Informasi Terpercaya Masa Kini

Beda Telur Ayam Coklat dan Putih, Mana yang Lebih Sehat?

0 4

KOMPAS.com – Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan pokok yang sering kita temui di dapur. Di pasaran, telur ayam umumnya tersedia dalam dua warna cangkang, yaitu coklat dan putih.

Meskipun sering digunakan dalam berbagai hidangan, masih banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan antara telur ayam coklat dan putih.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah warna cangkang mempengaruhi kesehatan dan kualitas telur?

Baca juga: Resep Kroket Ayam Wortel, Cocok untuk Bekal Anak Sekolah

Warna cangkang telur ditentukan oleh jenis ayam

Warna cangkang telur ditentukan oleh jenis ayam yang menghasilkannya. Ayam dengan gen tertentu cenderung menghasilkan telur dengan cangkang coklat, sementara jenis lainnya menghasilkan telur dengan cangkang putih.

Pigmen utama dalam cangkang telur coklat adalah protoporphyrin IX yang juga merupakan pigmen yang memberikan warna merah pada darah ayam.

Selain genetik, faktor-faktor seperti lingkungan, makanan, dan tingkat stres ayam juga dapat memengaruhi intensitas warna cangkang telur.

Apakah warna cangkang memengaruhi kandungan gizi?

Ada anggapan bahwa telur coklat lebih sehat dan alami dibandingkan telur putih, begitu pula sebaliknya.

Namun, fakta menunjukkan bahwa warna cangkang tidak berpengaruh pada kandungan nutrisi di dalam telur. Baik telur dengan cangkang coklat maupun putih memiliki kandungan gizi yang serupa, seperti protein, vitamin, dan mineral.

Baca juga: Rajawali Nusindo Pasok Telur dan Daging Ayam untuk Keluarga Risiko Stunting

Beberapa penelitian bahkan menegaskan bahwa warna cangkang tidak mempengaruhi kualitas dan komposisi nutrisi telur.

Yang lebih penting adalah kondisi lingkungan tempat ayam dibesarkan. Misalnya, ayam yang dibiarkan berkeliaran bebas di bawah sinar matahari atau ayam kampung, cenderung menghasilkan telur dengan kandungan vitamin D yang lebih tinggi.

Begitu pula dengan jenis pakan yang diberikan kepada ayam. Ayam yang diberi pakan kaya akan asam lemak omega-3, biasanya menghasilkan telur dengan kandungan omega-3 yang lebih tinggi.

Pengaruh warna cangkang terhadap rasa telur

Ada pula klaim bahwa telur dengan cangkang coklat memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan telur putih.

Namun, seperti halnya kandungan gizi, warna cangkang sebenarnya tidak berpengaruh pada rasa telur. Rasa telur lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jenis pakan, kesegaran, dan cara memasak.

Misalnya, ayam yang diberi pakan tinggi lemak cenderung menghasilkan telur dengan rasa yang lebih kaya. Selain itu, kesegaran telur juga memengaruhi cita rasanya.

Baca juga: Cara Menyuburkan Tanaman dengan Cangkang Telur

Telur yang disimpan terlalu lama dapat kehilangan sebagian dari cita rasanya, tetapi penyimpanan di suhu rendah dan stabil, seperti di lemari es, dapat membantu mempertahankan rasa.

Leave a comment