Informasi Terpercaya Masa Kini

Perolehan Sementara Medali Olimpiade Paris 2024, Negara Asia Tenggarah Masih Nihil Medali Emas

0 9

TEMPO.CO, JakartaOlimpiade Paris 2024 merupakan salah satu ajang olahraga bergengsi yang telah melibatkan melibatkan 10.672 atlet dari 196 negara di seluruh dunia. Pada tahun ini, Olimpiade akan digelar di Paris mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 dengan melibatkan 10.672 atlet dari 196 negara.

Hingga Senin siang, 29 Juli 2024, persaingan di papan atas klasemen medali Olimpiade Paris 2024 masih berlangsung ketat. Perlu diketahui, Jepang dan Australia sama-sama meraih empat emas. Jepang mendapatkan tambahan dua medali emas pada Minggu, 29 Juli. Salah satu emas itu disumbangkan atlet anggar Koki Kano di nomor degen perseorangan putra. Emas lainnya diraih atlet skateboard Coco Yoshizawa yang menjuarai nomor street putri.

Di bawah Jepang dan Australia, ada empat negara lain yang sama-sama mengemas tiga emas, yakni Amerika Serikat, Prancis, Korea Selatan, dan Cina. Indonesia, seperti negara-negara Asia Tenggara lainnya, belum mendapatkan medali dari hari kedua Olimpiade di Paris itu, dan berikut klasemen medali sampai hari kedua Olimpiade Paris 2024.

Pada Senin, 29 Juli 2024, ada 19 medali emas yang telah diperebutkan, termasuk lima nomor dari cabang primadona Olimpiade, renang. Beberapa laga perebutan medali emas yang sangat menarik untuk disaksikan pada hari ketiga Olimpiade Paris itu di antaranya adalah renang 200m gaya bebas putri di mana si “rising star” dari Kanada, Summer McIntosh, menjadi pusat perhatian di kolam renang Paris.

Lomba menarik lainnya terjadi dalam cabang loncat indah ketika juara bertahan papan 10m putra, Tom Daley dari Kanada, berusaha mempertahankan supremasi dalam nomor ini seperti dia lakukan di Tokyo tiga tahun silam. Pertarungan bergengsi lainnya terjadi dalam cabang senam nomor beregu semua alat ketika juara bertahan Jepang bertarung menghadapi China.

Dikutip dari Antara, negara yang mendominasi perolehan medali terbanyak dalam Olimpiade biasa dinilai berprestasi dan memiliki manajemen olahraga yang baik. Dikutip dari laman Olimpiade Paris 2024, adapun negara yang memperoleh medali terbanyak pada hari ketiga Olimpiade Paris 2024 di antaranya China (Sembilan), Jepang (Delapan), Korea (Tujuh), Australia (Enam), Amerika Serikat (Dua Belas), Prancis (Sembilan), Britania (Enam), Italia (Enam), Kazakhstan (Tiga), Belgia (Dua), Swedia (Tiga), Brasil (Tiga), Kanada (Tiga).

Sementara itu, negara dengan perolehan medali terendah di antaranya Jerman (Satu), Hongkong (Satu), Uzbekistan (Satu) Fiji (Satu), Kosovo (Satu), Mongolia (Satu), Polandia (Satu), Tunisia (Satu), Kroasia (Satu), Egypt (Satu), Spanyol (Satu), Hungaria (Satu), India (Satu), Republik Moldova (Satu), Meksiko (Satu), Afrika Selatan, (Satu) dan Swiss (Satu). Indonesia, seperti negara-negara Asia Tenggara lainnya, belum mendapatkan medali dari hari kedua Olimpiade di Paris itu.

KHUMAR MAHENDRA | OLYMPICS | ANTARA | NURDIN SALEH

Pilihan Editor: Festival Busana di Olimpiade Paris

Leave a comment