Informasi Terpercaya Masa Kini

Seragam Kontingen Mongolia di Olimpiade 2024 Disebut Jadi Favorit Netizen

0 11

Menyambut kehadiran Olimpiade 2024, setiap negara peserta berlomba-lomba memamerkan seragam nasional terbaiknya. “Kompetisi fashion” di pesta olahraga dunia ini tampaknya dimenangkan oleh Mongolia, yang menghadirkan seragam memukau dengan sentuhan kental budaya nasional.

Pada Kamis (18/7), Instagram resmi Olimpiade mengunggah foto deretan seragam nasional. Para netizen pun sontak memuji tampilan seragam Mongolia yang dirancang oleh Michel & Amazonka. Michel & Amazonka merupakan jenama fashion lokal Mongolia yang sudah tiga kali merancang seragam Olimpiade untuk negara Asia Timur tersebut.

Dilansir CNN, seragam kontingen Mongolia tersebut akan dikenakan oleh para atlet di pembukaan dan penutupan Olimpiade Paris, tepatnya pada 26 Juli dan 11 Agustus 2024.

Sarat akan budaya nasional dan keeleganan

Sekilas, seragam Mongolia terlihat seperti baju zirah dengan detail yang indah dan rumit. Ternyata, busana ini mengambil siluet baju tradisional Mongolia, bernama deel. Deel adalah baju panjang yang memiliki detail kerah tinggi, lengan panjang, dan bawahan yang menjuntai hingga bawah lutut.

Yang menjadi sorotan dari seragam ini adalah vest alias rompinya. Rompi tersebut hadir dalam dua warna, yakni putih gading untuk atlet perempuan dan navy untuk laki-laki.

Dihiasi oleh bordiran dari benang berwarna emas, rompi ini mengawinkan elemen budaya nasional Mongolia dan keeleganan. Bordiran pada rompi ini menggambarkan unsur-unsur khas Olimpiade, seperti logo lima cincin Olimpiade dan obor olimpiade. Selain itu, rompi ini juga menampilkan bordiran simbol-simbol tradisional, seperti gunung, awan, dan Gua-Maral, sosok rusa dari cerita legenda Mongolia.

Rompi ini juga dilengkapi dengan list berwarna merah dan biru yang mengikuti siluet rompi. Dua warna ini merepresentasikan warna bendera nasional Mongolia. Dua desainer di balik jenama ini, Michel Choigaalaa dan Amazonka Choigaalaa, turut memasukkan simbol negara Mongolia, Soyombo, di seragam ini.

Para atlet perempuan Mongolia akan mengenakan baju ini bersama anting merah panjang dan tas serut yang dihiasi sulaman rumit. Seragam nasional ini juga dipadukan dengan sepatu khas Mongolia bernama gutal. Sepatu ini memiliki siluet unik, yakni melancip ke atas di bagian ujung depan.

Dilansir Independent, pembuatan satu baju ini memakan waktu hingga 20 jam. Dibutuhkan tiga bulan penuh untuk menyelesaikan seluruh koleksi ini, Ladies.

Dibanjiri pujian netizen

Seragam rancangan Michel & Amazonka ini langsung dibanjiri oleh pujian netizen. Bahkan, CNN Style menyebut seragam ini sebagai favorit netizen di Olimpiade Paris 2024.

Seorang kreator TikTok asal Australia bernama Bee Jamieson mengatakan, seragam ini tampak dirancang dengan penuh perhatian. “Pengerjaan detailnya sangat indah. Tampaknya seluruh bagian di seragam ini benar-benar dipikirkan secara mendalam,” kata Bee.

Vibes-nya kayak era kerajaan gitu, keren sih, asli,” ucap seorang pengguna Instagram di kolom komentar unggahan Instagram kumparanWOMAN.

“Seragam ini terlihat sangat bagus. Sangat berbeda. Ini gaya yang sangat menonjol untuk perhelatan olahraga di panggung dunia,” ucap pengguna lainnya di kolom komentar unggahan Instagram Michel & Amazonka, @michelamazonka.

“Keterampilanmu sangat luar biasa. Gengis Khan akan merasa sangat bangga,” ucap pengguna lainnya.

“Medali emas untuk ini,” tulis seorang pengguna.

Leave a comment