Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil Piala AFF U-19 2024: Timnas U-19 Indonesia vs Kamboja 2-0, Kadek Arel dan Iqbal Gwijangge Cetak Gol

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Kamboja pada laga kedua grup A Piala AFF U-19 2024 atau sekarang bernama ASEAN U-19 Boys Championship di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam, 20 Juli 2024 berakhir dengan skor 2-0.

Pada laga kedua penyisihan grup, pelatih Indra Sjafri menurunkan tim yang sama seperti saat Skuad Garuda mengalahkan Filipina 6-0 di laga pertama, untuk menghadapi Kamboja. Semua pemain yang turun sebagai starter di laga pembuka, dimainkan lagi dari menit awal.

Skuad Garuda kesulitan mencetak gol di laga ini. Pertandingan babak pertama berakhir 0-0. Gol yang dinantikan baru terjadi pada menit ke-71 lewat sundulan kepala Kadek Arel yang meneruskan umpan sepak pojok dari Muhammad Kafiatur. Ini menjadi gol keduanya di Piala AFF U-19 2024.

Berikutnya, gol kedua terjadi juga dari skema yang sama. Kali ini Iqbal Gwijangge yang bisa menyelesaikan dengan baik bola yang mengarah kepadanya dengan menyepaknya. Gol ini tercipta juga dari sepak pojok yang dilakukan Kafiatur. Ini menjadi gol ketiga Gwijangge, menyusul dua gol yang dibuatnya saat pesta gol ke gawang Filipina pada pertandinngan pembuka.

Hasil ini membuat Timnas U-19 Indonesia kokoh di puncak klasemen sementara grup A Piala AFF U-19 dengan enam poin. Tim asuhan Indra Sjafri tercatat membuat delapan gol dengan tidak kebolan. Mereka berada di atas Timor Lesta dan Filipina yang ada di bawahnya dengan nilai sama-sama tiga poin. Di posisi juru kunci ditempati Kamboja yang belum mendapatkan poin

Setelah pertandingan ini, Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada Selasa, 23 Juli 2024. Laga ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, mulai 19.30 WIB. Partai lain, Kamboja vs Filipina akan dimainkan di Stadion Gelora 10 November Surabaya pada jam yang sama.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Kamboja berusaha menguasai bola lebih dulu di menit awal. Memasuki menit kelima, gawang Indonesia mendapatkan ancaman. Bong Samuel melakukan sepakan spekulasi yang bolanya nyaris menukik ke gawang yang dijaga Ikram Algiffari.

Selang lima menit kemudian, giliran pertahanan Kamboja yang sibuk. Lemparan ke dalam yang dilakukan Mufli Hidayat sempat membuat situasi kacau di kotak penalti lawan. Namun, peluang dari bola mati gagal dimaksimalkan.

Lemparan ke dalam Mufli kembali menjadi ancaman bagi pertahanan Kamboja. Bola lemparanya sebanyak dua kali sempat menjadi peluang bagi Alfharezzi Buffon, tetapi sepakannya masih bisa diblok.

Hingga 30 menit pertandingan, skuad asuhan Indra Sjafri belum mampu mencetak gol. Kedudukan masih belum berubah. Dalam situasi itu, Figo Dennis ditarik keluar lapangan, digantikan dengan Welber Jardim.

Menjelang jeda turun minum, Skuad Garuda meningkatkan intensitas serangan. Arkhan Kaka nyaris mencetak gol lewat sundulan kepalanya. Namun, bola masih bisa diantisipasi kiper Kamboja, Mat Lany. Kedudukan tetap 0-0 hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Pelatih Indra Sjafri kembali melakukan pergantian pemain. Dia memasukkan Jens Raven dan Muhammad Kafiatur. Keduanya masuk menggantikan Arkhan Kaka dan Toni Firmansyah.

Pada menit ke-56, Alfharezzi Buffon berhasil meneruskan sepak pojok Kafiatur dengan sundulan kepalanya. Namun, bola masih belum bisa menjadi gol.

Intensitas serangan Skuad Garuda meningkat setelah pertandingan berlangsung sejam. Kafiatur dan rekan-rekannya terus menggempur pertahanan Kamboja secara bertubi-tubi.

Gol yang dinantikan akhirnya tetjadi pada menit ke-71 melalui skema sepak pojok. Bola dari sepak pojok yang dilakukan Kafiatur bisa disundul oleh Kadek Arel yang kemudian menjebol gawang Kamboja.

Ini menjadi gol kedua Kadek Arel di Piala AFF U-19 2024. Sebelumnya, dia menyumbang satu gol ketika Indonesia menang 6-0 dari Filipina pada laga pertama grup A.

Gol kedua Indonesia terjadi pada menit ke-87. Kali ini, Iqbal Gwijangge yang berdiri di depan gawang mencetak gol lewat sepakannya setelah sepak pojok yang dilakukan Kafiatur. Kedudukan 2-0 terjaga hingga laga berakhir.

Pilihan Editor: Piala AFF U-19 2024: Timnas Filipina U-19 Kalahkan Timor Leste 2-0, Jaga Peluang untuk Lolos

Leave a comment