Informasi Terpercaya Masa Kini

OpenAI akan Buka Kantor di Singapura Tahun Ini, Pertama di ASEAN

0 1

Perusahaan induk ChatGPT, OpenAI, bakal membuka kantor perwakilan di Singapura tahun ini. Singapura akan menjadi negara pertama di ASEAN atau negara kedua di Asia yang punya kantor perwakilan OpenAI. 

Rencana ini diungkap langsung oleh pendirinya, Sam Altman pada Rabu (9/10). Altman mengatakan, Singapura saat ini berhasil menjadi pemimpin di bidang kecerdasan buatan atau AI. Ia juga menilai Singapura berhasil memecahkan masalah tersulit masyarakat dan memajukan ekonomi.

“Kami gembira bisa bermitra dengan pemerintah Singapura dan ekosistem AI yang berkembang pesat di negara ini, seiring dengan ekspansi kami ke kawasan Asia Pasifik,” ujar Altman, dilansir dari The Straits Times, Jumat (11/10).

Kantor Singapura bakal fokus mengupayakan kolaborasi di wilayah Asia Pasifik. Salah satunya adalah program nasional GenerativeAI Singapura yang bakal disesuaikan untuk paham budaya dan bahasa di Asia Tenggara dengan anggaran hingga US$ 1 juta.  Mitra kerjanya adalah Dewan Pengembangan Ekonomi alias EDB.

Baca juga:

  • OpenAI ChatGPT Raih Rp 101 Triliun dari Microsoft, Nvidia hingga SoftBank
  • OpenAI ChatGPT Perkenalkan Pesaing Google Chrome SearchGPT, Berikut Cara Pakai

Perusahaan mengaku ingin lebih dekat dengan sejumlah perusahaan lokal yang inovatif,  seperti Grab di Singapura dan Canva di Australia, yang menggunakan produk AI canggih OpenAI untuk mendukung alat dan fitur baru mereka.

OpenAI juga menyoroti pengguna ChatGPT per kapita di Singapura termasuk yang paling tinggi di seluruh dunia.  Sejak awal 2024, jumlah pengguna aktif mingguannya sudah meningkat dua kali lipat.

Perusahaan ini bakal mempekerjakan lima hingga 10 karyawan sebelum 2025 untuk kantor baru tersebut. Mereka berkomitmen mempekerjakan karyawan lokal yang bakal bekerja di bidang penjualan, keamanan dan rekayasa solusi. 

Operasi regional ini bakal dipimpin oleh Oliver Jay yang bakal menjabat direktur pelaksana internasional. Jay sebelumnya menjabat sebagai chief revenue officer di perusahaan perangkat lunak Asana serta salah satu direktur independen Grab. 

Altman sendiri terakhir berkunjung ke Singapura pada Juni 2023 dalam kunjungan globalnya berdiskusi terkait masalah AI. Ia juga menanggapi kekhawatiran dalam peluncuran ChatGPT yang kala itu mempopulerkan Generative AI.

OpenAI punya tiga kantor di seluruh dunia, yakni di London, Dublin, dan Tokyo. Lokasi persis kantor di Singapura masih dalam tahap finalisasi.

Leave a comment