Informasi Terpercaya Masa Kini

Inovasi Baru Elon Musk, Bus Listrik Robovan dan Robot Optimus Asisten Rumah Tangga

0 2

KOMPAS.com – CEO Tesla, Elon Musk memamerkan sejumlah inovasi terbarunya dalam acara bertajuk “We Robot” yang digelar di Warner Bros Studio, California, Amerika Serikat pada Kamis (10/10/2024).

Dalam kesempatan itu, Musk meluncurkan robotaxi yang telah lama ditunggu-tunggu, yaitu Cybercab. Diperkirakan mobil ini akan mulai diproduksi pada 2026 mendatang dengan harga jual di bawah 30.000 dollar AS (Rp 467 juta).

Sambil menggunakan Cybercab, Musk memberi tahu para tamu yang hadir bahwa mobil ini tidak memiliki kemudi dan didukung dengan pengisian daya induktif serta teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang terbaru.

Berbeda dengan kendaraan Tesla tanpa awak sebelumnya, Cybercab dapat mengemudi sendiri tanpa perlu diawasi.

“Kami akan beralih dari mengemudi sendiri yang diawasi penuh ke mengemudi sendiri tanpa pengawasan, di mana Anda bisa tertidur dan bangun sampai tujuan,” ujar Musk, dikutip dari New York Post, Jumat (11/10/2024)

Namun, Cybercab bukan satu-satunya bintang utama dalam acara tersebut. Secara tidak terduga, Musk juga memperkenalkan dua terobosan baru lainnya, yaitu Robovan dan Optimus.

Baca juga: Chip Otak Elon Musk, Apa yang Perlu Kita Ketahui Tentang Neuralink?

Robovan, bus tanpa sopir

Musk menjelaskan, Robovan adalah sebuah van otonom dengan desain retro-futuristik yang dapat membawa hingga 20 orang sekaligus mengangkut barang-barang di dalamnya. Namun, pendiri dari Space X ini belum mengungkap rincian harga dan tanggal rilisnya.

Dilansir dari Business Insider (11/10/2024), Musk menggambarkan interior Robovan seperti pesawat ruang angkasa dengan tampilan kursi berwarna putih dan tambahan lampu LED biru yang memancar dari bagian atap.

Menurutnya, Robovan cocok digunakan sebagai bus sekolah, berkemah, maupun kendaraan kargo. Bahkan, juga bisa dijadikan sebagai apartemen studio.

Desain eksterior Robovan terinspirasi dari kereta api era Art Deco awal abad ke-20.

Kereta Art Deco diproduksi antara tahun 1920 dan 1930 dengan ciri khas desain geometris modern. Kala itu Kereta Art Deco dikenal akan perwujudan estetika dan kemewahannya.

Baca juga: Cerita Pasien yang Hidup dengan Chip Neuralink Elon Musk…

Optimus si robot pembantu rumah tangga

Dalam acara tersebut, para tamu juga dibuat takjub dengan sejumlah robot humanoid yang ikut berbaur dalam acara. Musk kemudian memperkenalkan robot itu sebagai Optimus.

Dalam tayangan video, para Optimus tampak menyajikan minuman dan mengenakan topi koboi serta celemek, ada juga yang memainkan gunting, kertas, batu, dan menari.

“Optimus ini akan berjalan di antara Anda. Anda juga bisa menyapa langsung dan mereka akan membuatkan minuman. Tolong bersikap baik kepada robot Optimus,” ucap Musk.

Dia melanjutkan, Optimus dapat melakukan apa saja dan bisa difungsikan sebagai robot pembantu rumah tangga, misalnya, membawa peliharaan jalan-jalan, mengasuh anak, dan memotong rumput.

Prototipe robot Optimus sebetulnya telah dipamerkan ke publik pada 2021 dan 2022, tetapi belum sempurna, sehingga tampak kaku saat bergerak.

Berbeda dengan yang ditampilkan pada acara ini, Optimus terlihat lebih natural saat melakukan beragam kegiatan.

Pada Juli lalu, Musk sempat mengungkapkan, Optimus akan diproduksi sebagian kecil untuk internal Tesla dan sebagian besarnya dijual pada 2026 mendatang.

Dia melanjutkan, Optimus akan dibanderol dengan harga antara 20.000 dollar AS (Rp 311,4 juta) hingga 30.000 dollar AS (Rp 467 juta).

Baca juga: Starlink Milik Elon Musk Resmi Beroperasi di Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a comment