Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Cara Membuat Tanaman Tomat Tumbuh Lebih Cepat

0 8

JAKARTA, KOMPAS.com – Tomat yang manis dan berair langsung dari kebun adalah suguhan musim panas. Jadi, wajar saja jika Anda ingin mulai menikmati hasil panen rumahan sesegera mungkin.

Namun, tanamam tomat membutuhkan waktu hingga 90 hari untuk menghasilkan buah pada tanaman yang dimulai dari biji. 

Baca juga: Kenapa Tanaman Tomat Layu? Ini Penjelasannya

Ditambah, suhu dingin yang tidak menentu dapat menunda penanaman dan memperlambat pertumbuhan tanaman tomat yang menyukai panas. 

Tak heran, menanam tomat menghadirkan tantangan karena merupakan tanaman musim panas yang membutuhkan cukup waktu untuk matang dan menghasilkan buah.

Di daerah yang lebih dingin, ini berarti menanam tomat harus di dalam ruangan. Untungnya, ada beberapa trik mempercepat pertumbuhan tanaman tomat, tapi ada sejumlah kelemahan yang perlu dipertimbangkan. 

Nah, disadur dari Gardeners, Rabu (3/7/2024), berikut cara membuat tanaman tomat tumbuh lebih cepat. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk untuk Tanaman Tomat, Bisa Pakai Cangkang Telur

Pilih varietas tomat yang cepat matang 

Tanam varietas tomat yang cepat tumbuh, seperti 4th of July Tomato, dan Anda akan memakan tomat matang pertama hanya dalam waktu 49 hari setelah dipindahkan.

Bandingkan dengan varietas tomat yang membutuhkan waktu 80 atau 90 hari untuk mencapai kematangan. Artinya, Anda harus menunggu sebulan atau lebih untuk mendapatkan tomat yang matang.

Saat memilih bibit atau membeli benih untuk memulai menanam tomat di dalam ruangan, periksa deskripsi varietas untuk mengetahui jumlah hari hingga matang. 

Baca juga: Tips Menanam Tomat Ceri agar Tumbuh Sepanjang Musim

Hangatkan tanah

Selanjutnya, cara membuat tanaman tomat tumbuh lebih cepat adalah menghangatkan tanah. Tomat tumbuh paling baik di tanah hangat, tanah yang dingin akan memperlambat pertumbuhannya.

Jika garden beds ditutupi mulsa, cabutlah pada awal musim semi untuk mengekspos tanah pada kehangatan matahari.

Menempatkan selembar plastik bening di atas tempat tidur juga akan membantu. Tanah di garden beds yang ditinggikan mengering dan menghangat lebih cepat daripada tanah kebun di dalam tanah. Ini sangat ideal untuk tanaman tomat yang menyukai panas. 

Baca juga: Waktu dan Cara Memindahkan Bibit Tomat ke Pot Baru

Mengeraskan tanaman

Baik menanam tomat sendiri dari biji maupu membelinya, tanah tanaman tomat perlu dikeraskan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi di luar ruangan.

Sekitar seminggu sebelum Anda berencana menanam bibit tomat di kebun, letakkan bibit di tempat yang terlindung di luar ruangan (sebagian teduh, terhindar dari angin) selama beberapa jam, lalu bawa bibit ke dalam rumah pada malam hari.

Secara bertahap, selama seminggu atau 10 hari, biarkan bibit tomat terkena lebih banyak sinar matahari dan angin. 

Baca juga: Ketahui, Ini Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Tomat

Lindungi tanaman tomat muda dari angin dan suhu dingin

Cara membuat tanaman tomat tumbuh lebih cepat berikutnya adalah melindungi tanaman tomat muda dari angin dan suhu dingin. 

Suhu di 50-an derajat Celcius dan lebih dingin secara dramatis memperlambat pertumbuhan tanaman tomat. 

Selain itu, angin mengeringkan tanaman tomat yang dapat menyebabkan batang rapuh patah. Tanam tomat di sisi selatan rumah untuk memanfaatkan iklim mikro yang lebih hangat.

Tunggu untuk menerapkan mulsa

Menerapkan mulsa menjadi bagian dari cara membuat tanaman tomat tumbuh lebih cepat. Namun, butuh waktu untuk menerapkan mulsa pada tanaman tomat. 

Biarkan tanah di sekitar tanaman baru selama sekitar satu bulan pertama agar matahari dapat terus menghangatkan tanah.

Setelah cuaca musim panas tiba dengan sungguh-sungguh, Anda dapat mengaplikasikan lapisan mulsa jerami atau kulit kayu parut setebal lima sentimeter untuk membantu menjaga kelembapan tanah. 

Baca juga: 8 Cara Menanam Tomat di Dalam Ruangan agar Tumbu Subur

Sanggah tanaman tomat

Terakhir, cara membuat tanaman tomat tumbuh lebih cepat adalah menyaga tanaman. Batang yang rontok dan dedaunan yang melebar menaungi buah tomat yang sudah matang, yang menunda pematangan.

Pasanglah sangkar kokoh, tangga, atau penyangga lain saat menanam tomat untuk menjaga tanaman tetap tegak. Dengan begitu, membantu tanaman tomat tumbuh lebih cepat. 

Leave a comment