Informasi Terpercaya Masa Kini

HP Umumkan Z by HP Boost, Solusi Berbagi GPU untuk Pengembang AI

0 2

KOMPAS.com – Salah satu kendala dalam membangun model kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) adalah alokasi sumber daya GPU atau graphic processing unit

GPU ini dibutuhkan untuk menangani proses komputasi skala besar secara paralel, yang dibutuhkan untuk menjalankan algoritma AI dan machine learning.

Nah, perusahaan produsen komputer, Hewlett Packard Inc. (HP Inc.) menawarkan solusi untuk kendala tersebut, dengan meluncurkan software (perangkat lunak baru) yang disebut Z by HP Boost. Software ini merupakan bagian dari solusi HP AI Creation Center.

Software ini dirancang untuk memberikan kemampuan bagi para pengembang AI untuk berbagi sumber daya GPU di beberapa PC workstation HP.

Z by HP Boost diperkenalkan dalam rangkaian acara “HP Imagine 2024” di Palo Alto, San Francisco, AS yang dihadiri langsung oleh jurnalis Kompas.com, Reska Nistanto.

Baca juga: HP Umumkan Lini Laptop AI Seri OmniBook dan EliteBook Terbaru

Menurut HP, solusi yang dimiliki Z by HP Boost adalah yang pertama, yang menawarkan “akses instan ke sumber daya GPU” bagi para pengembang.

“Dengan Z by HP Boost, setiap workstation HP kini menjadi sumber daya yang bisa digunakan bersama,” ujar Alex Cho, President Personal System HP Inc. di kantor pusatnya di Palo Alto, AS, Selasa (24/9/2024).

Hal ini memungkinkan mereka untuk menangani komputasi yang rumit dan mengelola dataset besar dengan lebih mudah dan fleksibel.

HP Boost bertujuan untuk menawarkan kepada perusahaan cara yang lebih efisien dalam mengalokasikan dan memaksimalkan penggunaan sumber daya GPU.

Cara kerja Z by HP Boost

Z by HP Boost memungkinkan workstation HP berbagi sumber daya GPU di seluruh jaringan. Pengembang dapat mengakses sumber daya GPU dari workstation mana pun, tanpa memerlukan GPU dedicated berkinerja tinggi pada masing-masing sistem.

Solusi ini menyediakan akses instan ke sumber daya GPU untuk tugas-tugas yang membutuhkan komputasi intensif, seperti pelatihan model pembelajaran mendalam, analisis data, dan simulasi skala besar.

Pengguna dapat memanfaatkan daya komputasi yang diperlukan saat dibutuhkan, sehingga meningkatkan efisiensi.

Z by HP Boost juga diklaim membantu perusahaan mengoptimalkan alokasi GPU mereka dengan memastikan bahwa sumber daya GPU digunakan sepenuhnya di berbagai tugas dan tim.

Baca juga: Riset: AI dan Pengalaman Kerja yang Personal Tingkatkan Kebahagiaan Karyawan

Hal ini mengurangi kebutuhan investasi yang berlebihan pada perangkat keras GPU atau ketergantungan pada layanan cloud yang mahal untuk komputasi GPU.

Dengan berbagi daya GPU di seluruh workstation, memungkinkan penyelesaian tugas yang membutuhkan daya pemrosesan yang besar dengan lebih cepat.

Pengembang dapat menjalankan beban kerja AI yang kompleks dan komputasi yang membutuhkan banyak data dengan lebih efisien.

Selain itu, Z by HP Boost juga bisa mengurangi ketergantungan pada layanan GPU cloud, yang bisa jadi mahal bagi perusahaan.

Selain itu, HP juga memperkenalkan Z by HP Gen AI Lab, sebuah tools yang ditujukan untuk membantu para pengembang menciptakan model AI yang dapat dipercaya.

Baca juga: Di Jakarta, CEO HP Buka-bukaan soal Laptop Bertenaga AI

Gen AI Lab memiliki lapisan kepercayaan unik yang mendeteksi dan mengurangi bias pada model AI, sebuah fitur yang dikembangkan melalui kerja sama dengan startup Galileo.

Z by HP Boost diperkirakan akan tersedia mulai awal tahun 2025, dengan peluncuran awal di AS dan Inggris.

Leave a comment