Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Desain Rumah Minimalis Modern yang Cocok untuk Keluarga Muda

0 2

Memiliki rumah impian adalah dambaan setiap pasangan muda yang ingin menyatukan hubungan mereka dalam sebuah keluarga. Selain sebagai tempat perlindungan, keberadaan rumah juga menjadi pelengkap keluarga yang hangat dan nyaman. 

Untuk keluarga muda, rumah minimalis modern dapat menjadi pilihan tepat. Desain yang simpel dan fungsional dapat memaksimalkan ruang tanah yang tersedia. Berikut adalah 5 desain rumah minimalis modern yang cocok untuk keluarga muda:

1. Desain Dua Lantai dengan Selasar dan Taman Minimalis

Desain dua lantai dengan selasar dan taman adalah salah satu jenis rumah minimalis modern yang populer di kalangan keluarga muda. Rumah ini menawarkan banyak keuntungan seperti memiliki lebih banyak ruang dan privasi, serta ruang terbuka hijau tertutup dengan taman yang mempesona.

Dengan memanfaatkan tanah dan tata letak yang baik, desain rumah dua lantai dengan selasar dan taman dapat menghadirkan kehidupan yang terkesan mewah dan nyaman namun tetap praktis. Selasar biasanya menjadi tempat yang menarik untuk beristirahat atau tempat bersosialisasi ketika tamu datang, sementara taman memungkinkan keluarga untuk menikmati keindahan lingkungan mereka.

Selain itu, desain dua lantai memungkinkan keluarga untuk menyediakan lebih banyak tempat penyimpanan dalam rumah, dan memastikan kepentingan privasi keluarga yang lebih baik karena pemakaian area yang terpisah. Satu lantai biasanya digunakan sebagai area umum seperti ruang keluarga, dapur, atau ruang tamu, dan satu lantai lagi digunakan untuk area terpisah seperti kamar tidur, kamar mandi, atau ruang kerja.

2. Desain Bungalow Minimalis

Bungalow minimalis adalah jenis rumah yang sangat cocok bagi pasangan muda yang mencari hunian yang simpel dan mudah dipelihara. Desain bangunan ini biasanya didominasi oleh warna-warna netral dan bahkan memiliki pilihan warna yang lebih kontras untuk menonjolkan beberapa detail arsitektural dan ornamen.

Bungalow minimalis biasanya memiliki sebuah ruangan besar tanpa banyak dinding dan dengan pemakaian furnitur yang lebih sedikit. Hal ini menjadi salah satu ciri-ciri dari desain rumah minimalis, yang pada akhirnya meminimalkan pengeluaran dan waktu untuk merawat dan membersihkan rumah.

Bahkan dengan ukurannya yang kecil, bungalow minimalis masih bisa menyediakan keluangan akses ke luar ruangan, baik dalam bentuk teras atau balkon. Ini bisa menghadirkan ruang tambahan yang mendukung aktivitas keluarga seperti tempat makan atau tempat bersantai sementara menikmati pemandangan.

Selain itu, pasangan muda dapat menerapkan desain open-plan yang menghadirkan ruang tamu, dapur, dan ruang makan dalam satu ruangan. Hal ini memungkinkan pemilik rumah bisa melakukan banyak aktifitas sekaligus sambil tetap melihat aktivitas satu sama lainnya di dalam rumah. Menambah kenyamanan rumah bagi keluarga.

Dalam hal dekorasi, rumah bungalow minimalis dapat menggunakan beberapa furnitur modern yang cetakannya ringan dan tipis, yang pada akhirnya akan membuat rumah tampak lebih modern.

3. Desain Town House Minimalis

Rumah Town House minimalis merupakan desain rumah vertikal yang sangat sesuai untuk mereka yang memiliki lahan yang kecil. Dalam desain rumah gedung dua atau tiga tingkat ini, semua aspek properti dimaksimalkan dengan memainkan lebar area bangunan dan kemiringan tanah. Pemilihan konsep ini tentunya akan memaksimalkan nilai investasi kamu pada sebuah hunian dengan ukuran terbatas.

Rumah Town House minimalis biasanya memiliki tampilan yang lebih bersih dan sederhana dibandingkan rumah tipe lain. Desainnya sangat pas bagi pasangan muda yang membutuhkan ruang compact dan fungsional. Selain itu, koordinasi warna dan konsep estetikanya juga penuh dengan unsur ke arah minimalis sehingga lebih mudah untuk mengaturnya sesuai kebutuhan.

Dalam desain rumah Town House minimalis, keluarga bisa memaksimalkan ruang vertical pada setiap level atau lantai yang tersedia, misalnya dengan menjadikan lantai satu sebagai ruang tamu dan dapur sementara lantai atas dijadikan kamar tidur. Rumah minimalis vertikal ini biasanya dilengkapi dengan pintu backslide atau sliding door untuk memisahkan antara ruangan satu dengan yang lainnya.

Selain itu, rumah Town House minimalis dilengkapi dengan taman kecil atau area hijau untuk membuat suasana segar di lingkungan setempat. Hal ini juga dapat membuat pemilik rumah lebih santai saat beraktivitas setelah pulang kerja.

4. Desain Minimalis Kontemporer

Memiliki rumah dengan desain minimalis kontemporer bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi pasangan muda yang ingin memiliki rumah yang terlihat modern dan stylish. Desain minimalis kontemporer memadukan nuansa warna netral seperti putih, abu-abu dan beige dengan elemen-elemen modern dalam desain arsitektur yang simpel, namun elegan. Dalam desain minimalis kontemporer, fungsi utama dari setiap ruangan harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah.

Keuntungan utama yang ditawarkan oleh desain rumah minimalis kontemporer adalah tampilan layaknya rumah keluaran majalah. Rumah yang diberi sentuhan minimalis kontemporer selalu terlihat bersih dan serta selalu memberikan kesan yang berbeda dari desain rumah biasa.

Dalam hal bentuk dan desain, rumah minimalis kontemporer biasanya didominasi oleh garis-garis geometris dan bangunan pipih dengan bentuk yang unik. Desain ini sangat cocok bagi mereka yang mencari gaya hidup modern dan suka eksperimen dan kreativitas dalam desain hunian.

Pemilihan material bangunan yang cukup modern, seperti beton, kaca, dan logam, membuat rumah minimalis kontemporer terlihat berkarakter. Sementara pemilihan furnitur minimalis yang tepat dapat menjadi pelengkap desain ruangan.

Rumah minimalis kontemporer juga lebih efisien dalam pemanfaatan ruang tanah, hal ini dikarenakan desain minimalis selalu memikirkan tentang ruang dan fungsionalitasnya. Sehingga rumah akan terasa lebih lapang dan terorganisir, serta nyaman untuk ditempati oleh seluruh anggota keluarga.

5. Desain Duplex Minimalis

Desain duplex minimalis adalah desain rumah dua tingkat yang memiliki dua unit hunian terpisah untuk setiap tingkatnya. Desain ini cocok bagi keluarga muda yang membutuhkan ruang tambahan dan kebebasan dalam mengatur tata letak ruangan. Dengan desain arsitektur yang tidak selalu identik untuk setiap unitnya, keluarga muda dapat memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Desain duplex minimalis biasanya dibuat dengan material yang sederhana dan dengan warna-warna netral sehingga terlihat bersih dan simpel. Dengan rancangan seperti ini, rumah dapat terlihat lebih lapang dan nyaman karena memanfaatkan tanah secara efisien.

Pada umumnya, duplex minimalis memiliki tata letak yang bagus dan termasuk ciri khas dari desain minimalis, yakni area terbuka yang memudahkan aliran udara, serta dapat memaksimalkan cahaya alam yang masuk ke dalam rumah. Desain duplex minimalis juga bisa menghadirkan area terbuka luar ruangan berupa taman kecil atau teras yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai atau mengadakan acara bagi keluarga.

Tata letak rumah yang terpisah di setiap lantainya, memberikan kebebasan bagi keluarga untuk menentukan tata letak ruangan yang mereka inginkan, seperti menempatkan area tempat tidur di lantai atas dan area lainnya di lantai bawah. Selain itu, desain duplex minimalis juga dapat menambah privasi bagi setiap anggota keluarga karena tata letak ruangan terpisah.

Dalam hal dekorasi, duplex minimalis sangat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan preferensi setiap keluarga. Tampilan rumah dapat difokuskan pada tema tertentu seperti gaya retro atau industrial, atau bahkan tampilan konvensional seperti dengan pemilihan warna yang netral.

Nah, itu dia 5 desain rumah minimalis modern yang cocok bagi keluarga muda. Setiap desain memberikan nuansa yang berbeda, tergantung pada preferensi dan kebutuhan keluarga. Selamat memilih desain rumah minimalis yang paling cocok bagi keluarga muda Anda.

Leave a comment