Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Jus Buah untuk Turunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

0 1

KOMPAS.com – Tekanan darah tinggi menjadi kondisi yang kerap dialami sebagian besar orang, termasuk orang tua dan remaja.

Seseorang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi jika mempunyai tekanan darah pada nilai 130/80 mmHg atau lebih tinggi.

Tekanan darah tinggi mengakibatkan berbagai penyakit termasuk penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Begitu juga kolesterol tinggi, juga bisa memicu gangguan kardiovaskular yang membahayakan jantung.

Untuk mengatasinya, sejumlah jus buah yang kaya nutrisi bisa diminum untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol pada tubuh.

Baca juga: Simak, Ini Tekanan Darah Normal Sesuai Usia

Jus buah yang menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol

Berikut sejumlah buah yang jika diminum bisa mengontrol dan menurunkan kadar tekanan darah pada tubuh.

1. Jus jeruk

Diberitakan Express, Minggu (4/8/2024), penelitian pada 2013 membuktikan, minum jus jeruk selama 60 hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Studi itu menyebut, jus jeruk komersial juga dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat itu didapat karena minuman tersebut mengandungan flavonoid, pektin, dan minyak esensial yang lebih tinggi daripada jus jeruk alami.

Studi lain pada 2021 juga menunjukkan minum jus jeruk selama 12 minggu dapat mengurangi tekanan darah.

Hal ini terjadi karena jeruk mengandung hesperidin yang mampu mengurangi tekanan darah sistolik dan tekanan nadi jika dikonsumsi berkelanjutan. Manfaat tersebut sangat dibutuhkan bagi penderita hipertensi maupun prahipertensi.

Meski begitu, jeruk mengandung sekitar 24 gram gula per sajian. Karena itu, penderita diabetes maupun obesitas perlu bijak saat mengonsumsi jus jeruk.

2. Jus tomat

Penelitian di Jepang pada 2019 membuktikan, minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung, dikutip dari Healthline (20/3/2024).

Jus tomat baik untuk penderita penyakit jantung karena meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol baik atau LDL.

Penelitian lain melaporkan, tekanan darah tinggi juga dapat dikontrol oleh orang-orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil yang rutin minum jus tomat.

Baca juga: 5 Minuman Penurun Tekanan Darah Tinggi, Ini Daftarnya

3. Jus beri

Buah beri terutama bluberry memiliki sifat antioksidan. Sebaliknya, cranberry atau ceri dapat meningkatkan tekanan darah.

Sebuah penelitian pada 2016 menemukan, konsumsi beri dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol LDL.

Temuan itu membuat para peneliti meyakini beri mungkin memiliki manfaat kardiovaskular. Meski begitu, perlu ada penelitian lain untuk mendalami manfaat beri dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung.

Untuk memastikan jus beri yang dikonsumsi bermanfaat bagi tekanan darah, pastikan jus tersebut tidak mengandung gula tambahan.

4. Jus delima

Buah delima atau pomegranate kaya akan nutrisi seperti folat, vitamin C, dan senyawa anti-inflamasi. Karena itu, minum jus delima diyakini dapat menyehatkan jantung.

Penelitian pada 2023 menemukan, konsumsi jus buah delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Manfaat baik ini bahkan tidak bergantung dengan seberapa lama dan banyak porsi jus yang dikonsumsi.

Meski bermanfaat, perlu dipastikan jus buah delima yang diminum merupakan jus asli tanpa tambahan gula.

Baca juga: Minum Apa Biar Tekanan Darah Tinggi Turun? Berikut 5 Daftarnya

5. Jus apel

Dilansir dari laman NCO AS, minum jus apel dalam jumlah sedang memberikan manfaat bagi kesehatan jantung.

Manfaat itu didapat karena jus apel mengandung senyawa bermanfaat seperti antioksidan dan polifenol. Senyawa itu bantu mengurangi kolesterol dan peradangan di pembuluh darah.

Semua buah apel memiliki manfaat yang sama. Namun, apel gala dan fuji disebut mengandung antioksidan lebih tinggi. 

Apel juga dapat dikonsumsi utuh untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Namun jika pilih minum jusnya, pastikan minum jus tanpa pemanis, jus berwarna cenderung keruh, atau sari buah apel. Ini karena jus apel yang disaring mungkin menghilangkan kandungan polifenolnya.

Leave a comment