Informasi Terpercaya Masa Kini

Paus Fransiskus Gelar Misa di Singapura, 50.000 Umat Katolik Padati Stadion Nasional

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Sekitar 50.000 umat Katolik berkumpul di Stadion Nasional pada Kamis 12 September 2024 untuk menghadiri misa Paus Fransiskus, misa kepausan pertama di Singapura sejak 1986.

Paus Fransiskus tiba pada pukul 16.30 dan berkeliling stadion dengan kereta putih, memberkati anak-anak dan bayi, serta membagikan rosario kepada orang-orang yang ditemuinya.

Lautan orang berpakaian kuning dan putih – warna bendera Vatikan – melambai ke arahnya dan bersorak ketika ia lewat, dengan beberapa orang mengangkat tanda menyambut Paus dan menyampaikan ucapan selamat mereka.

Paus tiba di Singapura pada Rabu sore dan akan menyampaikan homili pada misa.

Stadion Nasional Singapura dipenuhi aktivitas sejak pukul 11.00, enam jam sebelum misa kepausan dimulai. Antrean terbentuk di luar stadion, beberapa orang memegang payung untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Usai gerbang dibuka, peserta memenuhi Stadion Nasional sambil berfoto di depan altar yang digunakan untuk misa. Latihan terakhir berlangsung sekitar pukul 15.30, dengan paduan suara menyanyikan beberapa himne dan mengikuti misa.

Beverly Branson, seorang guru, adalah murid Sekolah Dasar 6 ketika mendiang Paus Yohanes Paulus II datang ke Singapura pada 1986.

“Saat itu sore sedang hujan deras, dan hujan turun, tetapi semua orang tetap bertahan. Antusiasme dan semangatnya sangat menggembirakan,” kenangnya.

Branson menambahkan bahwa dia mengagumi perjuangan lingkungan Paus Fransiskus, salah satu perjuangan progresifnya.

Mantan menteri kabinet George Yeo, yang juga berada di Stadion Nasional, mengatakan kepada CNA bahwa kunjungan Paus ke Singapura jarang terjadi karena negara tersebut adalah negara kecil.

Yeo, yang juga menghadiri misa pada 1986, mengatakan bahwa Singapura menjadi lebih menonjol sejak saat itu, dengan seorang Kardinal yang ditunjuk pada 2022.

“Orang-orang sangat senang di sini hari ini. Relawannya banyak sekali, dan mereka ceria. Saat kami tiba di stadion, mereka berusaha keras untuk membantu semua orang,” katanya.

Yeo, yang sebelumnya menjabat di Dewan Ekonomi Vatikan, menambahkan bahwa kunjungan kepausan ini merupakan sebuah momen penting tidak hanya bagi Gereja Katolik, namun juga bagi umat non-Kristen dan pemeluk agama lain, seperti Budha dan Muslim, yang mempunyai “perasaan hangat” menjelang kunjungan tersebut.

KEAMANAN KETAT

Ketika CNA tiba pada siang hari, penghalang telah dipasang untuk memblokir beberapa area bagi orang-orang yang tidak memiliki tiket, dan banyak staf keamanan membantu menjaga ketertiban. Petugas polisi dan ambulans juga terlihat.

Media juga melihat beberapa petugas polisi berjalan-jalan dengan seekor anjing polisi, yang dikenal sebagai K-9, di luar salah satu pintu keluar stasiun MRT Stadion. Anjing-anjing ini biasanya berpatroli di sekitar stasiun MRT jika diperlukan.

Polisi telah bekerja sama dengan berbagai lembaga dan pemangku kepentingan, seperti Keuskupan Agung Katolik Roma Singapura, untuk memastikan keselamatan dan keamanan acara ini, kata Inspektur Clarinda Wong, kepala operasi Divisi Polisi Bedok.

Menyoroti berbagai langkah keamanan yang telah diterapkan, dia berkata: “Kami telah meningkatkan jumlah dan frekuensi patroli dan penutupan jalur.”

Orang dan kendaraan yang memasuki lokasi juga harus diperiksa, tambahnya.

SEKALI SEUMUR HIDUP

Tiket misa didistribusikan melalui dua putaran pemungutan suara online, dan beberapa tiket disediakan untuk umat Katolik dari Malaysia dan Brunei.

Ann-Marie Kang, seorang insinyur berusia 40-an, berada di barisan pertama di salah satu pintu masuk stadion. Dia mengatakan dia tiba sekitar jam 10 pagi untuk menghindari keramaian, dan mulai mengantre pada jam 11 pagi.

Mengenakan pakaian kuning pucat dan putih, ia bersemangat menghadiri misa, dan senang bisa mendapatkan tiket pada pemungutan suara kedua. “Ini istimewa,” katanya. “Sekali seumur hidup.”

Nicole Yeo, seorang pegawai negeri, menghadiri misa bersama ibunya, Nyonya Yeo Piah Choo.

“Ini peristiwa sekali seumur hidup, dan saya sangat bersyukur bisa berada di sini,” kata pria berusia 34 tahun itu. “Ini pertama kalinya saya melihat Paus di kehidupan nyata, jadi ini adalah momen yang spesial.”

Rita Woodman, 55, mengatakan dia menantikan pesan Paus Fransiskus selama misa. Dia berada dalam antrian bersama empat orang dari gereja berbeda yang ditemuinya di stasiun MRT dalam perjalanan menuju Stadion Nasional.

“Persatuan dan harapan,” ujarnya mengacu pada tema kunjungan tersebut. “Inilah persatuan – kita bersatu dalam kesatuan, tidak peduli siapa kita.”

Lebih dari 2.000 orang terlibat dalam misa tersebut – termasuk 1.600 anggota paduan suara, 390 Pelayan Luar Biasa Perjamuan Kudus, 656 sipir, 300 pelayan altar, 128 petugas medis dan perawat, dan 260 petugas pengendalian massa.

Di antara mereka yang hadir juga 2.600 siswa TK dan SMP, 310 pekerja migran, 1.000 lansia dari paroki di seluruh negeri dan 250 pengguna kursi roda. Sebanyak 3.000 umat Katolik lainnya dari negara-negara Federasi Konferensi Waligereja Asia juga akan hadir di sana.

Ido Joyce Anne Pastor dan Sian Soriano, keduanya warga Filipina yang telah bekerja di Singapura selama beberapa tahun, mengatakan mereka berharap bisa bertemu Paus Fransiskus dari dekat.

“Pertama kali saya mendapatkan fotonya adalah ketika saya berada di Filipina, dan saya berharap dia datang dekat hari ini, sehingga saya bisa mengambil fotonya,” kata Soriano.

CNA juga berbicara dengan beberapa orang yang tidak bisa mendapatkan tiket misa, namun memutuskan untuk datang ke stadion dengan harapan mendapatkan akses ke acara tersebut.

Joevic Tagamolila, warga Filipina yang bekerja sebagai kru ritel di Singapura, mengatakan dia tidak bisa mendapatkan tiket karena dia tidak yakin apakah bisa mengambil cuti kerja.

Empat orang kerabatnya berhasil memperoleh tiket dan sudah masuk ke dalam stadion. Dia berbicara dengan staf keamanan tetapi diberitahu bahwa tidak boleh ada orang yang masuk.

Situs web acara menyatakan bahwa tidak ada lagi tiket yang akan didistribusikan, dan tiket tersebut diberi nama dan tidak dapat dipindahtangankan.

Meski begitu, Tagamolila berniat untuk tetap berada di luar stadion hingga acara berakhir. “Mungkin kami bisa mendengar audionya,” katanya.

Pada 1986, misa kepausan Paus Yohanes Paulus II berlangsung selama dua jam, dengan 70.000 peserta menantang hujan lebat di Stadion Nasional yang lama.

Sebelumnya pada Kamis, Paus Fransiskus menghadiri upacara penyambutan di Gedung Parlemen, bertemu dengan Presiden Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Lawrence Wong dan menyampaikan pidato kenegaraan di Universitas Nasional Singapura.

Pada Jumat 13 September 2024, ia akan mengunjungi warga di Rumah St Theresa dan menghadiri pertemuan antaragama dengan para pemuda di Catholic Junior College untuk mengakhiri perjalanannya.

Singapura adalah perhentian terakhir dalam tur Paus Fransiskus di Asia-Pasifik, yang mana Paus melakukan perjalanan ke Indonesia, Papua Nugini, dan Timor-Leste.

Pilihan Editor: Paus Fransiskus Desak Singapura Berikan Upah Layak ke Pekerja Migran

CHANNEL NEWSASIA

Leave a comment