Informasi Terpercaya Masa Kini

Prestasi Timnas Indonesia Dianggap Palsu karena Naturalisasi, Erick Thohir Marah

0 2

SUPERBALL.ID – Ketum PSSI Erick Thohir merespons kritik terhadap naturalisasi Timnas Indonesia yang dilakukan Peter Gontha hingga mengundang polemik di media sosial.

Erick Thohir turut merespons kritik terhadap naturalisasi pemain keturunan di Timnas Indonesia yang membuat heboh jagat sosial media.

Sebelumnya, mantan duta besar Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha, mengaku merasa malu karena Timnas Indonesia didominasi pemain keturunan.

Peter Gontha juga merasa kemajuan Skuad Garuda saat ini palsu dan penuh kebohongan yang membodohi masyarakat Indonesia.

Bahkan sampai menyebut sejumlah pemain Timnas Indonesia yang dinaturalisasi pada 2010 banyak yang kembali ke negara asal usai tidak dipakai timnas.

Pernyataan Peter Gontha melalui akun Instragam pribadinya itu sontak membuat banyak pihak bereaksi, tak hanya netizen tetapi juga PSSI.

PSSI melalui Anggota Exco Arya Sinulingga sebelumnya sudah membantah keras tuduhan-tuduhan Peter Gontha terhadap pemain keturunan.

Termasuk perihal kewarganegaraan ganda hingga paspor Indonesia yang dibuang usai tak lagi bermain untuk Timnas Indonesia.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir selaku Ketum PSSI pun turut memberikan respons lewat unggahan media sosialnya.

Baca Juga: Tangan Ajaib Erick Thohir Beraksi Lagi, Usahakan Hilgers dan Eliano Bela Timnas Indonesia Lawan Bahrain dan China

Dalam unggahannya itu, Erick seolah memperlihatkan kemarahan, ia meminta agar pihak-pihak yang tidak berkepentingan tidak mengganggu timnas.

Termasuk perjuangannya dalam membawa sepak bola Indonesia ke pentas dunia, dedikasi dan perjuangan PSSI tidak untuk dipertanyakan.

“Jangan pernah pertanyakan dedikasi dan perjuangan kami untuk membawa sepak bola Indonesia ke pentas dunia,” tulis Erick Thohir.

Tulisan itu diunggah Erick dengan menyertakan cuplikan perjuangan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pernyataan seolah menampar Peter Gontha yang mempertanyakan usaha PSSI dalam membangun Timnas Indonesia hanya dengan naturalisasi.

Padahal, seluruh pemain yang dinaturalisasi memiliki keturunan asli Indonesia dan dapat dipastikan hanya memegang satu paspor, Indonesia.

Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, membantah keras tuduhan pemain naturalisasi memiliki paspor ganda selain Indonesia.

Silmy Karim juga membeberkan proses naturalisasi yang ditempuh sesuai aturan yang berlaku, ia menegaskan para pemain sudah menyerahkan paspor lamanya.

Baca Juga: Erick Thohir Beri Pesan ke Elkan Baggot, Bek Jangkung Disuruh Minta Maaf ke Shin Tae-yong?

“Mereka mendapatkan paspor sudah melalui proses yang sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucap Silmy Karim.

“Tahap-tahap dalam prosesnya juga sesuai, bahkan ada Keppres-nya.”

“Dari proses mendapatkan paspor RI sudah memenuhi persyaratan, termasuk menyerahkan dokuman kewarganegaraan lamanya,” imbuhnya.

Kerasnya tuduhan Peter Gontha di media sosial juga membuat salah satu legenda Timnas Indonesia sekaligus mantan Dirtek PSSI, Bob Hippy, bersuara.

Eks Persija Jakarta itu menilai usaha yang dilakukan Erick Thohir dalam menaturalisasi pemain keturunan hanyalah sebagai jembatan.

Bob Hippy sadar PSSI juga harus memproduksi pemain lokal dari usia muda sampai senior guna membangun regenerasi yang baik.

“Apa yang dilakukan oleh Pak Erick adalah menjembatani, hanya menjembatani untuk sementara,” ucap Bob Hippy kepada Tribun Network.

“Tidak bisa (jangka panjang) juga, dia (PSSI) mesti produksi (pemain) lokal, dari mulai usia muda sampai ke atas,” imbuhnya.

Leave a comment