Informasi Terpercaya Masa Kini

9 Cara Membuka Sandi HP yang Lupa

0 3

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah membawa tingkat keamanan pada setiap produknya menjadi lebih baik. Saat ini, proses pengamanan ponsel sudah mencakup berbagai pilihan, mulai dari penggunaan kunci konvensional, sidik jari, hingga pola atau kata sandi tertentu.

Keamanan HP sangat bergantung pada password yang berperan sebagai penghalang utama untuk melindungi data pribadi pengguna. Akses ke informasi sensitif seperti pesan, foto, dan akun online dapat dijamin keamanannya dengan kata sandi.

Ragam opsi keamanan tersebut bertujuan agar privasi yang disimpan di dalam ponsel tidak dapat diakses oleh siapapun selain pemiliknya. Namun, dalam beberapa situasi, pengguna seringkali lupa kata sandi yang digunakan pada ponsel mereka.

Situasi ini menyebabkan ponsel terkunci secara otomatis ketika kata sandi tidak dapat diingat. Beberapa ponsel bahkan memiliki batasan percobaan membuka kunci dengan jumlah maksimal.

Kendala ini dapat diatasi segera dengan melihat cara membuka sandi HP yang lupa sebagai berikut. Simak dan perhatikan cara-cara berikut dengan seksama.

  9 Cara Membuka Sandi HP yang Lupa Cara Membuka Sandi HP yang Lupa (Pexels)    

Untuk mengatasi lupa kata sandi pada ponsel, terdapat beberapa metode yang dapat dicoba. Simak penjelasan mengenai cara membuka sandi HP yang lupa sebagai berikut.

1. Menggunakan Android Device Manager atau Find My Device

Cara membuka sandi HP yang lupa pertama adalah dengan Android Device Manager atau Find My Device. Kunjungi situs resmi Android Device Manager di https://www.google.com/android/find.

Kemudian, masukkan akun Google yang terkait dengan HP yang terkunci. Pilih opsi “Kunci” atau “Lock“. Masukkan kata sandi baru dan konfirmasikan. Buka HP dengan menggunakan kata sandi yang baru diatur sebelumnya.

2. Menggunakan Samsung Find My Mobile

Untuk HP Samsung bisa dengan memakai Samsung Find My Mobile. Kunjungi situs resmi Samsung Find My Mobile di https://www.findmymobile.samsung.com/ atau unduh aplikasi Samsung Find My Mobile.

Buat dan login ke akun Samsung Anda. Berikutnya, pilih opsi “Lock my screen” pada menu sebelah kiri. Masukkan kata sandi baru dan klik tombol “Lock“. Tunggu beberapa menit, dan kata sandi lockscreen HP akan diubah sesuai dengan yang diatur sebelumnya.

3. Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Setiap HP menyediakan fitur Forgot Pattern. Fitur ini dapat digunakan sebagia cara membuka sandi HP yang lupa.

Masukkan kata sandi secara acak selama 5 kali. Tunggu hingga muncul pesan “Coba lagi dalam 30 detik”. Pilih “Forgot Pattern” dan lakukan prosedur untuk memulihkan dengan pertanyaan keamanan atau akun Google.

Cara Membuka Sandi HP yang Lupa (Pexels)     4. Menggunakan Bantuan HP Lain

Pengguna dapat memakai HP lain untuk membuka perangkat yang terkunci. Siapkan HP lain dan hubungi nomor telepon HP yang terkunci. Angkat panggilan dan tekan tombol Home. Ubah pola atau kata sandi pada HP yang terkunci.

5. Melakukan Factory Reset

Ada pula cara membuka sandi HP yang lupa adalah dengan Factory Reset. Caranya yakni matikan HP. Kemudian, hidupkan kembali dengan menekan tombol volume up + home + power secara bersamaan.

Pilih opsi “Wipe Data” atau “Factory Reset” menggunakan tombol volume. Tekan tombol power untuk konfirmasi. Pilih “Reboot system now” setelah proses selesai.

6. Memanfaatkan Mode Aman (Safe Mode)

Cara membuka sandi HP yang lupa berikutnya yakni dengan menekan tombol power hingga muncul pilihan restart, power off, dan reboot to safe mode. Pilih “reboot to safe mode” dan tekan OK.

Uninstall aplikasi lockscreen dari pihak ketiga yang menyebabkan masalah. Berikutnya, restart HP untuk keluar dari safe mode.

7. Membuat Crash Lockscreen

Cara lainnya yakni dengan menggunakan panggilan darurat pada lockscreen. Masukkan 10 tanda bintang di antarmuka dialer.

Copy dan paste tanda bintang hingga muncul opsi untuk memasukkan kata kunci. Tekan lama bagian input dan paste. Ulangi proses untuk membuat crash lockscreen.

Cara Membuka Sandi HP yang Lupa (Pexels)     8. Memanfaatkan Aplikasi Find My Device

Manfaatkan pula aplikasi Find My Device di iPhone. Buka aplikasi Find My Device. Pilih perangkat yang terkunci. Pilih menu “Lock” dan ikuti petunjuk untuk mendapatkan kode baru. Gunakan kode tersebut untuk membuka lockscreen.

9. Memanfaatkan Google Smart Lock

Google Smart Lock juga dapat digunakan oleh para pengguna. Pastikan fitur Google Smart Lock diaktifkan. Sambungkan HP ke perangkat atau jaringan yang terhubung dengan Google Smart Lock.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara membuka sandi HP yang lupa. Meskipun beberapa cara di atas dapat membantu membuka kunci HP yang lupa, tetapi perlu diingat bahwa langkah-langkah tersebut dapat berbeda tergantung pada merek dan model HP yang digunakan.

Selain itu, melakukan Factory Reset akan menghapus semua data yang ada di dalam HP. Oleh karena itu, gunakan metode dengan bijak sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Leave a comment