Informasi Terpercaya Masa Kini

Pratiwi Noviyanthi Syok Uang Donasi Agus Ada yang Dipakai Belanja Online,Akui Punya Bukti Transfer

0 2

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Thalia Amanda Putri

 

TRIBUNSUMSEL.COM – Youtuber Pratiwi Noviyanthi membongkar fakta baru dibalik uang donasi yang dipakai Agus Salim bukan untuk berobat.

Rupanya, Pratiwi Noviyanthi meminta uang donasi itu dikembalikan ke rekening yayasannya karena Agus Salim menggunakannya untuk belanja online.

Pratiwi Noviyanthi bahkan memiliki bukti tranfer mutasi uang donasi yang digunakan Agus Salim untuk kepentingan selain pengobatan mata dilansir dari channel youtube Pratiwi Noviyanthi, Kamis (24/10/2024).

Baca juga: Siap Bela Pratiwi Noviyanthi, Razman Nasution Sebut Agus Salim Bisa Dilaporkan Balik, Gak Usah Takut

Ia mengatakan bahwa terdapat sejumlah dugaan penyelewengan dana donasi oleh keluarga Agus Salim, salah satunya untuk membayar pelunasan rumah. 

Pihak Agus Salim bahkan ketahuan menggunakan uang donasinya untuk belanja di toko online.

“Yang saya lihat, mutasi tersebut ada Rp35 juta untuk pelunasan rumah. Jadi pelunasan rumah bukan Rp90 (juta) sekian sekian.

Jadi ternyata setelah podcast tersebut kita lihat lagi mutasinya tidak sejumlah itu, ada transfer ke luar Rp20 juta, ada transfer ke orang Rp10 juta, ada bayar Tokopedia, ada bayar Shopee, ada makanya aku langsung syok.

Dan terus ada beberapalah jumlah jumlah kecil juga, kita ada buktinya, dan kita ada juga berupa Whatsapp chat, dan juga dia tulis tangan sendiri juga rincian,” kata Pratiwi Noviyanthi.

Sedangkan awalnya, Novi sendiri mengaku tak menyangka lantaran kisruh uang donasi Agus Salim berbuntut panjang.

Pasalnya saat itu keduanya sempat saling minta maaf saat dipertemukan Denny Sumargo karena adanya salah paham.

“Kaget sih karena aku mikirnya kan udah selesai ya, udah maaf-maafan juga, nggak ada kendala apa pun. Setelah aku pulang dari sini (podcast Denny Sumargo) juga Mbak Elmi ada komunikasi alhamdulillah,” kata Pratiwi Noviyanthi.

Pratiwi Noviyanthi juga menyebut jika setelah itu, istri Agus, Elmi mengirimkan uang sisa donasi ke yayasan agar bisa dikelolah sebaik mungkin.

“Jadi mbak Elmi mempercayakan ke yayasan kita untuk sisa uang yang beliau pegang sebesar 300 jutanya tanpa ada paksaan karena mbak Elmi yang ingin menyerahkan pada saat ditanya Bang Denny Sumargo,” kata Pratiwi Noviyanthi

Hingga akhirnya tanpa diduga, Agus meminta bantuan Farhat Abbas karena menyebut Pratiwi Noviyanthi kejam padanya.

“Nah kemudian pas saya diluar kota, jam 8 pagi saya lihat di sosial media banyak yang mengetag saya, instagram mengenai salah satu statement pengacara di Indonesia ini seolah yayasan ingin mengusai dan seolah Novi jahat, padahal pengobatan jalan,” kata Novi.

Sedangkan selama ini Pratiwi Noviyanthi berniat membantu Agus Salim untuk mengatur biaya pengobatan hingga memiliki sisa untuk membuat usaha guna menyambung hidup.

“Kita pun pada saat kemarin keluarga minta uang untuk biaya salah satu rumah sakit, JEC ke yayasan kita dan kita sekali lagi kita kelolah untuk biaya pengobatan mas Agus bukan untuk yayasan, jadi 1,3 itu utuh untuk pengobatan mas Agus, kalo udah selesai operasi, yang pertama kelopak mata, itu harus butuh kurang kelih 100 juta rupiah, dan untuk bola mata atau aku gatau selanjutnya, titanus, penyakit dalam, apapun yang dibutuhkan kita selesaikan dulu, kalau ada uang lebih mungkin kita beri usaha jadi mas Agus tidak perlu waktu lebih di masa pemulihan, misalnya bikin usaha kontrakan rumah, jadi mas Agus bisa tinggal disana dan mbak Elmi menjaga mas Agus,” jelasnya.

Baca juga: Curhat Pratiwi Noviyanthi Bantu Agus Salim Dilaporkan Imbas Donasi: Ga Semua Orang Tau Terima Kasih

Kini, Pratiwi Noviyanthi mengungkap alasannya memberikan klarifikasi karena tak ingin terus disalahkan.

Sebab dari awal masalah donasi ini dilakukan dengan transpransi tanpa ditutup tutupi.

Apalagi dari awal Pratiwi Noviyanthi memang membantu Agus Salim mendapatkan donasi lewat media sosial.

“Disini kita mau apa ya, saya juga bingung nih kalau dibilang nanti kenapa share di media sosial, waktu itu saya speak up di instagram ya kan saya disini mau jelasin yang pertama saya ketua yayasan, yang kedua kita kan open donasi di instagram saya secara terbuka, masa kita transparansi untuk ngomong begini ga boleh? kita kan punya hak untuk menjelaskan, yang jelas saya menyampaikan bukan hoax, saya menyampaikan itu yang sebenar benarnya supaya nanti netizen tidak menyalahkan kami ketika mas Agus tidak menjalankan operasi dan mas Agus speak up soal BPJS yang lama dari pagi sampe sore nunggunya,” jelasnya.

“Saya punya rasa kemanusiaan, saya mikir gimana caranya mas Agus ini mendapatkan pertolongan yang lebih luas gitu, makanya saya minta bantuan mas Denny Sumargo dan kita bersurat kemana mana agar mas Agus mendapatkan perhatian dari pemerintah, clear ya guys disitu,” pungkasnya.

Agus Salim Laporkan Pratiwi

Sebelumnya, Agus Salim didampingi Farhat Abbas kini resmi melaporkan Pratiwi Noviyanthi atau Novi ke Polda Metro Jaya pada Sabtu (19/10/2024) malam.

Laporan ini dibuat oleh keluarga Agus terkait dengan pencemaran nama baik.

“Terlapornya adalah NP terkait UU ITE, kita anggap ini adalah perjuangan Agus yang difitnah keluarga,” kata Farhat Abbas, dilansir dari Tiktok @dramahaluuu2.

“Iya betul, Agus udah trauma nerima uang-uang kayak gitu takut kasih aja bagi dia mah, Agus udah gak berani kenapa? sedih Agus rasanya, Agus yang korban, Agus dikasih orang tapi dibuati masalah, dibuat fitnah, buat apa kayak gitu yang ada Agus semakin sakit,” timpal Agus.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk meminta pengembalian uang donasi sebesar 1,5 miliar rupiah yang sebelumnya telah di pindahkan ke yayasan milik Novi.

“Dia berfikir orang menyumbang karena dia (Novi), padahal karena dia (Agus), justru rekening yayasannya masuk uang dan ada beberapa yang kita minta di audit,” sambungnya.

Lebih lanjut, Farhat Abbas berbalik menyerang Pratiwi Noviyanthi diduga menggunakan dana donasi untuk memenuhi gaya hidupnya.

“Dia kan ngaku gak punya uang waktu bapaknya sakit, tiba-tiba gak tahu yang bantu siapa, kemudian tiba-tiba sekarang kita liat aja gaya hidupnya,” beber Farhat Abbas.

Youtuber Pratiwi Noviyanthi juga akan di lanjuti dilaporkan atas dugaan penggelapan uang donasi.

“Untuk somasi tahapan penggelapan dan pemerasan, pokoknya banyak sekali orang yang kau sakitin NP,” kata Farhat.

Agus mengaku menyayangkan sikap Pratiwi Noviyanthi yang justru menyebarkan fitnah tudingan penyalahgunaan dana donasi yang telah diberikan.

“Bukan Agus gak berterima kasih ya sama mbak NP, cuma kalau kayak gini gimana mau terima kasih, Agus juga sudah minta maaf dua kali, tapi tetep aja memberikan statment yang sama, menghajar terus seolah-olah keluarga Agus orang jahat,” ungkap Agus.

 

Tangis Pratiwi Kecewa Dilaporkan 

Sementara itu, youtuber Pratiwi Noviyanthi tak kuasa menahan tangisnya ungkap kekecewaan terhadap Agus Salim usai di laporkan. 

Menurutnya, ia yang berjuang dari awal membantu Agus Salim hingga mendapat donasi capai miliaran, namun kini malah di serang. 

“Kita berjuang niat bantu untuk orang diluar sana, saya punya anak asuh, merawat ODGJ, saya gak di apresiasi gak masalah, saya pakai uang pribadi, kok bisa-bisanya saya yang ngebantu dari awal tapi sekarang posisinya saya yang di serang, ” kata Pratiwi Noviyanthi lewat Youtube Curhat Bang Denny Sumargo, Selasa (22/10/2024). 

Kendati begitu, Pratiwi mengaku ia tidak takut atas laporan Agus Salim karena dirinya benar. 

Namun yang membuatnya sedih karena Agus Salim menudingnya kejam.

“Saya nangis bukan karena saya takut,  gak saya gak takut karena saya benar, saya sedih bisa-bisanya kita peduli sama mas Agus,  kita bela-belain begini buat mas Agus bukan buat pribadi saya, ” katanya. 

“Saya lebih kecewa atas ucapan yang diucapkan oleh mas Agus, ” sambungnya. 

Baca juga: Farhat Abbas Bakal Laporkan Akun Buat Petisi Kembalikan Donasi Agus Salim: Buat Fitnah dan Kegaduhan

Baca juga: Agus Salim Terpuruk Pasca Dihujat Netizen Imbas Kisruh Donasi, Menangis Histeris Ingin Akhiri Hidup

“Kok, jahat banget yang nge-bully kan bukan saya, yang nge-bully kan netizen, saya enggak ngolok-ngolok, ngolok-ngolok dari mana?,” terangnya.

Menurut Pratiwi, dirinya membongkar soal uang donasi ke publik berdasarkan fakta yang sebenarnya.

“Saya gak ada ngebully keluarga mereka tapi kok saya seolah-olah membully keluarga mereka,” tegas Pratiwi.

“Ditegaskan juga saya speak up di media saya tidak menjatuhkan siapa pun, saya bicara sesungguhnya apa yang terjadi sesuai bukti yang ada,” sambungnya.

Meski begitu, ia pun tidak takut jika yayasan miliknya di audit. 

“Bisa-bisanya kita peduli sama Mas Agus, kita bela-belain buat Mas Agus, bukan buat pribadi saya, saya sekali lagi enggak takut untuk diaudit yayasan kami silakan, karena kita juga semuanya transparan, saya lebih cenderung kecewa atas ucapan yang diucapkan oleh Mas Agus,” katanya.

Ikuti dan Bergabung di Saluran Whatsapp Tribunsumsel.com

(*)

Baca juga berita lainnya di Google News

Leave a comment