Informasi Terpercaya Masa Kini

Kata-kata Melas Pakar Vietnam: Jangan Lagi Bandingkan Kita dengan Timnas Indonesia

0 4

SUPERBALL.ID – Pakar Quang Huy, meminta publik Vietnam tak lagi membandingkan timnas mereka dengan Timnas Indonesia karena sudah jelas tertinggal.

Pernyataan itu dilontarkan Quang Huy saat mengomentari hasil imbang Timnas Indonesia melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi di markas lawan, Stadion King Abdullah Sports City, dengan skor akhir 1-1.

Bagi Quang Huy, permainan Timnas Indonesia di laga tersebut terbilang bagus dan sangat berbeda dengan kehadiran para pemain keturunan.

Para pemain memahami strategi yang diterapkan Shin Tae-yong untuk mengembangkan permainan, sehingga tidak berjalan monoton.

Hal itu membuat Timnas Indonesia tampil sangat berbeda dari laga-laga sebelumnya yang pernah dipimpin Shin Tae-yong.

“Indonesia bagus, mereka bermain sangat berbeda sekarang karena kekuatan mereka sangat berbeda, hampir semua pemain naturalisasi,” ucap Quang Huy.

Selain itu, Quang Huy juga mengapresiasi bagaimana strategi Indonesia dalam membentuk sebuah tim sesuai dengan level turnamen.

Timnas senior di Kualifikasi Piala Dunia 2026 berisi para pemain keturunan yang kebanyakan berkarier di luar negeri atau abroad.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Live Pukul 19.00 WIB

Sementara itu, pemain muda yang banyak berkarier di dalam negeri akan diturunkan di turnamen level ASEAN seperti Piala AFF.

“Mereka juga punya strategi yang sangat jelas untuk mengembangkan sepak bola.”

“Di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 tim mereka nyaris berisi para pemain naturalisasi.”

“Sedangkan para pemain muda dalam negeri akan dipersiapkan untuk bermain di Piala AFF,” ujar Quang Huy.

Namun, Quang Huy menyadari bahwa hal itu dilakukan tidak semata-mata karena perbedaan kualitas, melainkan karena aturan juga.

Timnas Indonesia tidak mungkin mendapatkan pemain abroad untuk bermain dalam turnamen yang tidak termasuk agenda resmi FIFA.

Kebanyakan pemain keturunan yang jadi andalan Shin Tae-yong hanya bisa memperkuat timnas dalam agenda resmi FIFA.

Karena itu, Quang Huy meminta publik Vietnam agar tidak lagi membandingkan timnas mereka dengan Timnas Indonesia saat ini.

Baca Juga: Imbangi Arab Saudi, Media Vietnam: Timnas Indonesia Membuat Seluruh Asia Ketakutan

“Pemain naturalisasi yang bermain di Eropa hanya bisa kembali sesuai agenda resmi FIFA,” kata Quang Huy.

“Pemain keturunan mereka memiliki level jauh di atas kita, jadi jangan bandingkan timnas kita dengan Timnas Indonesia,” imbuhnya.

Melasnya Quang Huy saat ini memang tak lepas dari jebloknya performa Timnas Vietnam yang selalu kalah dari Indonesia sejak awal tahun 2024.

Vietnam bahkan hanya mampu memetik satu kemenangan dari semua laga yang dijalani sepanjang tahun 2024.

Terakhir, mereka dipermalukan Rusia dengan skor akhir 0-3 dalam laga uji coba internasional yang tidak termasuk FIFA Matchday.

Leave a comment