Informasi Terpercaya Masa Kini

Komandan Tertinggi dan Salah Satu Pendiri Hezbollah Fuad Shukr Dikonfirmasi Tewas dalam Serangan Israel

0 6

BEIRUT, KOMPAS.com – Kelompok Hezbollah Lebanon telah mengkonfirmasi bahwa komandan seniornya, Fuad Shukr, tewas dalam serangan Israel di selatan Beirut.

Militer Israel mengatakan pihaknya melakukan serangan presisi di Beirut pada Selasa (30/7/2024) yang menewaskan Shukr.

Mereka menambahkan bahwa Shukr bertanggung jawab atas serangan rudal yang menewaskan 12 anak yang sedang bermain sepak bola di Majdal Shams di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Baca juga: Kata Netanyahu Usai Pemimpin Hamas dan Komandan Hezbollah Tewas Terbunuh

Dilansir dari Al Jazeera, Hezbollah, yang sebelumnya mengatakan bahwa Shukr selamat dari serangan tersebut.

“Komandan jihadis besar, saudara Fuad Shukr (Haji Mohsen), ada di dalam gedung yang menjadi sasaran musuh Zionis,” kata Hezbollah.

Saat mengumumkan kematiannya, kelompok itu menambahkan bahwa kehadiran Shukr merupakan kekuatan tersendiri bagi perlawanan.

Pemimpin mereka, Hassan Nasrallah, disebut akan berpidato pada acara pemakaman Shukr pada Kamis (1/8/2024).

Siapakah Fuad Shukr?

Shukr, yang juga dikenal sebagai al-Hajj Mohsen, lahir di Nabatieh, Baalbek, Lebanon timur. Shukr merupakan salah satu pendiri Hezbollah setelah invasi Israel ke Libanon pada tahun 1982.

Menurut militer Israel, Shukr mengawasi sejumlah serangan terhadap militer Israel dan mantan sekutunya, Tentara Lebanon Selatan (SLA), pada dekade berikutnya.

Baca juga: Kondisi Komandan Hezbollah di Gedung yang Jadi Target Serangan Israel Masih Belum Jelas

Selain dicari oleh Israel, Shukr juga dicari oleh AS.

Sebuah posting di situs web Rewards for Justice milik pemerintah AS menawarkan imbalan hingga 5 juta dollar AS untuk informasi mengenai Shuk.

AS menamainya sebagai “Teroris Global yang Ditunjuk Secara Khusus” pada tahun 2019.

Pada Selasa, serangan di daerah padat penduduk di pinggiran kota Beirut menghantam lingkungan Haret Hreik di dekat Dewan Syura Hezbollah, otoritas pusat pengambilan keputusan.

Baca juga: Israel Serang Beirut Selatan, Targetkan Komandan Hezbollah Fuad Shukr

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan tiga orang, termasuk dua anak-anak, terbunuh dan 74 lainnya terluka dalam serangan yang digambarkan oleh militer Israel sebagai operasi pembunuhan yang ditargetkan terhadap Shukr.

Leave a comment