Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Keuntungan Pakai Jasa Wedding Planner untuk Pernikahan

0 2

JAKARTA, KOMPAS.comWedding planner (WP) adalah jasa perencana pernikahan yang siap membantu calon pengantin menyusun konsep pernikahan idaman.

Mereka akan membantu mencarikan dan membuat daftar vendor yang diperlukan, agar calon pengantin tak kewalahan menyiapkan pernikahan.

Perjalanan menuju pernikahan yang bebas stres tentu menjadi impian setiap calon pengantin.

Apabila masih ragu, ada sejumlah keuntungan dari menggunakan jasa WP. Apa saja?

Baca juga: Catat, 5 Hal yang Harus Disiapkan Jauh Sebelum Hari Pernikahan

Keuntungan memakai wedding planner 1. Bisa beraktivitas sehari-hari

CEO & Founder Shilo Planner & Organizer Daniel Budi mengatakan, jika memakai jasa wedding planner, calon pengantin bisa beraktivitas sehari-hari dengan lebih leluasa.

“Dari sisi waktu, calon pengantin lebih bisa fokus terhadap aktivitas mereka sehari-hari. Masih bisa tetap sibuk mengurus pekerjaan sehari-hari,” papar dia di Jakarta Wedding Festival (JWF) 2024, Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (31/8/2024).

2. Tidak stres

Dengan menggunakan jasa wedding planner, calon pengantin tidak akan merasa stres. Sebab, seluruh persiapan pernikahan sudah diurus wedding planner.

Mereka tidak perlu sibuk mencari-cari vendor venue, dekorasi, makeup, pakaian, makanan, atau dokumentasi pernikahan satu per satu.

Umumnya, wedding planner juga sudah memiliki daftar vendor yang bekerja sama dengan mereka, sehingga hanya perlu menyortir vendor yang cocok dengan selera calon pengantin.

3. Bisa menikmati acara

Beberapa wedding planner turut menyediakan jasa wedding organizer (WO) yang membantu kelancaran acara pernikahan.

Daniel menyebutkan, WO dapat membantu calon pengantin dan keluarga jika memerlukan sesuatu saat acara berlangsung.

“Enggak setiap hal jadi pikiran mereka, karena sudah dibantu oleh rekan-rekan WO. Tim WO akan menjadi perpanjangan tangan pengantin untuk menjalani tugas-tugas,” tutur dia.

Baca juga: Rencanakan Pesta Pernikahan, Pilih Vendor All Package atau Terpisah?

4. Lebih hemat waktu dan uang

Karena wedding planner sudah memiliki daftar vendor yang bekerja sama dengan mereka, otomatis harga setiap vendor berbeda dengan ketika kamu menanyakan langsung ke vendor.

Dengan kata lain, harga yang ditawarkan oleh vendor melalui wedding planner adalah harga kerja sama antara keduanya.

Harga juga bisa lebih murah apabila kamu memilih all package atau paket lengkap yang telah disusun oleh wedding planner.

“Lebih menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya. Biasanya WP itu merangkum package dengan harga khusus, harga kerja sama mereka dengan vendor,” jelas Daniel.

All package adalah paket resepsi yang sudah mencakup makeup dan pakaian untuk calon pengantin, orangtua, kakak atau adik, dan pagar ayu.

Kemudian dekorasi, makanan dan minuman, kotak amplop, meja, kursi, hingga dokumentasi yang mencakup foto dan video. Bahkan, ada pula yang menyediakan venue dan layanan photobooth.

“Kalau mencari vendor satu per satu, pasti harganya beda-beda. Harganya lebih murah di WP, karena antara mereka dengan vendor sudah ada ikatan kerja sama, sehingga memberikan penawaran khusus,” pungkas Daniel.

Baca juga: Berapa Bulan Idealnya untuk Mempersiapkan Pernikahan?

Leave a comment