Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bikin Badan Cepat Gemuk

0 11

Memiliki badan cepat gemuk menjadi permasalahan serius bagi sebagian perempuan. Tapi, tahukah Mama ada kebiasan tertentu yang sebenarnya sepele justru bikin cepat gemuk. 

Beberapa penyebab bisa saja dari kelebihan kalori. Melansir Harvard Health Publishing, kelebihan kalori disimpan di dalam seluruh tubuh sebagai lemak.

Tubuh menyimpan lemak ini di dalam sel lemak khusus baik dengan memperbesar sel lemak yang selalu ada di dalam tubuh atau dengan membuatnya lebih banyak. 

Selain itu, ada penyebab lainnya yang melatarbelakangi kondisi tubuh cepat gemuk. Berikut Popmama.com telah merangkum 7 kebiasaan sepele yang ternyata bikin badan cepat gemuk. Simak di bawah ini. 

1. Kurangnya aktivitas fisikPexels/Kampus Production

Aktivitas fisik membantu membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Ketika Mama tidak cukup aktif dan tidak membakar cukup kalori, kelebihan kalori ini dapat disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Aktivitas fisik juga membantu memperkuat jantung dan paru-paru, meningkatkan daya tahan kardiovaskular, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, olahraga dan aktivitas fisik dapat mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membantu mengatasi gangguan kecemasan dan depresi.

Melalui aktivitas fisik latihan kekuatan, dapat membantu Mama membangun dan mempertahankan massa otot yang sehat. Untuk menjaga berat badan yang sehat, ada baiknya untuk menjalani aktivitas fisik yang teratur.

2. Mengonsumsi minuman manisFreepik

Siapa yang suka mengonsumsi minuman atau makanan manis? Sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi makanan atau minuman manis berisiko menyebabkan peningkatan berat badan.

Minuman manis sering mengandung gula tambahan yang tinggi, menyumbang banyak kalori tanpa memberikan rasa kenyang yang berkelanjutan.

Ketika Mama mengonsumsi terlalu banyak kalori dari minuman manis dan tidak membakar kalori, kelebihan kalori ini dapat disimpan dalam tubuh sebagai lemak, yang akhirnya meningkatkan berat badan.

Beberapa minuman manis yang umumnya tinggi gula dan kalori ialah minuman bersoda, jus buah dengan tambahan gula, minuman energi, kopi dan teh manis, serta minuman olahraga. 

3. Mengonsumsi makanan cepat sajiFreepik/Freepik

Penyebab selanjutnya ialah hobi mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji cenderung mengandung banyak kalori dalam satu porsi.

Makanan cepat saji juga biasanya rendah serat, yang dapat membuat Mama merasa kurang kenyang dan lebih cenderung untuk makan lebih banyak.

Melansir WebMD, makanan cepat saji dapat membahayakan jantung. Ini karena kandungan natrium pada makanan saji yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. 

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko gagal jantung, serangan jantung, dan stroke. Beberapa jenis makanan cepat saji juga mengandung lemak trans yang menambah berat badan.

4. Makan tengah malamUnsplash/Joshua Ryder

Kebiasaan makan tengah malam yang tidak sehat dapat membuat berat badan Mama cepat naik. Makanan yang tinggi kalori, lemak, gula, dan garam dapat meningkatkan asupan kalori Mama secara keseluruhan.

Selepas makan langsung tidur juga dapat menghambat pencernaan dan metabolisme tubuh yang menyebabkan penumpukan kalori dalam bentuk lemak.

Jika Mama mengonsumsi makanan manis tinggi karbohidrat saat tengah malam, makanan yang tinggi karbohidrat dan gula cenderung memberikan peningkatan energi singkat dan gula darah yang naik. 

5. Mengonsumsi camilan tidak sehatFreepik/azerbaijan_stockers

Camilan tidak sehat sering kali mengandung banyak kalori, lemak jenuh, gula tambahan, garam, dan kurang dalam hal nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral.

Camilan tidak sehat juga cenderung kurang memberikan rasa kenyang, sehingga membuat diri kita ingin mengonsumsinya secara berlebihan. 

Mama lebih baik mengonsumsi camilan yang sehat sebagai gantinya. Untuk kesehatan jantung yang optimal, American Heart Association menganjurkan untuk mengonsumsi:

  • Tidak lebih dari 1.500 miligram natrium per hari.
  • Tidak lebih dari 6 sendok teh atau 100 kalori gula sehari untuk perempuan.

6. Kurang mengonsumsi sayur dan buahFreepik

Sayur dan buah-buahan kaya serat penting untuk menjaga perasaan kenyang dan mengontrol nafsu makan. Kekurangan serat dapat membuat Mama merasa lebih lapar dan cenderung makan lebih banyak.

Sayur dan buah-buahan mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan. Kurangnya sayur dan buah merupakan bagian dari pola makan yang tidak seimbang secara keseluruhan.

Pola makan yang tidak seimbang dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika Mama mengonsumsi terlalu banyak kalori dari makanan lain yang tinggi lemak atau gula.

7. Kurang tidur yang cukupFreepik/Jcomp

Terakhir, kebiasaan kurang tidur yang cukup. Kurang tidur atau tidur yang tidak cukup dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan. Kurang tidur dapat memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan.

Kekurangan tidur dapat meningkatkan produksi ghrelin atau hormon yang merangsang nafsu makan dan mengurangi produksi leptin atau hormon yang memberi tahu otak bahwa tubuh sudah kenyang.

Ketika kurang tidur, Mama mungkin merasa kurang energik dan cenderung mencari makanan yang mengandung gula dan lemak. Hal ini dapat mengarah pada konsumsi makanan tinggi kalori dan rendah nutrisi.

Nah, itu dia informasi seputar 7 kebiasaan sepele yang ternyata bikin badan cepat gemuk. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

  • 5 Akibat Terseram Kalau Punya Badan Gemuk, Menakutkan!
  • 8 Penyebab Terasa Pegal saat Bangun Tidur, Salah Satunya Kegemukan lho
  • 7 Camilan Malam yang Tak Bikin Gemuk, Cocok Buat yang sedang Diet
Leave a comment