Informasi Terpercaya Masa Kini

Israel Klaim Hampir Kalahkan Hamas Setelah 9 Bulan Serangan

0 9

YERUSALEM, KOMPAS.com – Para pejabat senior di pemerintahan Israel mengatakan bahwa mereka semakin dekat dengan tujuan perang mereka untuk mengalahkan Hamas secara militer dan mengembalikan para sandera yang disandera pada 7 Oktober lalu.

Meski begitu, kelangsungan hidup Hamas sebagai kekuatan gerilya dan pengaruhnya di Gaza mungkin akan membayangi kesepakatan apa pun.

Setelah sembilan bulan dihantam oleh salah satu militer terkuat di Timur Tengah, Hamas jauh lebih lemah dari kekuatan yang melakukan serangan lintas batas ke Israel pada 7 Oktober lalu.

Baca juga: Hamas: Pidato PM Israel seperti Tak Menginginkan Gencatan Senjata

Pada awal perang, video Hamas menunjukkan anggotanya yang terlatih dengan baik dengan pelindung tubuh dan pakaian perang, tubuh mereka dibungkus dengan sabuk amunisi.

Kini, kelompok-kelompok kecil gerilyawan yang mengenakan kaos oblong dan sepatu olahraga melakukan serangan tabrak lari di jalan-jalan Gaza yang dibombardir, demikian yang diperlihatkan dalam video tersebut.

Reuters berbicara dengan tiga sumber yang mengetahui taktik Hamas, dua mantan militan Hamas, tiga pejabat Palestina, dua sumber militer Israel dan seorang pejabat pertahanan Israel untuk menjelaskan kekalahan kelompok itu dan strateginya.

Dua sumber Israel dan dua sumber Palestina mengatakan bahwa jaringan komunikasi yang dibangun oleh Hamas sebelum perang telah rusak berat.

Hal ini menyebabkan komando mereka terfragmentasi dan bergantung pada pesan-pesan yang disampaikan secara langsung untuk menghindari pengawasan Israel, kata sumber-sumber Palestina tersebut.

Salah satu sumber Palestina yang mengetahui taktik militer Hamas mengatakan bahwa kehilangan personel dan hancurnya jaringan komunikasi berarti pengambilan keputusan yang terpusat telah runtuh.

Sebagian besar jaringan terowongan yang luas di bawah Gaza juga telah dihancurkan atau disusupi, kata militer Israel.

Baca juga: PM Netanyahu Usulkan Gaza Baru Usai Perang Israel-Hamas

Namun taktik gerilya yang diadopsi oleh sel-sel Hamas dalam beberapa pekan terakhir hanya bertujuan untuk memastikan kelompok itu bertahan, melumpuhkan pasukan Israel dan menimbulkan kerugian, menurut sumber Palestina lainnya yang mengetahui taktik militer Hamas.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, berbicara kepada para tentara di kota Rafah di Gaza selatan, mengatakan bahwa Israel hampir mengalahkan Hamas secara militer, menurut sebuah pernyataan dari kantornya.

“Kami akan menghabisi Hamas sebagai sebuah organisasi militer,” kata Gallant kepada para tentara. “Kami menciptakan situasi yang memungkinkan kami membuat kesepakatan untuk membebaskan para sandera.”

Baca juga: Bagaimana China Bisa Damaikan Hamas dan Fatah?

Hamas menyandera sekitar 250 sandera dalam serangan 7 Oktober dan menewaskan 1.200 orang, menurut perhitungan Israel. Hamas dan militan lainnya masih menyandera 115 sandera, sekitar sepertiganya telah dinyatakan tewas secara in absentia oleh pihak berwenang Israel.

Leave a comment