Informasi Terpercaya Masa Kini

Dubes Palestina: Hamas dan Fatah Sudah Sepakat, Ini Menguntungkan Kami

0 10

JAKARTA, KOMPAS.com – Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun mengatakan, pertemuan faksi politik Palestina yakni Hamas dan Fatah di China telah mencapai kesepakatan.

Dia menyebut, kesepakatan itu bisa menguntungkan Palestina untuk mencapai persatuan.

“Soal Hamas dan Fatah dan faksi lain, saya kira mereka sudah mencapai kesepakatan, hal ini menguntungkan Palestina,” ucapnya saat ditemui di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

Baca juga: Kemenlu: Indonesia Belum Pertimbangkan Jadi Mediator antara Palestina dan Israel

Dia berharap kesepakatan ini bisa berjalan dengan baik sehingga mampu mempersatukan segala aspek di Palestina. Termasuk pemerintahan. 

“Karena Palestina adalah satu, bukan dua. Namun Israel mungkin akan menjegal peluang perdamaian ini,” tandasnya.

Sebagai informasi, Hamas hari ini mengumumkan telah menandatangani sebuah kesepakatan dengan 13 organisasi Palestina lainnya, termasuk pesaingnya Fatah, di Beijing, China.

Baca juga: Hamas-Fatah Palestina Sepakat Berdamai Usai Difasilitasi China, Apa Agenda Politik Mereka?

“Hari ini kami menandatangani kesepakatan untuk persatuan nasional. Kami berkomitmen untuk (menciptakan) persatuan nasional dan kami menyerukan hal itu,” kata pejabat senior Hamas, Musa Abu Marzuk setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan para utusan organisasi Palestina lainnya.

Baca juga: Soal Situasi Terkini Gaza, Dubes Palestina: Tak Ada Tempat Aman, Bahkan di Tepi Barat

Oleh China, kesepakatan tersebut digambarkan sebagai kerja sama untuk memerintah Gaza bersama-sama setelah perang berakhir. 

Menteri Luar Negeri China Wang Yi, mengatakan belasan organisasi Palestina itu telah bersepakat membentuk “pemerintah rekonsiliasi nasional sementara” untuk memerintah Gaza pascaperang.

Leave a comment