Informasi Terpercaya Masa Kini

Rudal dari Yaman Hantam Israel Tengah, Sirene Meraung-raung, Warga Berlarian Cari Perlindungan

0 2

TEL AVIV, KOMPAS.com – Militer Israel mengumumkan, sebuah rudal yang ditembakkan dari Yaman telah menghantam wilayah Israel tengah pada Minggu (15/9/2024).

Mereka mengeklaim, serangan rudal permukaan-ke-permukaan tersebut hanya mengenai sebuah wilayah yang tidak berpenduduk dan tidak menyebabkan korban luka.

Meski begitu, sirene serangan udara telah dibunyikan di Tel Aviv dan di seluruh Israel tengah beberapa saat sebelum rudal tersebut mendarat sekitar pukul 06.35 pagi waktu setempat.

Baca juga: 2 Kapal Dagang Diserang Dilepas Pantai Yaman

Peringatan bahaya itu pun membuat warga di sana berlarian mencari tempat perlindungan.

“Menyusul sirene yang berbunyi beberapa saat yang lalu di Israel tengah, sebuah rudal permukaan-ke-permukaan diidentifikasi melintas ke Israel tengah dari timur dan jatuh di area terbuka. Tidak ada korban luka yang dilaporkan,” kata Militer Israel, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Dentuman keras juga terdengar di wilayah tersebut.

Menurut Militer Israel, suara itu berasal dari pencegat rudal yang telah diluncurkan.

Mereka kemudian menambahkan, pedoman perlindungan terhadap penduduk Israel tidak berubah.

Seorang saksi mata bercerita kepada Reuters, asap sempat terlihat mengepul di sebuah lapangan terbuka di Israel tengah meski tidak segera jelas apakah api tersebut berasal dari rudal atau puing-puing pencegat.

Pada Juli lalu, kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman menembakkan pesawat tak berawak jarak jauh ke Tel Aviv, menewaskan satu orang dan melukai empat orang lainnya.

Baca juga:

  • Kapal Migran Tenggelam di Lepas Pantai Yaman, 13 Orang Tewas, 14 Hilang
  • Israel Balas Serang Houthi di Yaman dengan Jet Tempur, 3 Tewas dan 87 Luka-luka
  • Houthi Yaman Klaim 2 Kali Serang Kapal Kargo di Teluk Aden

Serangan tersebut mendorong Israel untuk melakukan serangan udara besar-besaran terhadap target-target militer Houthi di dekat pelabuhan Hodeidah, Yaman, menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 87 lainnya.

Militer Israel juga mengatakan bahwa 40 proyektil ditembakkan ke arah Israel dari Lebanon pada Minggu dan berhasil dicegat atau mendarat di area terbuka.

“Tidak ada korban luka yang dilaporkan,” kata pihak Militer.

Leave a comment