Informasi Terpercaya Masa Kini

Momen “Veranda Talk” Jokowi dan Paus Fransiskus di Istana Merdeka…

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo dan pemimpin tertinggi gereja Katolik Paus Fransiskus melakukan pembicaraan empat mata di beranda Istana Merdeka Jakarta Pusat (veranda talk), Rabu (4/9/2024).

Veranda talk ini tampak berbeda dari biasanya. Dilansir dari tayangan Kompas TV, Paus tampak menggunakan kursi roda untuk menuju sisi beranda Istana tersebut, sebelum akhirnya duduk di kursi putih berhadapan dengan Presiden Jokowi.

Paus duduk di sebelah kiri, sedangkan Presiden Jokowi duduk di sisi kanan.

Baca juga: Warga Berkerumun untuk Lihat Paus Fransiskus, Polisi Ingatkan Jaga Barang Bawaan

Di tengah, seorang penerjemah sudah menyiapkan diri untuk menyampaikan pesan yang disampaikan masing-masing kepala negara.

Sementara itu, di sisi kanan Presiden Jokowi nampak Menteri Luar Negeri Retno L P Marsudi dan di sisi kiri Paus Fransiskus Menteri Luar Negeri Vatikan, Kardinal Pietro Parolin.

Adapun veranda talk dilaksanakan setelah Paus tiba di Istana Merdeka Jakarta dan disambut oleh Presiden Jokowi serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Mula-mula, Presiden dan Paus yang baru saja melakukan kegiatan foto bersama dan penandatanganan buku tamu di ruang utama Istana Merdeka menuju ke bagian beranda belakang Istana Merdeka.

Sambil berbincang-bincang, Presiden Jokowi dan Paus memberikan kesempatan kepada wartawan untuk mengabadikan momen keduanya.

Kunjungan Paus Fransiskus kali ini menjadi kunjungan yang bersejarah. Kunjungan sudah direncanakan sejak beberapa tahun yang lalu, namun sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Kunjungan Paus kali ini merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan Paus Paulus ke-6 pada 1970 dan kunjungan Paus Yohannes Paulus ke-2 tahun 1989.

Dalam kunjungan kali ini pula, Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan kenegaraan hingga pertemuan diplomatik.

Baca juga: Usai Upacara Penyambutan di Istana, Prabowo Hampiri Paus Fransiskus untuk Bersalaman

Sebelumnya diberitakan, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka, Jakarta pukul 09.35 WIB.

Pantauan Kompas.com, mobil Innova Zennix warna putih yang membawa Paus memasuki Gerbang Istana Merdeka dan langsung menuju ke halaman Istana dan berputar menuju halaman belakang Istana Merdeka.

Paus kemudian diterima oleh Presiden Jokowi di teras Istana Merdeka.

Kemudian, Presiden memperkenalkan para pejabat Indonesia yang ikut mendampinginya dalam menerima Paus, antara lain Menteri Pertahanan yang juga Presiden terpilih Prabowo Subianto Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Lalu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto.

Kemudian tampak Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Ignasius Jonan dan Uskup Agung Jakarta Kardinal Suharyo.

Leave a comment