Informasi Terpercaya Masa Kini

Wamenkeu Anggito Abimanyu Ungkap Instruksi Prabowo Ganti Seluruh Kendaraan Menteri dan Eselon I Jadi Mobil Maung Pindad

0 1

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu mengungkapkan Presiden Prabowo Subianto menginsrtuksikan agar seluruh mobil dinas menteri dan eselon 1 menggunakan kendaraan produksi dalam negeri.

Wakil Menkeu Sri Mulyani Indrawati itu mengatakan saat ini mobil dinas masih menggunakan Toyota Alphard dan bakal beralih ke Maung Pindad.

Anggito Abimanyu mengatakan peralihan akan dimulai pada pekan depan. “Minggu depan saya pakai mobilnya Maung Pindad, karena Pak Prabowo sudah bilang tidak ada impor untuk mobil eselon 1 dan menteri,” ujar Anggito Abimanyu dalam Rapat Terbuka Senat: Puncak Dies Natalis ke-15 Sekolah Vokasi UGM yang disiarkan daring, Senin 28 Oktober 2024.

Menurut dia, mobil buatan PT Pindad tersebut dianggap sebagai karya anak bangsa, karena sebagian besar komponennya mengandalkan produk lokal. “Kalau Anda lihat Pak Sigit (Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad), dia merancang mobil Indonesia dengan 70 persen produk dalam negeri,” ujar Anggito Abimanyu.

Menyitir laman resmi perusahaan, PT Pindad (Persero) mulai masuk pada pengembangan teknologi kendaraan bermotor pada tahun 1993 melalui program Mobil Nasional. Pindad telah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri dalam upaya untuk mengembangkan teknologi fungsi kendaraan, khususnya kendaraan tempur untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional.

Sebelumnya, salah satu produk yang dihasilkan perusahaan, yakni MV3 Garuda Limousine, kendaraan terbaru produksi industri pertahanan dalam negeri. Jenis ini digunakan oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024 – 2029 di Gedung MPR/DPR RI pada Ahad, 20 Oktober 2024 lalu.

Sementara kendaraan Maung MV3 Pope Mobile yang juga buatan PT Pindad sempat mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat Misa Akbar yang akan dihadiri sekitar 90 ribu umat Katolik pada Kamis, 5 September 2024 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, Anggito Abimanyu tidak merinci mobil jenis apa yang nantinya bakal dipakai anggota kabinet dan jajarannya.

Pilihan Editor: Ide Food Estate Prabowo Mulai Dijalankan, Kemenkeu Siapkan Anggaran untuk Cetak 3 Juta Hektare Sawah

Leave a comment