Informasi Terpercaya Masa Kini

Di Pabrik Pintar, AI Generatif Bisa Bantu Awasi Mesin dan Sortir Ratusan CV

0 5

KOMPAS.com – Teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif macam chatbot ChatGPT ternyata bisa dimanfaatkan di industri manufaktur, khususnya pabrik pintar atau smart manufacture.

Associate Partner perusahaan riset McKinsey Bo Li, memaparkan generatif AI bisa digunakan dalam aneka macam skenario di pabrik pintar.

Ia memberikan contoh bahwa solusi dari AI generatif bisa membantu seorang teknisi di pabrik untuk memantau mesin.

Kemudian, Gen AI juga bisa membantu memberikan saran, apakah diperlukan perawatan mesin segera atau tidak berdasarkan data dari internal perusahaan.

“Contoh lainnya, dalam hal pengadaan, Gen AI akan membantu Anda meringkas semua fulfillment (pemenuhan pesanan ke pelanggan), hingga membantu memeriksa apakah harga yang dibayar saat ini sama seperti sebelumnya atau tidak,” jelas Bo Li, dalam acara konferensi pers Ericsson Indonesia Hackathon 2024, di Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Baca juga: Apa Itu AI Generatif, Cara Kerja, dan Contoh-contohnya

Skenario lainnya yaitu bantuan AI generatif terkait administrasi pabrik, dokumen sumber daya manusia (SDM) hingga keuangan. Bahkan dokumen legal atau hukum juga bisa saja dibuat oleh pihak pabrik dengan meminta bantuan AI generatif.

Senada dengan Bo Li, Ketua Umum Dewan Transformasi Digital Industri Indonesia (WANTRII), Fadli Hamsanini, juga mencontohkan bahwa AI generatif dapat membantu menyortir ratusan dokumen pelamar kerja bagi tim Human Resources (HR) atau SDM di sebuah perusahaan atau pabrik.

“Yang paling mudah, kawan di HR, yang biasanya sortir ratusan CV itu tinggal masuk dan bisa tahu mana orang yang cocok untuk bekerja di bidang tertentu.

Ericsson sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai peralatan penunjang jaringan telekomunikasi juga menyatakan pihaknya memakai AI generatif untuk memprediksi kapan alatnya berpotensi mengalami kesalahan sistem.

“Jadi sebelum faulty (terjadi kesalahan), kita sudah prediksi dengan AI bahwa performanya semakin menurun misalnya atau kapabilitasnya menurun. Dengan begitu, sebelum faulty kita ganti sehingga downtime-nya bisa dicegah. Sebelumnya kita ganti kalau sudah faulty,” kata Direktur Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal.

Baca juga: Survei Google: Mayoritas Perusahaan yang Pakai AI Generatif Makin Cuan

Anjurkan AI generatif jadi semiwajib

Mengingat pentingnya AI generatif dan 5G dalam digitalisasi saat ini, Ronni menyarankan pemerintah Indonesia agar menjadikan AI generatif sebagai program semiwajib dalam pendidikan di Tanah Air.

“AI dan 5G di pendidikan kita mungkin hampir mandatory (wajib), jadi bukan cuma makan gratis yang mandatory tapi AI generatif juga, cloud computing, blockchain dan lain-lain. Karena perkembangan ke depan akan mengarah ke sana,” ungkap Ronni.

“Kalau kita mau menyiapkan talenta yang cepat dan mampu langsung menghadapi tantangan dunia saat ini, kita harus persiapkan dari sekarang,” lanjut dia.

Ronni tidak merinci, bagaimana sebaiknya program yang berkaittan dengan AI generatif diimplementasikan di dalam pendidikan, apakah berbentuk mata pelajaran/kuliah, ekstrakulikuler, atau lainnya.

Di sisi lain, Ericsson mengeklaim sudah membuka pusat pembelajaran mencakup AI dan 5G, bekerja sama dengan Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0), kemudian mengundang berbagai kampus untuk berbagi pengetahuan tentang teknologi itu.

“Dan kita akan maksimalkan lagi ke lebih banyak lagi kampus, sehingga pengetahuan tentang AI, machine learning, computing, menjadi suatu pengetahuan dasar, bukan premium lagi” ungkap Roni.

Saat ini Ericsson juga membuka kompetisi atau Hackathon di Indonesia untuk menjaring talenta digital yang mampu mengembangkan solusi bagi pabrik pintar, menggunakan AI generatif dan jaringan 5G.

Kompetisi ini sudah dibuka dan pendaftarannya akan ditutup pada Kamis (31/10/2024) mendatang. Informasi lengkap terkait kompetisi ini dapat diakses melalui tautan berikut.

Baca juga: Ericsson Gelar Hackathon, Kompetisi untuk Kembangkan Solusi Pabrik Pintar

Leave a comment