Informasi Terpercaya Masa Kini

Simak 7 Tips Agar Makeup Awet Sepanjang Hari Untuk Ke Pesta!

0 4

Hadir ke pesta menjadi salah satu momen menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pesta ulang tahun, pesta perpisahan, pesta bersama kolega, pesta bridal shower, pesta pernikahan, pesta reuni, dan masih banyak lagi.

Well, tak jarang jika kita rela melakukan berbagai effort untuk tampil menawan saat datang ke pesta, terutama soal makeup

Apalagi, saat datang ke pesta kita akan bertemu banyak orang, dan ingin tampil all-out sebagai first impression terbaik di hadapan orang lain  tentu menjadi keputusan yang tepat. Meskipun ada kalanya, kita bisa mengalami ‘insiden’ kecil seperti makeup yang terlihat cakey, maskara yang mulai luntur usai berjam-jam ada di pesta, dan lainnya.

Tak perlu khawatir, karena kamu bisa tampil flawless dengan makeup awet sepanjang hari saat menghadiri pesta dengan mengikuti beberapa tips dari Cosmo berikut ini!

1. Aplikasikan Makeup dalam Kondisi Wajah yang Bersih

Sebelum mulai mengaplikasikan berbagai produk riasan ke wajah, pastikan kondisi wajah sudah bersih dari sisa-sisa kotoran. 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar makeup dapat menempel sempurna yakni dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash atau facial foam yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit masing-masing.

2. Skin Preparation

Setelah memastikan kondisi wajah sudah bersih, kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yakni skin preparation

Dalam step ini, kamu dapat menggunakan toner, moisturizer, hingga sunscreen jika akan pergi ke pesta di siang hari. Namun jika kamu akan datang ke pesta di malam hari, penggunaan sunscreen bisa dilewatkan.

Aplikasikan masing-masing dari produk skincare secara merata ke seluruh wajah hingga leher, dan biarkan skincare meresap selama beberapa saat.

Jika kamu terburu-buru dalam melakukan skin preparation, hal tersebut justru bisa berisiko makeup yang sulit menempel atau bahkan cracking. Oh no!

3. Gunakan Primer

Jika menginginkan makeup yang awet sepanjang hari, maka penggunaan primer tak boleh dilewatkan, Cosmo Babes. Ada beberapa jenis primer dalam riasan seperti face primer maupun eye makeup primer.

Untuk face primer sendiri, umumnya memiliki fungsi agar makeup lebih menempel ke kulit wajah, tidak membuat kulit wajah terlihat berminyak, mengisi pori-pori di kulit wajah agar makeup tampak flawless, serta memberikan hidrasi untuk kulit jika kamu memilih tipe hydrating face primer.

Penggunaan face primer sendiri bisa dilakukan sesuai kebutuhan, yakni diaplikasikan ke area-area wajah tertentu yang memproduksi minyak berlebih, pori-porinya tampak besar, atau area smile lines yang kerap mengalami cracking.

4. Pilih Base Makeup Sesuai Kebutuhan

Step yang satu ini mungkin terdengar tricky, namun kamu perlu hati-hati agar hasil makeup menjadi flawless dan awet seharian. Pastikan untuk memilih base makeup sesuai kebutuhan serta preferensi masing-masing. 

Ada banyak produk base makeup yang bisa dipilih seperti tinted moisturizer, face cushion, foundation, concealer, dan lainnya. Namun, untuk mendapatkan makeup yang tahan lama dan flawless, face cushion dan foundation merupakan dua pilihan base makeup yang bisa kamu pertimbangkan.

Setelah memutuskan memilih base makeup apa yang ingin digunakan, aplikasikan base makeup tersebut secara tipis-tipis sebagai permulaan. 

Kamu bisa menambah penggunaan produk secara step by step jika menginginkan coverage lebih tinggi. Trick yang satu ini akan membuat kamu terhindar dari resiko makeup cracking atau makeup yang terlihat terlalu heavy, Cosmo Babes!

5. Set Makeup dengan Bedak

Setelah base makeup diaplikasikan secara merata ke seluruh wajah, pastikan untuk set makeup menggunakan bedak. Step yang satu ini akan membuat hasil makeup lebih smooth, flawless, dan awet sepanjang hari!

Kamu bisa menggunakan loose powder atau bedak tabur tipis-tipis dan diratakan ke area-area di wajah. Selain itu, penggunaan loose powder ini akan membantu ‘menahan’ makeup agar tidak mudah meleleh, serta membuat makeup terlihat lebih menyatu.

6. Lengkapi dengan Waterproof Makeup Lainnya

Untuk melengkapi flawless makeup ke pesta, kamu bisa menggunakan produk-produk waterproof makeup lainnya, Cosmo Babes

Mulai dari waterproof mascara, waterproof lip product, hingga waterproof eye makeup lainnya. Selain itu, tambahkan juga penggunaan blush, contour, serta highlighter agar kamu semakin terlihat stunning saat menghadiri pesta!

7. Jangan Lewatkan Setting Spray

Last and most importantly, jangan lewatkan penggunaan setting spray untuk membuat makeup awet sepanjang hari.

Selain membuat makeup awet dan tahan lama, setting spray berfungsi sebagai pelindung agar makeup kamu stay in place tanpa khawatir tampak cracking, meleleh, atau luntur.

Kamu bisa memilih setting spray yang memberikan hasil akhir matte atau glow, sesuai dengan preferensi~

Leave a comment