Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Membasmi Kecoak di Lemari Dapur

0 2

KOMPAS.com – Menemukan kecoak di dapur bisa jadi mimpi buruk, terutama jika kecoak tersebut masuk dan bersembunyi di lemari dapur. Jika demikian, kecoak bisa saja berkembang biak di dalam lemari dan akan semakin sulit untuk dibasmi.

Masalah ini harus segera diatasi. Kecoak tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga dapat membawa kotoran dan menjadi risiko kesehatan bagi para penghuni rumah.

Cara membasmi kecoak di lemari dapur

Untuk membasmi kecoak, pastikan bahan-bahan yang digunakan tetap aman bagi manusia. Mengutip Bob Vila, berikut adalah beberapa cara membasmi kecoak di lemari dapur.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Kecoak dari Rumah dengan Bahan Alami

1. Kosongkan dan bersihkan lemari dapur.

Untuk memulai proses membasmi kecoak di lemari dapur, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengosongkan lemari. Lalu bersihkan bagian dalamnya secara menyeluruh.

Buka semua pintu dan laci lemari untuk membantu melihat kotoran atau kelembapan yang mungkin menarik perhatian hewan pengganggu ini. Jika kecoak masuk ke wadah makanan, sebaiknya buang produk-produk tersebut.

Kemudian, bersihkan secara menyeluruh remah-remah kecil dan debu sebelum mengelap lemari. Selanjutnya, gunakan semprotan pembersih perabot atau campuran air panas dan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian dalam dan luar lemari.

Baca juga: Cara Membasmi Kecoak dengan Baking Soda

Gunakan kain pembersih atau tisu dapur dengan semprotan pembersih, atau rendam kain dalam campuran air panas dan sabun cuci piring.

Jika ingin menggunakan metode sabun dan air, gunakan kain kering dan bersih untuk mengeringkan lemari setelah semua bagian selesai dilap.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Kecoak Muncul di Dapur

2. Tutup semua celah dengan dempul

Membasmi kecoak bisa sangat menantang karena serangga tersebut dapat masuk melalui celah-celah terkecil. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan dempul untuk menutup setiap celah di dapur atau lemari.

Pilih dempul yang sesuai untuk area yang akan ditutup. Misalnya, jika ingin akan menutup celah di bawah wastafel, sebaiknya gunakan dempul kedap air.

Setelah mengaplikasikan dempul, gunakan alat pengikis atau apa pun yang tipis duntuk menghaluskan tonjolan dan memastikannya menutup retakan.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoak Pakai Bahan yang Ada di Rumah

3. Hilangkan semua sumber air

Air membantu kecoak tetap hidup, jadi ketika berkeliaran di rumah, mereka akan selalu mencarinya dari tumpahan atau kebocoran kecil di rumah.

Pipa dan keran yang bocor, biasanya jadi penyebab umum adanya genangan di dapur. Periksa juga bagian bawah wastafel untuk menentukan apakah area tersebut menarik perhatian kecoak di dapur.

Jika menemukan keran pipa yang bocor, segera perbaiki kebocorannya. Untuk keran yang rusak, bisa dengan menggantinya dan memasang keran baru untuk mencegah kebocoran lebih lanjut.

Baca juga: 7 Hal yang Dapat Menarik Kecoak Masuk ke Rumah, Singkirkan Segera!

4. Gunakan umpan gel

Untuk membasmi kecoak di lemari dapur, bisa dengan menggunakan umpan gel untuk diletakkan di lemari atau area lain tempat kecoak ditemukan.

Umpan gel lebih efektif daripada semprotan atau cairan. Umpan ini juga lebih aman karena larutannya tidak menyebar ke area sekitarnya.

Umpan gel dapat ditempatkan di bawah wastafel, di sepanjang bagian bawah lemari, dan di tempat-tempat lain yang biasa digunakan kecoak untuk bersembunyi.

Setelah kecoak bersentuhan dengan gel, mereka akan menyebarkannya ke kecoak lain, dan racun gel akan membasmi mereka secara bertahap.

Baca juga: Mengusir Kecoak Pakai Lemon, Apakah Ampuh?

5. Gunakan tanah diatom atau asam borat

Jika ingin cara efektif lain untuk membasmi kecoak, bisa dengan menggunakan tanah diatom dan asam borat. Tanah diatom terbuat dari batuan sedimen lunak yang terbentuk secara alami. Bahan ini dapat ditemukan di toko perkakas.

Taburkan tanah diatom di tempat kecoak terlihat sebelumnya. Bubuk ini bekerja dengan mengeringkan rangka luar serangga, yang kemudian akan membunuh mereka.

Meskipun bubuk tanah diatom tidak beracun jika tertelan, bubuk ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika terhirup. Jadi, usahakan untuk menjauhkan hewan peliharaan dan anak-anak dari ruangan yang diberi tanah diatom.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoak Pakai Daun Kemangi, Mudah dan Sederhana

Sementara itu, asam borat adalah insektisida yang umum digunakan dan dapat meracuni kecoak jika tertelan. Asam borat tersedia dalam bentuk bubuk dan dapat digunakan di celah-celah, lemari, atau permukaan yang sering dilalui kecoak.

Setelah asam borat mengenai tubuh kecoak, kecoak akan menelannya dan akhirnya mati. Bubuk ini dapat berbahaya jika menyebar ke piring, peralatan makan, atau wadah makanan yang terbuka, jadi gunakan dengan sangat hati-hati.

Karena asam borat dapat mengiritasi kulit, sebaiknya kenakan sarung tangan dan masker wajah saat menggunakannya.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoak di Rumah Pakai Saus Sambal

6. Jaga dapur tetap bersih

Setelah kecoak ditangani, sangat penting untuk menjaga dapur tetap bersih dan rapi untuk mencegah kecoak kembali. Pastikan semua wadah makanan di lemari tertutup rapat, seminimal mungkin sampah, dan pipa yang bocor segera diperbaiki.

Tindakan pencegahan dapat sangat membantu dalam menjaga dapur bebas dari semua jenis hewan yang mengganggu, terutama kecoak.

Leave a comment