Informasi Terpercaya Masa Kini

Dirumorkan Akan Rilis Bulan September 2024,Inilah Bocoran Spesifikasi iPhone 16

0 3

TRIBUNKALTIM.CO – Dijadwalkan untuk diluncurkan sekitar tanggal 10 September 2024, iPhone 16 akan membawa perubahan penting pada jajaran iPhone.

MacRumors telah mengungkapkan kabar terkini seputar iPhone 16, dimana model iPhone 16 akan dilengkapi chip yang lebih cepat, ukuran yang lebih besar untuk lini Pro, peningkatan pada kamera, dan kemungkinan adanya tombol baru.

Adapun ukuran iPhone 16 Pro Max menjadi 6,9 inci, menandai peningkatan ukuran pertama dalam beberapa tahun.

Perubahan ukuran akan terbatas pada model iPhone 16 Pro, dengan model iPhone 16 akan tetap berukuran sama dengan model iPhone 15.

Meskipun model iPhone 16 tidak akan menjadi lebih besar, mereka akan mendapatkan beberapa perubahan desain kecil berkat tombol tambahan.

Tetapi untuk sebagian besar, baik model iPhone 16 standar maupun model Pro akan terlihat seperti model iPhone 15 dan 15 Pro.

Selain itu, Apple dikabarkan tengah merancang chip seri A baru untuk jajaran iPhone 16, yang dibangun di atas node N3E 3 nanometer terbaru. 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak ulasan berikut.

Desain iPhone 16

Apple menguji beberapa desain untuk model iPhone 16 standar, tetapi akhirnya memutuskan untuk menggunakan sistem kamera yang sejajar vertikal dengan tonjolan kamera berbentuk pil.

iPhone sebelumnya menggunakan tonjolan kamera berbentuk persegi untuk mengakomodasi lensa diagonal, tetapi Apple mampu memperkecil tonjolan kamera dengan pengaturan lensa baru.

Tonjolan berbentuk pil tersebut menampung lensa Wide dan Ultrawide yang terpisah.

Mikrofon akan berada di samping lensa, sedangkan lampu kilat kamera akan berada di bagian belakang perangkat di luar tonjolan tersebut.

Di sisi kiri iPhone, Apple berencana mengganti tombol mute dengan tombol Action, dan model iPhone 16 akan menggunakan tombol yang sama dengan yang diperkenalkan pada model iPhone 15 Pro.

Tombol volume akan berada di bawah tombol Action.

Sisi kanan perangkat akan dilengkapi Tombol Pengambilan Gambar baru, yang akan ditempatkan di tempat antena mmWave berada pada model iPhone sebelumnya di AS.

Tombol ini terletak di tempat yang memudahkan penekanan saat iPhone dalam orientasi lanskap.

Apple berencana untuk memindahkan antena mmWave ke sisi kiri bawah iPhone 16.

Selain susunan lensa vertikal baru dan Tombol Ambil, model iPhone 16 akan memiliki desain umum yang sama dengan model iPhone 15 tanpa perubahan penting pada bentuk atau ukuran bodi.

Warna

Ada rumor yang beragam tentang pilihan warna untuk model iPhone 16. Salah satu rumor menyebutkan tujuh warna, termasuk biru, merah muda, kuning, hijau, hitam, putih, dan ungu.

Namun, analis Apple Ming-Chi Kuo yakin iPhone 16 akan tersedia dalam warna hitam, hijau, merah muda, biru, dan putih, tanpa pilihan ungu atau kuning.

Model tiruan iPhone 16 memperlihatkan pilihan warna yang dapat kita lihat untuk iPhone 16, menampilkan warna merah muda muda, warna hijau biru tua, dan biru cerah, disertai hitam dan putih.

Model iPhone 16 diharapkan akan menggunakan kaca belakang dengan warna yang sama seperti yang digunakan pada model iPhone 15.

Lapisan kaca belakang akan menampilkan efek buram yang kontras dengan warna bingkai utama.

MagSafe

Magnet penyelarasan MagSafe di model iPhone 16 mungkin lebih ramping dari sebelumnya, mengurangi ukuran cincin magnetik yang diperlukan untuk casing yang kompatibel dengan MagSafe.

Model Boneka

Sebelum peluncuran model iPhone baru, para pembuat casing mendapatkan bocoran dimensi dan spesifikasi perangkat yang akan datang dari pemasok Apple.

Informasi tersebut digunakan untuk membuat model tiruan untuk membuat casing, dan karena ada banyak uang yang terlibat untuk menjadi yang pertama mengeluarkan casing untuk perangkat baru.

Beberapa versi model iPhone 16 tiruan yang bocor pada bulan April memberikan gambaran jelas tentang perbedaan ukuran yang dapat kita harapkan dari jajaran iPhone 16.

Model Pro sedikit lebih tinggi dan lebih lebar, dan model iPhone 16 standar memiliki potongan kamera yang didesain ulang yang vertikal, bukan diagonal untuk sistem kamera dua lensa pada iPhone tersebut.

Ada beberapa perubahan pada desain kamera eksterior model iPhone 16 Pro, dengan Apple terus menggunakan tonjolan kamera persegi yang menampung tiga lensa.

Sisi kiri model tiruan memperlihatkan Tombol Aksi di keempat model, yang sesuai dengan rumor.

Sisi kanan menonjolkan Tombol Tangkap baru, yang sejajar dengan sisi perangkat, bukan menonjol seperti tombol volume dan daya.

Perubahan Ukuran untuk iPhone 16 Pro

Menurut beberapa sumber, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max diperkirakan akan memiliki ukuran layar yang lebih besar. 

Selain itu, iPhone 16 Pro akan memiliki layar berukuran 6,27 inci (dibulatkan menjadi 6,3), sedangkan iPhone 16 Pro Max diperkirakan akan memiliki layar berukuran 6,85 inci (dibulatkan menjadi 6,9).

Dengan peningkatan ukuran layar, dimensi bodi iPhone juga akan meningkat.

Kedua model diharapkan lebih tinggi dan lebih lebar daripada model iPhone 15 Pro, dan meskipun ketebalannya akan tetap sama, bobotnya akan sedikit meningkat karena ukurannya yang lebih besar.

Bentuk dan desain umum tidak akan diperbarui, tetapi bezelnya akan lebih ramping.

Teknologi Tampilan

Panel OLED iPhone 16 dapat menggunakan teknologi lensa mikro untuk meningkatkan kecerahan dan mengurangi konsumsi daya.

Rangkaian lensa mikro atau MLA menggunakan pola seragam miliaran lensa di dalam panel untuk mengurangi pantulan internal.

Cahaya yang dipantulkan meningkatkan kecerahan yang dirasakan tanpa meningkatkan konsumsi daya.

Layar OLED yang digunakan pada jajaran iPhone 16 akan lebih hemat daya berkat bahan yang lebih baik.

Apple menggunakan teknologi Border Reduction Structure (BRS) untuk beberapa model iPhone 16, yang diharapkan menghasilkan ukuran bezel yang lebih ramping.

BRS memungkinkan tata letak sirkuit di bawah layar yang lebih ringkas dan efisien, sehingga bezel lebih tipis tanpa memengaruhi kinerja layar.

Belum jelas apakah bezel yang lebih ramping akan terbatas pada model iPhone 16 Pro atau apakah itu akan menjadi perubahan yang diterapkan pada seluruh jajaran.

Mungkin ada beberapa perubahan kecil pada sistem Face ID di model iPhone 16, tetapi tidak jelas apa yang mungkin berbeda. 

Tombol

Apple berencana menambahkan dua tombol baru ke iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, satu yang akan menggantikan Mute Switch dan satunya lagi yang sepenuhnya baru.

  • Tombol Aksi

Model iPhone 15 Pro menyertakan Tombol Aksi, dan pada tahun 2024, Tombol Aksi tersebut diharapkan akan diperluas ke model iPhone 16 standar.

Tombol Aksi yang digunakan di seluruh jajaran iPhone 16 akan identik dengan Tombol Aksi iPhone 15 Pro.

  • Tombol Tindakan

Tombol Tindakan yang menggantikan tombol bisu tradisional, dapat menjalankan berbagai fungsi seperti mengaktifkan senter, menyalakan kamera, meluncurkan pintasan, mengaktifkan atau menonaktifkan mode fokus, menggunakan terjemahan, menghidupkan/mematikan mode senyap, dan masih banyak lagi.

  • Tombol Ambil

Tambahan Tombol ini terletak di sisi iPhone yang sama dengan tombol Daya, di ruang yang ditempati oleh antena 5G mmWave di Amerika Serikat.

Dengan penambahan tombol ini, lubang mmWave telah dipindahkan ke sisi kiri perangkat, di bawah tombol volume.

Meskipun tombol tersebut diharapkan bersifat mekanis dan bukan kapasitif, tombol tersebut akan mampu merespons tekanan dan sentuhan, serta memiliki beberapa kemampuan.

  1. Tekan perlahan tombol untuk fokus otomatis saat mengambil gambar atau video.
  2. Tekan tombol lebih keras untuk mengambil foto.
  3. Geser ke kiri dan kanan pada tombol untuk memperbesar dan memperkecil.
  4. Mungkin juga ada gerakan untuk beralih antara mode foto dan mode video, mirip dengan cara Anda merekam video dengan menekan dan menggeser di aplikasi kamera iPhone.

Tombol Ambil akan tersedia di keempat model iPhone 16, dan akan digunakan untuk mengambil foto dan video .

Chip Seri A

Kode di iOS 18 mengonfirmasi bahwa keempat model iPhone 16 akan menggunakan chip A18 generasi berikutnya yang sama , tetapi Apple masih dapat membedakan antara iPhone 16 dan iPhone 16 Pro.

Chip A18 dengan jumlah inti GPU yang lebih sedikit (baik yang digabungkan atau dinonaktifkan) dapat digunakan untuk model ‌iPhone 16‌, sementara chip dengan GPU yang lebih baik dapat digunakan untuk iPhone 16 Pro.

Chip tersebut bahkan dapat memiliki nama A18 dan A18 Pro yang berbeda.

Chip A18 generasi berikutnya yang direncanakan untuk model iPhone 16 Pro dapat menampilkan Neural Engine yang ditingkatkan dengan inti yang secara signifikan lebih banyak, yang memungkinkan peningkatan kinerja AI/pembelajaran mesin, ditambah lagi diharapkan memiliki ukuran die yang lebih besar .

Perbaikan Termal

Model iPhone 16 diharapkan akan menyertakan desain termal baru yang akan mengatasi panas berlebih.

Apple dikabarkan tengah mengembangkan sistem termal graphene untuk model iPhone 16, dan model iPhone 16 Pro juga mungkin menyertakan casing baterai berbahan logam yang akan meningkatkan pembuangan panas.

Grafena memiliki konduktivitas termal yang lebih tinggi daripada tembaga yang digunakan dalam penyerap panas iPhone.

Model iPhone 16 akan menyertakan lembaran grafit yang lebih besar di dalamnya untuk mengurangi panas dan mengatasi potensi panas berlebih dari chip silikon Apple.

RAM

Model iPhone 16 standar dapat ditingkatkan dengan RAM 8GB, naik dari 6GB pada model iPhone 15.

Dengan demikian, keempat model iPhone 16 akan menawarkan RAM 8GB.

Chip Modem 5G

Model iPhone 16 Pro dapat dilengkapi dengan modem Snapdragon X75 dari Qualcomm, yang memungkinkan konektivitas 5G yang lebih cepat dan lebih efisien.

Menurut Qualcomm, X75 menawarkan agregasi operator yang lebih baik, ditambah lagi transceiver 5G sub-6Ghz dan mmWave yang digabungkan menggunakan ruang papan sirkuit 25 persen lebih sedikit dan menggunakan daya hingga 20 persen lebih sedikit.

Qualcomm X75 mendukung standar 5G Advanced dengan peningkatan AI dan pembelajaran mesin untuk peningkatan 5G, sehingga Apple dapat memasarkan model iPhone 16 Pro sebagai memiliki konektivitas 5G Advanced.

Model iPhone 16 standar diharapkan menggunakan chip Qualcomm X70, yang merupakan chip yang sudah digunakan pada model iPhone 15.

Apple tengah berupaya mengembangkan chip modem dan pengaturan antenanya sendiri guna menghilangkan ketergantungan pada Qualcomm, tetapi chip modem Apple tersebut diperkirakan belum akan siap diluncurkan pada tahun 2024.

Analis Apple Ming-Chi Kuo yakin bahwa chip modem rancangan Apple akan hadir pada tahun 2025 .

Wi-Fi 7

Analis Apple Ming-Chi Kuo meyakini model iPhone 16 Pro dapat mengadopsi teknologi WiFi 7 generasi bersih, yang diharapkan dapat memberikan kecepatan setidaknya 30 gigabit per detik, dan dapat mencapai hingga 40 Gb/s.

Wi-Fi 7 juga mampu menggunakan saluran 320MHz dan mendukung teknologi modulasi amplitudo kuadratur (QAM) 4K, yang pada akhirnya memberikan kecepatan hingga 2,4x lebih cepat daripada Wi-Fi 6 dengan jumlah antena yang sama.

Wi-Fi 7 pada akhirnya akan memberikan kecepatan transfer maksimum yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan konektivitas yang lebih andal.

Sementara Wi-Fi 7 mungkin terbatas pada model iPhone 16 Pro, model iPhone 16 standar dapat ditingkatkan ke Wi-Fi 6E, yang mendukung pita Wi-Fi 6GHz.

Saat ini, Wi-Fi 6E terbatas pada model iPhone 15 Pro.

Port USB-C

Apple akan beralih ke teknologi USB-C dengan jajaran iPhone 15, dan diharapkan juga akan digunakan untuk model iPhone 16.

Kemampuan AI

Dengan iOS 18, Apple dikabarkan akan memperkenalkan fitur Siri baru yang didukung oleh model bahasa besar, dan beberapa fitur AI generatif yang canggih dapat dibatasi pada model iPhone 16 .

Menurut perincian yang dibagikan oleh seorang pembocor, iOS 18 akan menghadirkan banyak fitur LLM baru ke semua iPhone, tetapi fitur AI pada perangkat kemungkinan tetap eksklusif untuk iPhone 16.

Fungsionalitas AI iOS 18 yang diperbarui dapat mencakup interaksi yang lebih baik antara Siri dan aplikasi Pesan, daftar putar Apple Music yang dibuat secara otomatis, integrasi dengan aplikasi produktivitas untuk pembuatan konten dengan bantuan AI, dan banyak lagi.

Peningkatan Mikrofon

Model iPhone 16 diharapkan akan dilengkapi mikrofon yang lebih baik yang akan menyertai pengalaman Siri yang disempurnakan dengan AI.

Mikrofon tersebut akan memiliki ketahanan air yang lebih baik dan rasio signal-to-noise yang lebih baik yang akan meningkatkan pengalaman Siri secara signifikan, menurut analis Apple Ming-Chi Kuo.

Teknologi Kamera iPhone 16

Tidak ada perubahan yang diharapkan untuk kamera utama iPhone 16, dan akan tetap memiliki bukaan f/1.6.

Kamera Ultra Wide akan ditingkatkan dengan bukaan f/2.2, naik dari bukaan f/2.4 pada generasi sebelumnya.

Bukan yang lebih rendah akan meningkatkan kinerja dalam cahaya rendah.

Dengan penyempurnaan lensa Ultra Wide, model iPhone 16 dapat mendukung mode makro untuk pertama kalinya.

Akan ada juga Tombol Pengambilan khusus di sisi semua model iPhone 16 untuk mengambil gambar.

 Meskipun beberapa perubahan direncanakan untuk model iPhone 16 selain tombol baru, model iPhone 16 Pro akan mendapatkan kamera Ultra Wide 48 megapiksel baru yang secara signifikan akan meningkatkan kinerja dalam cahaya rendah.

Baterai

Rumor menyebutkan model iPhone 16 Pro akan menggunakan teknologi baterai bertumpuk, yang dapat menghasilkan kapasitas lebih tinggi dan masa pakai lebih lama.

Baterai bertumpuk umum digunakan pada kendaraan listrik dan perangkat medis, tetapi merupakan teknologi baru untuk telepon pintar.

Menurut rumor dari Tiongkok, iPhone 16 Pro akan mendukung pengisian daya kabel 40W dan pengisian daya MagSafe 20W.

Saat ini, model iPhone mendukung pengisian daya kabel hingga 27W dan pengisian daya MagSafe 15W.

 Belum jelas apakah rumor tersebut akurat.

Baterai iPhone 16 diharapkan memiliki casing baja tahan karat yang diperbarui yang memungkinkan kepadatan energi yang lebih tinggi, yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan kepadatan hingga 10 persen.

Itu dapat menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama, tetapi ini bukan fitur yang mungkin akan hadir di semua model iPhone 16.

 Undang-undang Uni Eropa mengharuskan produsen ponsel pintar membuat baterai yang dapat diganti oleh pemiliknya menggunakan alat yang mudah diakses, dan Apple perlu menerapkan dukungan tersebut paling lambat tahun 2025.

Apple berencana untuk mengadopsi metode penggantian baterai baru untuk setidaknya satu model iPhone 16, dengan membungkus baterai dalam logam, bukan foil.

Dengan voltase listrik yang rendah, baterai dapat dilepas dari rangka, yang akan menghilangkan kebutuhan akan perekat dan memudahkan perbaikan.

Rumor menunjukkan bahwa sebagian besar model iPhone 16 akan mengalami sedikit peningkatan dalam masa pakai baterai.

Tidak ada iPhone 16 Ultra

Dengan iPhone 16, Apple dapat memperkenalkan iPhone 16 “Ultra” kelas atas yang akan dijual bersama iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Perangkat tersebut akan diposisikan sebagai iPhone kelas atas, dan dapat dilengkapi dengan peningkatan kamera tambahan, layar yang lebih besar, dan bahkan mungkin desain tanpa porta.

 Meskipun ada rumor tentang kemungkinan iPhone 16 Ultra, tidak ada tanda-tanda perangkat tersebut dalam kode awal iOS 18.

Kode tersebut menunjukkan bahwa Apple hanya memiliki empat iPhone yang sedang dalam pengerjaan, termasuk dua model iPhone 16 standar dan dua model iPhone 16 “Pro”.

Harga

Harga komponen untuk model iPhone 15 standar mencapai rekor tertinggi, naik 16 persen dibandingkan dengan model iPhone 14.

Apple menanggung peningkatan biaya produksi untuk jajaran iPhone 15, tetapi Apple mungkin perlu menaikkan harga saat iPhone 16 diluncurkan untuk menghindari dampak pada pendapatan keseluruhan.

Tanggal Peluncuran iPhone 16

Model iPhone 16 dan iPhone 16 Pro akan dirilis pada bulan September 2024, dan rumor menyebutkan bahwa Apple akan mengadakan acara untuk memperkenalkannya pada tanggal 10 September 2024. 

Sedangkan peluncurannya dapat dilakukan pada hari Jumat, 20 September 2024.

Fitur iPhone Masa Depan

Teknologi ProMotion yang menambahkan kecepatan refresh hingga 120Hz ke layar iPhone diharapkan hadir pada model iPhone standar mulai tahun 2025.

Hingga tahun 2025, ProMotion akan terbatas pada iPhone “Pro” kelas atas.

iPhone 17 Pro Max yang akan hadir pada tahun 2025 dapat dilengkapi lensa Telefoto 48 megapiksel yang dioptimalkan untuk headset Vision Pro.

Rumor tersebut berasal dari analis Jeff Pu, yang tidak memberikan rincian tentang bagaimana lensa tersebut dapat berinteraksi dengan Vision Pro. Pu juga yakin iPhone 17 Pro akan menyertakan chip Wi-Fi 7 rancangan Apple .

 Ada rumor bahwa model iPhone 16 Pro dapat mengadopsi teknologi Face ID di bawah layar, tetapi informasi terbaru menunjukkan bahwa Face ID di bawah layar tidak akan hadir hingga tahun 2025 atau setelahnya.

Face ID di bawah layar akan memungkinkan ruang layar yang lebih dapat digunakan karena tidak diperlukan Dynamic Island secara penuh, tetapi akan tetap ada lubang kamera.

iPhone 17 tahun 2025 diperkirakan akan menyertakan kamera depan 24 megapiksel yang ditingkatkan yang akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dan kinerja dalam cahaya rendah.

Rumor menyebutkan bahwa model iPhone 17 akan dilengkapi layar anti-reflektif yang lebih tahan gores daripada Ceramic Shield.

Layar tersebut disebut memiliki lapisan “super keras” yang dapat menahan benturan lebih keras.

Dengan iPhone 18 2026, Apple kabarnya akan memiliki Face ID di bawah layar dan teknologi kamera depan di bawah layar, yang berpotensi memungkinkan desain tanpa lubang untuk perangkat keras kamera.

Ini akan menandai desain layar penuh pertama. (*)

Ikuti berita populer lainnya di Google News, Channel WA, dan Telegram.

Leave a comment