Informasi Terpercaya Masa Kini

Debat Pilpres AS 2024: Ini Jawaban Trump Ketika Ditanya Apakah Ingin Ukraina Menang Lawan Rusia

0 4

PHILADELPIA, KOMPAS.com – Perang Rusia-Ukraina yang telah dimulai sejak Februari 2022 turut disinggung dalam debat Pilpres AS 2024 di Philadelpia pada Selasa (10/9/2024) malam waktu setempat.

Dalam forum tersebut, mantan Presiden Donald Trump kembali sesumbar bahwa ia dapat menyelesaikan perang Rusia-Ukraina dalam waktu 24 jam jika ia terpilih kembali menjadi Presiden AS.

Ketika ditanya oleh moderator debat dari ABC News, David Muir, bagaimana ia akan mengakhiri perang dan apakah ia ingin Ukraina memenangkan perang melawan Rusia, Trump menjawab, “Saya ingin perang dihentikan. Jutaan orang terbunuh”.

Baca juga: Debat Pilpres AS 2024: Beda Pandangan Harris dan Trump soal Perang Israel-Hamas

Ia kemudian mengemukakan keyakinan bahwa pemerintahan Biden tidak meminta NATO untuk berinvestasi atau berperang lebih banyak dalam perang.

“Biden dan Anda (mengacu pada Wakil Presiden Kamala Harris) tidak memiliki keberanian untuk meminta Eropa seperti yang saya lakukan terhadap NATO,” kata Trump, seraya menambahkan bahwa mereka harus dipaksa untuk ”menyamakan kedudukan”.

“Dengan demikian, saya ingin menyelesaikan perang ini,” katanya.

Trump melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia memiliki hubungan yang baik dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Saya akan menyelesaikannya bahkan sebelum saya menjadi presiden,” katanya.

Ketika diminta mengklarifikasi pendiriannya mengenai apakah AS memiliki kepentingan utama bagi Ukraina untuk memenangkan perang, Trump mengatakan, “Saya pikir ini adalah kepentingan utama AS untuk menyelesaikan perang ini dan menyelesaikannya, menegosiasikan sebuah kesepakatan karena kita harus menghentikan semua nyawa manusia yang dihancurkan”.

Baca juga: Debat Pilpres AS 2024: Kamala Harris Kritik Larangan Aborsi Trump

Leave a comment