Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Alasan di Balik Kulit Kering dan Gatal,Begini Cara Mencegahnya

0 2

TRIBUNHEALTH.COM – Berikut alasan mengapa kulit Anda kering dan gatal. 

Kulit kering dan gatal membuat Aanda merasa kurang nyaman. 

Kondisi kulit kering dan gatal merupakan masalah umum yang membuat kulit nampak bersisik dan pecah-pecah. 

Masalah ini bisa disebabkan oleh gaya hidup, faktor lingkungan dan gangguan kulit seperti psoriasis. 

Kabar baiknya, ada pengobatan rumahan yang bisa meredakannya. 

Kulit kering, juga dikenal sebagai xerosis, ditandai dengan kulit kasar, bersisik, dan gatal. Hal ini terjadi karena gangguan pada fungsi stratum korneum (lapisan kulit paling superfisial). 

Baca juga: 9 Manfaat Diet Seimbang bagi Kesehatan, Pastikan Semua Nutrisi Tercukupi

Ada perubahan komposisi lipid lapisan ini dengan diferensiasi epidermis dan dehidrasi, yang menyebabkan terganggunya fungsi penghalang kulit dan pengurangan faktor pelembap alami (NMF) di dalam kulit, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Allergology International

Kondisi ini dapat menyebabkan kulit tidak sedap dipandang, tidak nyaman, gatal, dan dapat mengganggu penyembuhan luka.

Penyebab Kulit Kering dan Gatal 

Merangkum Health Shots, berikut penyebab kulit kering dan gatal: 

1. Dermatitis Kontak 

Dermatitis kontak dikenal juga sebagai eksim kontak, yakni kondisi kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi terhadap zat yang bersentuhan dengan kulit, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di StatPearls.

Iritan umum yang dapat menyebabkan dermatitis kontak meliputi:

  • Nikel: Ditemukan dalam perhiasan, koin, dan beberapa kancing pakaian.
  • Pewangi: Terdapat dalam banyak produk, termasuk sabun, parfum, dan losion.
  • Bahan iritan: Bahan kimia keras, sabun, deterjen, dan pelarut.
  • Lateks: Ditemukan pada sarung tangan, balon, dan produk lainnya.

Baca juga: Tips Apa Saja Dok yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Menjaga Kesehatan Mata?

Bila seseorang yang menderita dermatitis kontak bersentuhan dengan salah satu zat ini, kulitnya akan menjadi meradang dan kering. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal yang hebat, ketidaknyamanan, dan bahkan kulit pecah-pecah atau terkelupas.

2. Eksim Atopik 

Eksim atopik, juga dikenal sebagai dermatitis atopik. 

Dermatitis atopik yakni kondisi kulit kronis yang sering menyebabkan kulit kering dan gatal. 

Kondisi ini ditandai dengan bercak-bercak kulit merah dan meradang yang mungkin berkerak, bersisik, atau mengeluarkan cairan, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the American Medical Association

Eksim atopik yang digaruk terus-menerus bisa semakin merusak lapisan pelindung kulit, yang menyebabkan kulit kering, gatal, dan terjadi peradangan.

3. Dermatitis Seboroik 

Dermatitis seboroik ialah  kondisi kulit yang ditandai dengan bercak-bercak kulit merah dan bersisik. 

Kondisi ini sering kali memengaruhi area dengan konsentrasi kelenjar minyak yang tinggi, seperti kulit kepala, wajah, dan dada. 

Baca juga: Risiko Turun Peranakan Setelah Berapa Kali Melahirkan? dr. Asih Anggraeni Sp.OG Jelaskan Ini

Pengelupasan dan kekeringan yang berlebihan akibat dermatitis seboroik bisa menyebabkan rasa gatal dan tidaknyaman yang hebat. 

Pada kasus yang parah, kondisi ini juga memengaruhi alis, kelopak mata, dan belakang telinga.

4. Psoriasis 

“Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan kulit tumbuh terlalu cepat. Pertumbuhan yang cepat ini menyebabkan terbentuknya bercak-bercak tebal dan bersisik. Bercak-bercak ini dapat terasa gatal, nyeri, dan terkadang bahkan memalukan. Pertumbuhan kulit yang berlebihan pada psoriasis juga mengganggu lapisan alami kulit Anda, yang menyebabkan kulit kering dan iritasi,” kata dr. Sowmya. 

Kulit kering bisa memperparah rasa gatal dan membuat kondisi tersebut semakin tidak nyaman. Selain itu, orang dengan psoriasis mungkin lebih rentan terhadap infeksi karena retakan pada kulit, yang selanjutnya menyebabkan kulit kering dan semakin tidak nyaman.

Baca juga: Merokok Bisa Memicu Kanker Mulut? Begini Penjelasan drg. Erni Marliana Sp.PM

5. Faktor Lingkungan

“Faktor lingkungan berperan penting dalam menyebabkan kulit kering dan gatal. Iklim yang dingin dan kering dapat menyebabkan kulit kering secara signifikan, karena kelembapan yang rendah menghilangkan kelembapan kulit. Pemanas sentral dan AC juga dapat mengurangi kelembapan dalam ruangan, yang selanjutnya membuat kulit kering. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak lapisan pelindung kulit, yang menyebabkan kulit kering dan iritasi,” kata dr. Nitu, seorang dokter kulit. 

Iklim yang dingin dan kering bisa menyebabkan kulit kering secara signifikan karena kelembapan yang rendah bisa menghilangkan kelembapan kulit. 

Paparan bahan kimia dan iritan tertentu, seperti sabun, deterjen, dan pelarut yang keras, juga dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

6. Faktor Gaya Hidup 

Faktor gaya hidup dapat menyebabkan kulit kering dan gatal secara signifikan. “Terlalu sering mandi, terutama dengan air panas, dapat menghilangkan minyak alami kulit, yang menyebabkan kulit kering. Penggunaan sabun dan deterjen yang keras dapat semakin mengiritasi kulit dan menghilangkan kelembapan yang penting. Obat-obatan tertentu, seperti diuretik, kortikosteroid, dan retinoid, juga dapat menyebabkan kulit kering sebagai efek sampingnya,” kata dr. Nitu, seorang dokter kulit. 

Selain itu, mengabaikan penggunaan pelembab kulit secara teratur bisa menyebabkan kulit kering dan gatal.

Baca juga: Manfaat Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan, Tinggi Serat dan Rendah Kalori

Cara Mencegah Kulit Kering dan Gatal 

Berikut cara atau upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kulit kering dan gatal yang dijelaskan oleh dr.  Sowmya sebagaimana dilansir dari Health Shots: 

1. Melembapkan Secara Teratur 

Oleskan pelembap yang lembut dan bebas pewangi setelah mandi saat kulit masih lembap. Cari pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti gliserin, urea, atau ceramide, yang membantu mengunci kelembapan.

2. Batasi Waktu dan Suhu Mandi 

Mandi air panas terlalu lama mampu menghilangkan minyak alami kulit. Pilihlah mandi air hangat dengan waktu yang lebih singkat. Pertimbangkan untuk menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengiritasi.

Baca juga: Lebih Efektif Vitamin E atau Glutathione untuk Memutihkan Kulit? Ini Kata Ahli Gizi

3. Lindungi Kulit dari Faktor Lingkungan 

Saat cuaca dingin dan kering atau cerah pun, gunakan pelembap yang mengandung SPF. Maka kulit akan terlindungi dari sinar UV yang berbahaya dan membantu mencegah kulit kering.

4. Hindari Iritan dan Alergen 

Identifikasi zat apa pun yang dapat mengiritasi kulit dan  coba hindari. 

Zat-zat tersebut bisa mencakup sabun, deterjen, pewangi, atau kain tertentu yang keras. 

5. Tetap Terhidrasi 

Minum banyak air membantu menjaga kulit tetap terhidrasimulai dari dalam hingga terluar. Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari untuk menghidrasi kulit.

6. Pertimbangkan Kelembapan Udara 

Jika Anda tinggal di daerah beriklim kering, penggunaan pelembap udara tentu akan membantu menambah kelembapan udara yang bermanfaat bagi kulit. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter apakah penggunaan pelembap udara baik untuk kulit atau tidak.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Ikan Kod untuk Kesehatan, Baik untuk Kulit dan Rambut

 

Dapatkan Citra Natural Booster Body Serum Fresh Glow with 20X Niacinamide + Vitamin C & 20X Hyaluronic Acid  di sini

Citra Natural Booster Body Serum Fresh Glow with 20X Niacinamide + Vitamin C & 20X Hyaluronic Acid  untuk merawat dan memenuhi kebutuhan kulit badan dan wajahmu agar lebih glowing terhidrasi yang telah teruji secara klinis.

Citra Natural Booster Body Serum Fresh Glow menggabungkan kekuatan bahan alami pencerah dan bahan aktif Skincare terkini yang cepat menyerap dan tidak lengket.

– 100 persen Natural Aloe Extract, kaya akan Vitamin yang membuat kulit lembap, glowing dan terasa sejuk.

– Kekuatan 20x MENCERAHKAN dan 20X MELEMBAPKAN dari Skin Booster bahan aktif skincare terbaik* 20X NIACINAMIDE^ + VIT. C secara efektif mencerahkan & meratakan kulit belang serta 20X HYALURONIC ACID& yang membuat kulit lembab, terhidrasi dan kenyal.

– Dilengkapi dengan Long-lasting Premium Fragrance** dari inspirasi wangi Luxury Perfume yang tahan lama.

– Formula yang sangat ringan dan tanpa lengket dari Hydrating Light Gel yang menghidrasi kulit.

Multifunctional Gel, gel yang multifungsi untuk kebutuhan:

  • Pelembap tangan & tubuh
  • Pelembap wajah
  • Primer make-up
  • Sleeping mask
  • Skin soothing

 

Dapatkan Citra Natural Booster Body Serum Fresh Glow with 20X Niacinamide + Vitamin C & 20X Hyaluronic Acid  di sini

(TribunHealth.com/PP) 

Leave a comment