Informasi Terpercaya Masa Kini

Sumardji: Maarten Paes Belum Bisa Main Lawan Arab Saudi

0 6

Maarten Paes dipastikan belum bisa lakoni debut saat Timnas Indonesia melawan Arab Saudi di ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Jumat (6/10) dini hari WIB. Kiper milik Dallas FC itu berpeluang besar main saat lawan Australia.

Hal ini dikonfirmasi oleh Manajer Timnas Indonesia, Sumardji. Menurutnya, kepastian Paes bisa bela Indonesia sedikit terlambat dari jadwal pendaftaran pemain lawan Arab Saudi.

“Maarten Paes belum bisa dimainkan saat melawan Arab Saudi. Pendaftaran pemain untuk lawan Arab Saudi sudah ditutup pada 5 Agustus,” ucap Sumardji kepada kumparan, Rabu (21/8).

“Untuk pertandingan melawan Australia, bisa didaftarkan sebelum tanggal 3 September. Jadi, Maarten Paes bisa dimainkan saat kita melawan Australia,” tambahnya.

Paes dipastikan bisa bela Timnas Indonesia usai banding PSSI ke (Pengadilan Arbitrase Olahraga) diterima. PSSI membawa masalah Paes ke CAS terkait masalah statusnya yang pernah membela Belanda.

Jadi, Maarten Paes pernah membela Timnas U-21 Belanda pada November 2020 di kualifikasi Euro U-21, ketika usianya sudah 22 tahun. Pertandingan yang dimaksud adalah saat menang 5-0 atas Belarus.

Menurut regulasi FIFA, Paes tak bisa pindah federasi karena pernah bela Belanda di usia 22 tahun. PSSI mengajukan ini ke badan arbitrasi olahraga (CAS). Paes lebih dahulu disumpah WNI karena keperluan banding itu.

Namun, kini proses banding tersebut telah selesai. Maarten Paes sudah bisa membela ‘Merah-Putih’.

Leave a comment