Informasi Terpercaya Masa Kini

9 Cara Memiliki Wajah Awet Muda ala Orang Perancis, Mudah Dilakukan di Rumah Bun!

0 3

Bunda mungkin sering melihat pesona wanita Perancis yang tampak awet muka dan memukau. Ternyata untuk mencapai wajah seindah itu sangat mudah dilakukan rumah loh, Bun. Yuk, Bunda, simak penjelasannya!

Tahukah Bunda bahwa di Perancis pada wanita memiliki wajah awet muda yang menawan? Hal ini dikarenakan apotek di Perancis berfokus pada industri perawatan kulit. Natacha Bonjout, seorang apoteker asal Prancis, menjelaskan bahwa produk perawatan kulit menjadi fokus utama di Perancis.

Dalam budaya Perancis, perawatan kulit seperti treatment dan skincare menjadi hal utama yang dilakukan. Para wanita Perancis, berfokus pada perawatan kulit sebanyak 90% dan riasan wajah sebanyak 10%. “Kosmetik adalah teman terbaik, tetapi itu tidak akan pernah menggantikan kekuatan kulit karena skincare,” kata Natacha. 

Cara memiliki wajah awet muda ala Perancis

Bunda mungkin bertanya-tanya, lantas bagaimana wanita Perancis merawat wajah sehingga awet muda? Melansir dari Vogue, berikut 9 cara memiliki wajah awet muda ala Perancis yang mudah dilakukan di rumah.

1. Gunakan skincare yang saling bekerja sama

Dalam mengombinasikan produk skincare, Bunda harus memahami kandungan produk agar rangkaian skincare saling bekerja sama. Jangan sampai, kombinasi produk yang Bunda pilih saling berlawanan dan justru membebani kulit. Pelajari kombinasi kandungan skincare ya, Bunda.

“Jangan membebani kulit, hanya gunakan bahan aktif yang saling bekerja bersama,” kata Natacha Bonjout.

Baca Juga : 5 Kebiasaan yang Membuat Wajah Awet Muda seperti Usia 20 Tahunan

Campuran produk yang baik, misalnya Vitamin C dan sunscreen mengandung SPF yang melindungi, atau retinol dan asam hialuronat yang menghidrasi. Hindari mengombinasikan retinol dengan Vitamin C karena dapat menciptakan iritasi dan peradangan. Selain itu, jangan mengombinasikan retinol dan niacinamide karena hanya akan saling mengurangi manfaat dari masing-masing produk. 

2. Lewati pembersihan wajah di pagi hari

Selama ini, Bunda mungkin meyakini bahwa wajah perlu dibasuh saat pagi hari setelah bangun tidur. Namun hal ini ternyata salah loh, Bunda. Orang Perancis meyakini bahwa untuk mendapat wajah awet muda, Bunda tak perlu membersihkan wajah di pagi hari.

“Setiap malam, kulit membentuk kembali lapisan untuk melindungi dirinya sendiri. Cukup bilas wajah dengan air di pagi hari atau gunakan toner sebelum memulai hari,” ungkap Natacha.

Bunda dapat melakukan double cleansing di malam hari, terutama jika Bunda memakai sunscreen atau makeup. Residu dari SPF dan makeup harus dibersihkan agar wajah terhindar dari penuaan dini. 

3. Aplikasikan skincare dengan jari dan beri pijatan

Tahukah Bunda bahwa alat terbaik untuk mengaplikasikan skincare adalah jari jemari Bunda yang manis? Olesan skincare dengan jari akan menenangkan kulit dan membuat skincare cepat meresap.

“Pijat adalah terapi untuk meningkatkan kepercayaan diri kita dan mengurangi stres serta kecemasan,” jelas Natacha. Bunda disarankan untuk mengaplikasikan skincare dengan jari sambil memberi pijatan lembut.

4. Gunakan bahan alami

Wanita Perancis selalu mengutamakan bahan alami dalam produk perawatan wajah mereka. Hal ini karena bahan alami mampu merawat kulit dengan efek samping yang minim. Bahan alami cocok untuk Bunda dengan kulit sensitif. 

Natacha merekomendasikan Bunda untuk menggunakan royal jelly, zat padat nutrisi yang diproduksi oleh lebah madu pekerja. Bahan alami ini dimakan atau dioleskan langsung ke kulit.

Royal jelly sangat baik untuk kulit karena kaya akan antioksidan yang dapat melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, royal jelly juga kaya akan karbohidrat, protein, asam amino, asam lemak, vitamin, dan mineral.

5. Gunakan sunscreen mineral

Bunda pasti sudah memahami pentingnya penggunaan sunscreen. Meskipun sunscreen jenis apapun sangat dianjurkan untuk melindungi kulit, wanita Perancis menyukai sunscreen mineral untuk membuat wajah mereka tetap awet muda,

Hal ini dikarenakan sunscreen kimia dapat menyebabkan jerawat, rasa terbakar, gatal, dan sensasi menyengat pada kulit. Natacha menjelaskan bahwa sunscreen terbaik adalah sunscreen mineral dengan SPF di atas 30. 

6. Menggunakan produk bersifat biomimetik

Produk biomimetik adalah produk yang meniru bahan alami yang diproduksi oleh kulit. Dengan menggunakan produk biomimetik seperti ceramide, peptida, asam hialuronat, dan asam amino, produk skincare akan bekerja lebih efektif dengan menembus lebih dalam ke kulit.

“Dengan menggunakan bahan-bahan yang meniru kandungan alami yang diproduksi oleh kulit, perawatan kulit biomimetik membantu kulit awet muda,” kata Natacha.

7. Pertimbangkan konsumsi suplemen NAD+

Suplemen NAD+ (Nicotinamide Adenine Dinucleotide) adalah koenzim yang ditemukan di setiap sel dan terlibat dalam lebih dari 500 proses biologis termasuk metabolisme, produksi energi, dan perbaikan sel. Kandungan bahan ini mendukung semua fungsi penting dari sel pada kulit. 

NAD sebenarnya diproduksi alami oleh tubuh, namun seiring bertambahnya usia, kandungan NAD akan semakin berkurang. Untuk itu, konsumsi suplemen ini akan membuat Bunda tampak awet muda.

8. Perlakukan kulit dengan lemah lembut

Apoteker asal Perancis yang berbasis di New York, Isabelle Bellis, mengajak Bunda untuk membayangkan kulit sebagai blus sutra favorit Bunda. Tentunya, Bunda akan memperlakukan baju berbahan sutra dengan lemah lembut, bukan? Seperti ini jugalah Bunda seharusnya memperlakukan kulit wajah.

Ahli kecantikan Perancis tidak merekomendasikan Bunda untuk melakukan eksfoliasi secara berlebihan. Rawat kulit dengan lemah lembut dan halus agar kulit senantiasa awet muda. Eksfoliasi jangka panjang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan mudah meradang.

9. Gunakan produk skincare secara minimalis

Natacha menjelaskan bahwa rangkaian skincare seharusnya tidak terlalu banyak mengandung produk dari banyak merek yang berbeda. Orang Perancis menyukai produk skincare yang sedikit namun multifungsi untuk meremajakan kulit. Bunda dapat memilih produk skincare utama seperti sunscreen, pelembab, masker, lip balm, dan pembersih muka untuk mendapatkan kulit wajah awet muda.

Bunda, itulah 9 cara memiliki wajah awet muda ala orang Perancis. Sangat mudah dilakukan di rumah, bukan? Selamat mencoba ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • Rahasia Kulit Glowing Dhini Aminarti, Rajin Pakai Skincare Sejak SMA Bun!
  • 7 Rahasia Kecantikan Anne Hathaway, Kunci Awet Muda dan Glowing
  • 10 Tanda-tanda Penuaan pada Bibir yang Jarang Disadari Wanita, Tidak Hanya Muncul Wajah Bun!

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment