Informasi Terpercaya Masa Kini

Populasi di Jepang Makin Menurun, Biaya Hidup Jadi Salah Satu Penyebab

0 7

KOMPAS.com – Populasi total Jepang menurun untuk tahun ke-15 berturut-turut pada 2023 dengan penurunan lebih dari setengah juta orang.

Hal ini diduga seiring dengan penuaan penduduk dan rendahnya angka kelahiran, seperti dilansir AP.

Jumlah kelahiran di Jepang mencapai rekor terendah sebesar 730.000 pada tahun lalu. Sementara itu, angka kematian sebesar 1,58 juta jiwa pada tahun lalu juga merupakan rekor tertinggi.

Baca juga:

  • Generasi Muda Indonesia Makin Banyak Tunda Menikah 
  • Fenomena Childfree di Indonesia Meningkat dalam 4 Tahun Terakhir

Populasi Jepang pada tanggal 1 Januari adalah 124,9 juta jiwa.

Data yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri Jepang, Rabu (24/7/2024), juga menunjukkan bahwa peningkatan 11 persen penduduk asing cukup membantu populasi mereka hingga melampaui angka 3 juta untuk pertama kalinya.

Penduduk asing saat ini berjumlah hampir 3 persen dari total populasi di Jepang dan sebagian besar berusia produktif antara 15 hingga 64 tahun.

Sementara itu, dilansir dari Newsweek, Badan Anak dan Keluarga Jepang, yang menjadi tuan rumah pertemuan pada 19 Juli, mengutip survei tahun 2021 di mana 48,1 persen perempuan dan 43,3 persen laki-laki berusia antara 25 dan 34 tahun mengatakan belum menemukan pasangan yang cocok.

Tingkat kesuburan Jepang atau jumlah rata-rata bayi yang diharapkan dilahirkan seorang perempuan turun ke rekor terendah pada tahun lalu, yakni 1,2 anak per orang.

Sementara itu, orang berusia di atas 65 tahun sekarang mencapai lebih dari 30 persen dari populasi “sangat tua” negara tersebut.

Pergeseran demografi ini membuat para pembuat kebijakan khawatir tentang masa depan ekonomi terbesar kedua di Asia itu.

Perdana Menteri Fumio Kishida kemudian menjadikan peningkatan angka kelahiran sebagai prioritas nasional.

Tekanan biaya hidup

Survei menunjukkan bahwa semakin banyak anak muda Jepang yang enggan menikah atau memiliki anak karena tertekan oleh prospek pekerjaan yang suram, biaya hidup yang tinggi dan tidak disertai peningkatan gaji serta budaya perusahaan bias gender yang menambah beban pada perempuan dan ibu bekerja.

Pemerintah mengalokasikan 5,3 triliun yen (sekitar 34 miliar dollar AS) sebagai bagian dari anggaran 2024 untuk mendanai insentif pasangan muda untuk memiliki lebih banyak anak, seperti meningkatkan subsidi untuk pengasuhan anak dan pendidikan, yang diperkirakan akan menghabiskan 3,6 triliun yen (sekitar 23 miliar dollar AS) uang pajak setiap tahun selama tiga tahun ke depan.

Baca juga:

  • Psikolog Sebut Pasangan Childfree Juga Bisa Hidup Bahagia
  • 5 Alasan Pemuda Tunda Menikah 

Para ahli mengatakan bahwa langkah-langkah tersebut sebagian besar ditujukan untuk pasangan menikah yang berencana memiliki atau sudah memiliki anak, tetapi tidak mengatasi meningkatnya jumlah anak muda yang enggan menikah.

Populasi Jepang diproyeksikan turun sekitar 30 persen menjadi 87 juta pada tahun 2070, ketika empat dari setiap 10 orang akan berusia 65 tahun atau lebih.

Leave a comment