Informasi Terpercaya Masa Kini

Catat Bun, Ini 5 Tipe Orang yang Disarankan untuk Tak Membeli Rumah

0 3

Bunda berencana untuk membeli rumah impian? Sebelum membelinya, pastikan dulu memiliki finansial yang stabil agar pengeluaran lain bisa dipenuhi.

Ya, memiliki rumah adalah impian banyak orang. Tetapi, tidak semua orang mampu membelinya karena kendala finansial. Dalam beberapa kasus, pasangan suami istri mesti menyewa atau mengontrak rumah karena dianggap sebagai pilihan yang bijak.

Perlu diketahui Bunda, ada beberapa tipe orang yang sebenarnya justru disarankan untuk tak dulu membeli rumah. Selain karena masalah finansial, ada beberapa hal yang mendasari pengelompokan tersebut. Apa saja?

Simak penjelasan lengkap dari Bubun berikut ini ya!

Baca Juga : Lebih Baik Beli Rumah atau Ngontrak? Ini Kata Financial Planner BunTipe orang disarankan untuk tak membeli rumah

Berikut 5 tipe orang yang disarankan untuk menyewa hunian daripada membelinya:

1. Tabungan minim dan beban utang tinggi

Bunda yang berada dalam tipe ini mungkin saja bisa membeli rumah melalui kredit. Namun, langkah tersebut dapat menambah beban finansial yang ditanggung. Akibatnya, Bunda bisa kesulitan memenuhi kebutuhan pokok lainnya dan malah menambah tumpukan utang.

Beban finansial yang tinggi dapat menjauhkan mereka dari kebebasan finansial. Bahkan, ada risiko bahwa generasi berikutnya, seperti anak-anak, akan terjebak dalam kondisi serupa. Mereka pun kemungkinan akan menjadi bagian dari generasi sandwich nantinya.

2. Tidak punya dana darurat

Tidak semua pasangan suami istri memiliki dana darurat. Bila hal ini dialami Bunda dan Ayah, maka sebaiknya pertimbangkan untuk tak membeli rumah dulu.

Jika sudah terlanjur membeli rumah, Bunda mungkin akan lebih dipusingkan lagi dengan biaya maintenance lainnya. Dalam sebulan bisa saja muncul kerusakan-kerusakan minor yang memaksa Bunda mengeluarkan uang terkait reparasi.

Pengeluaran seperti ini tentu harus ditalangi dengan tabungan dana darurat yang dipersiapkan jauh-jauh hari. Bila tidak memilikinya, yang ditakutkan adalah Bunda berutang untuk memenuhinya.

Selain kedua hal di atas, ada tiga tipe lagi dari orang yang tak disarankan membeli rumah. Apa saja ya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Pilihan Redaksi

  • 3 Tips Membeli Rumah Pertama yang Perlu Diketahui, Pahami Kebutuhan Finansial
  • Mana yang Sebaiknya Lebih Dulu Dibeli, Rumah atau Tanah?
  • 5 Biaya yang Bakal Dikeluarkan Usai Beli Rumah

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment