Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Bocoran iPhone SE 4, Bakal Mirip iPhone 16

0 5

Bisnis.com, JAKARTA – Apple Intelligence sedang mengembangkan iPhone SE 4 yang dikabarkan mirip dengan iPhone 16. iPhone SE memiliki karakteristik chipset teranyar dengan perangkat keras iPhone keluaran lama.

Apple Intelligence adalah fitur Apple terbaru yang memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Apple Intelligence juga memungkinkan pemilihan prioritas–dari surel hingga notifikasi biasa. Fitur ini memahami isi pesan dan mengidentifikasi tingkat kepentingannya untuk Anda.

Dilansir dari situs resmi Apple, Selasa (13/8/2024), sejumlah kegunaannya antara lain kecerdasan bahasa untuk membantu penyelesaian tugas, meringkas obrolan ruang chat, dan menyaring notifikasi untuk meminimalisasi gangguan.

Baca Juga : 3 Cara Menghapus Cache iPhone Paling Ampuh

Dilansir dari The Verge, branding iPhone SE selama ini jelas-jelas adalah untuk pengguna merek Apple dengan budget terbatas. Biasanya, pembeli iPhone SE tidak peduli dengan fitur terbaru, tetapi tetap mementingkan performa gawai yang terbaik serta merek yang elite.

Ini karena iPhone SE memiliki karakteristik chipset teranyar dengan perangkat keras iPhone keluaran lama. Contohnya, iPhone SE 3 yang rilis pada 2022 memiliki chipset Apple A15 Bionic, setara dengan iPhone 13. Namun, bodinya dibuat dari iPhone 8 yang sudah dianggap kuno pasca munculnya generasi iPhone X.

Baca Juga : : Apple Dikabarkan Bakal Rilis iPad Lipat dan iPhone Flip di 2026, Minat?

Berdasarkan berbagai bocoran, iPhone SE 4 menggunakan perangkat keras dari iPhone 14. Model ini juga dikabarkan memiliki OLED yang terlihat lebih tajam dan memenuhi gawai, tidak lagi seperti iPhone SE 3 dengan display layar yang sempit dilengkapi dengan home button.

WCCF Tech pun berasumsi bahwa iPhone SE 4 akan menggunakan chipset A18 untuk memungkinkan fitur Apple Intelligence bekerja. Chipset yang lebih tua tidak cukup kuat untuk fitur tersebut.

Baca Juga : : Terkuak! Ini Bocoran Tanggal Peluncuran iPhone 16

Dengan perangkat keras iPhone 14, hampir dipastikan iPhone SE 4 mendukung Face ID dan kabel charge USB-C. Perbedaannya hanyalah pada jumlah kamera. Pada foto bocoran desain iPhone SE 4, hanya terdapat satu kamera besar di bagian kiri belakang gawai. Di sisi lain, iPhone 14 memiliki 2 kamera.

Hal ini memunculkan banyak pertanyaan mengenai harga yang dipatok untuk iPhone SE 4. Generasi SE sebelumnya dirilis dengan harga mulai Rp7.999.000. Hingga 2 tahun setelahnya, harga yang tertera di toko reseller Apple terotorisasi di Indonesia masih sama.

Sementara itu, iPhone SE 2 keluaran 2020 sudah tidak dijual di pasaran Apple terotorisasi, walaupun baru dirilis empat tahun yang lalu. Bloomberg menyatakan, iPhone SE 4 ini diluncurkan untuk menjaga kestabilan penjualan Apple sebelum merilis lini iPhone selanjutnya.

Dengan chipset terbaru, fitur AI, dan bodi yang terbilang belum lama rilis, para penggemar gadget bertanya-tanya mengenai keberanian Apple dalam membanderol harga iPhone “budget” selanjutnya. 

Untuk telepon genggam dengan target audiens “kaum mendang-mending”, sepertinya iPhone SE 4 akan laku keras di pasaran jika dijual dengan harga relatif rendah. Namun, jika dijual terlalu murah, kemungkinan hal ini akan menurunkan penjualan iPhone 16 karena fiturnya yang begitu mirip.

iPhone 16 digadangkan akan memiliki fitur canggih selain Apple Intelligence. Melansir Hindustan Times, fitur tersebut antara lain:  chipset A18 Bionic, teknologi micro-lens pengatur pencahayaan layar dan penggunaan baterai, Dynamic Island, serta upgrade kapasitas baterai dan kecepatan charging.

Berdasarkan sejarah rilis Apple, iPhone 16 diduga akan diluncurkan pada September 2024. Maka, iPhone SE kemungkinan akan dirilis pada paruh awal 2025 untuk menjaga sales Apple. (Ilma Rayhana)

Leave a comment