Informasi Terpercaya Masa Kini

Shin Tae-yong Bakal Pimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024, Pakai Pemain Timnas U-23?

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji memastikan Shin Tae-yong akan memimpin skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2024. Namun, ia memastikan bahwa Indonesia akan mengirim Timnas U-23 yang menjuarai SEA Games 2023, bukan tim level senior.

“Kalau senior ini sudah disepakati dan kemarin sesuai arahan Pak Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) saat rapat, itu beliau menyampaikan dan sudah sepakat dengan coach STY bahwa yang akan dipakai untuk AFF adalah tim yang bermain di SEA Games 2023,” ujar dia saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli 2024.

Teka-teki soal skuad Timnas Indonesia yang akan diturunkan di Piala AFF 2024 sebelumnya menjadi sorotan pecinta sepak bola Tanah Air. Musababnya, dalam waktu yang dekat, Pasukan Garuda juga mesti menjalani pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia diketahui bakal memulai kiprahnya di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Arab Saudi pada 6 September 2024. Empat hari berselang, mereka akan menjamu Australia pada 10 September 2024. Setelah itu, Pasukan Merah Putih kembali bertanding menghadapi Bahrain pada 10 Oktober dan bersua Cina pada 15 Oktober 2024.

Sementara agenda Piala AFF 2024 sendiri dijadwalkan mulai berlangsung pada November. Skuad Garuda akan menghadapi Myanmar pada 24 November, lalu tiga hari berselang bertarung melawan Laos pada 27 November 2024.

Sumardji menegaskan nantinya Timnas Senior akan fokus melakoni pertandingan di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. “(Timnas Senior) fokus ke kualifikasi.”

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, sebelumny,a mengungkapkan Piala AFF 2024 bukan menjadi target utama untuk Timnas Indonesia. Ia tidak mau membuat para pemain senior bermain terus dalam waktu yang berdekatan.

“Mereka (para pemain Timnas Senior Indonesia) kalau dipaksakan main 365 hari juga enggak mungkin. Jadi memang ini pilihan, tapi saya pastikan kita bukan berarti tidak membuat tim yang terbaik untuk target-target tertentu,” ucap dia dalam sesi jumpa pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juni lalu.

Para pemain Timnas Indonesia bakal mulai berkumpul untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 2 September 2024. Shin Tae-yong sendiri sebelumnya sudah hadir di Indonesia untuk menerima golden visa dari Presiden Joko Widodo pada akhir Juli lalu, namun kini dia sudah kembali lagi ke Korea Selatan.

Pilihan Editor: Como 1907 Resmi Rekrut Kiper Sampdoria Emil Audero Mulyadi, Dikontrak selama 4 Tahun

Leave a comment