indonesia dan Usir Shin Tae-yong

0 28

Bisnis.com, JAKARTA – Laga final Euro 2024 Spanyol vs Inggris akan dipimpin wasit asal Prancis Francois Letexier yang punya “dosa” kepada Timnas Indonesia.

Final Euro 2024 akan mempertemukan Timnas Spanyol dan Inggris di Olympiastadion, Berlin, pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Laga puncak Euro 2024 itu akan dipimpin oleh wasit asal Prancis yang bernama Francois Letexier.

Baca Juga : Inggris Lolos ke Final Euro 2024, Southgate: Kami Bermain Lebih Modern

Rekam jejak Francois Letexier terbilang cukup panjang sebagai wasit FIFA. Dia juga pernah memimpin pertandingan yang dimainkan oleh Timnas Indonesia.

Letexier menjadi wasit playoff Olimpiade 2024 ketika Timnas U-23 Indonesia menghadapi Guinea pada Mei lalu.

Baca Juga : : 8 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Euro

Hanya saja, kepemimpinan Letexier dalam laga Indonesia vs Guinea terbilang merugikan Tim Garuda.

Bagaimana tidak, Letexier memberi hadiah penalti untuk Guinea ketika Witan Sulaeman melakukan pelanggaran pada menit ke-29.

Baca Juga : : 4 Alasan Spanyol Bisa Pecundangi Inggris di Final Euro 2024

Dalam tayangan ulang terlihat pelanggaran Witan tersebut terjadi di luar kotak penalti. Nahas bagi Indonesia, Ilaix Moriba yang menjadi algojo penalti sukses melaksanakan tugasnya.

Tak cukup sampai di situ, pada babak kedua Letexier kembali menunjuk titik putih. Tekel Alfeandra Dewangga dianggap sebagai sebuah pelanggaran untuk Guinea.

Sontak keputusan itu mendapat protes dari Timnas Indonesia. Bahkan buntutnya pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong diusir oleh Letexier dengan kartu merah.

Penalti kedua yang dieksekusi Algassime Bah itu tak berbuah gol. Meski demikian, Timnas Indonesia tetap kalah 0-1 dari Guinea dan gagal melaju ke Olimpiade 2024 Paris.

Di final Euro 2024, Francois Letexier akan dibantu oleh Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni sebagai asisten wasit yang juga berasal dari Prancis.

Posisi wasit keempat ditempat oleh Szymon Marciniak yang berasal dari Polandia.

Berbeda dengan playoff Olimpiade 2024 yang kontroversial karena ketiadaan Video Assistant Referee (VAR), final Euro 2024 akan menggunakan teknologi tersebut.

Leave a comment