Informasi Terpercaya Masa Kini

Olimpiade Paris 2024, Keberhasilan China Menjadi Kontingen “Bersih”

0 9

KOMPAS.com – Kontingen China telah berhasil mencapai target nol insiden kasus doping di Olimpiade Paris 2024.

Keberhasilan ini berkat langkah pemerintah China mempertahankan nol toleransi terhadap doping.

Baca juga: Daftar 35 Pemain yang Mengikuti Pemusatan Latihan Timnas U17 di Bali

Hingga 10 Agustus, 151 atlet China yang berkompetisi di 35 cabang olahraga (cabor) telah menjalani 214 tes doping, turun dari 230 tes yang dilakukan saat ajang Olimpiade Tokyo.

Hal ini mencerminkan pengakuan organisasi antidoping internasional terhadap karakter bersih para atlet China dan efektivitas tindakan antidoping China, kata Liu Guoyong, deputi kepala kontingen China.

Liu menekankan upaya komprehensif China dalam membangun ekosistem antidoping tim nasional yang bersih. 

Mereka berfokus pada kebersihan di berbagai aspek seperti tim nasional, fasilitas pelatihan, tim pendukung, makanan, obat-obatan dan nutrisi, dukungan eksternal, lingkungan sosial, proses kompetisi, dan standar etika, kesadaran diri para atlet China dan manajemen antidoping tim nasional telah ditingkatkan untuk mencegah risiko doping.

“Sistem kerja antidoping yang terstandardisasi, sistematis, dan prosedural untuk pelatihan dan kompetisi telah ditetapkan,” kata Liu.

Pemerintah China menekankan pentingnya meraih medali emas untuk integritas moral, sportivitas, dan kompetisi yang bersih, mempertahankan sikap tegas “nol toleransi” terhadap kasus doping.

Data menunjukkan bahwa pada 2023, Pusat Antidoping China melakukan lebih dari 33.000 tes doping, melampaui 10 persen dari total global.

Menurut Liu, jumlah pelanggaran doping menurun dari 92 kasus pada 2017 menjadi 30 kasus pada 2023, dengan tingkat pelanggaran turun dari 0,53 persen menjadi 0,09 persen.

“Kami juga akan memperluas pengalaman tata kelola antidoping yang sukses di bidang olahraga kompetitif ke bidang olahraga pemuda, olahraga sosial, dan olahraga profesional untuk lebih mendorong pengembangan berkualitas tinggi dari upaya antidoping China di seluruh bidang dan mempertahankan upaya untuk menjadikan China sebagai kekuatan olahraga,” ujar Liu.

Kontingen China untuk Olimpiade Paris, yang terdiri dari 404 atlet yang bertanding dalam 232 nomor atau kelas pertandingan di 30 cabor. 

Mereka berhasil meraih 40 medali emas, 27 perak, dan 24 perunggu.

Raihan ini menandai pencapaian terbaik kontingen China dalam Olimpiade yang digelar di luar negeri sejak berpartisipasi secara komprehensif dalam Olimpiade Musim Panas pada 1984.

Leave a comment