Informasi Terpercaya Masa Kini

Anggaran Makan Gratis Dipertimbangkan Jadi Rp 7.500 Per Anak, PDI-P: Perlu Perhatian Khusus

0 4

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua DPP PDI-P Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Ganjar Pranowo berpandangan, program makan gratis untuk anak-anak yang dicanangkan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto harus mendapatkan perhatian khusus.

Pasalnya, anggaran program tersebut akan diturunkan menjadi Rp 7.500 per anak. Padahal sebelumnya, anggarannya direncanakan Rp 15.000 per anak.

“Sepertinya program (makan gratis) harus dapat perhatian khusus,” kata Ganjar kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2024).

Perhatian khusus yang dimaksudnya adalah terkait anggaran, cara distribusi, kelompok sasaran sampai kandungan gizi dari program makan gratis tersebut.

Baca juga: Utak-atik Janji Makan Siang Gratis Prabowo, Anggaran Dipertimbangkan Turun ke Rp 7.500 Per Porsi

Menurutnya, semua itu harus disesuaikan dengan anggaran negara yang tersedia.

Kemudian, mantan calon presiden pada Pilpres 2024 ini juga berharap pemerintahan ke depan menyiapkan sosok sebagai juru bicara program.

“Nantinya harus ada yang menjelaskan secara terbuka agar publik tahu dan program ini bermanfaat,” ungkap mantan Gubernur Jawa Tengah ini.

Sebelumnya diberitakan, ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan, mengungkapkan bahwa dirinya diajak mendiskusikan program makan bergizi gratis untuk anak-anak oleh tim sinkronisasi Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Baca juga: Anggaran Makan Bergizi Gratis Disebut Jadi Rp 7.500, Budiman Sudjatmiko: Jangan Lihat Harganya…

Salah satu pembahasannya adalah mengenai keinginan Prabowo mengefisienkan pagu anggaran Rp 71 triliun agar dapat digunakan secara maksimal dan menjangkau sebanyak mungkin anak-anak.

“Yang saya mau sharing itu adalah angka itu memang dibahas dengan Pak Prabowo gitu, yang dikomunikasikan ke saya. Angka Rp 71 triliun dan defisit 2,5 persen, bukan ke 3 persen ataupun ke 3,5 persen gitu, enggak begitu. Mereka sudah agree on that,” ujar Heriyanto dalam acara Market Outlook 2024, yang disiarkan lewat kanal YouTube, Selasa (16/7/2024).

Dari situ, Heriyanto melihat ada keinginan dari pihak Prabowo untuk bisa menjalankan program makan bergizi gratis secara maksimal, tanpa perlu menambahkan atau mengurangi pagu anggaran Rp 71 Triliun.

Menurut Heriyanto, opsi yang kemudian dimunculkan oleh tim sinkronisasi dalam diskusi adalah menurunkan alokasi biaya makanan per anak, dari rencana Rp 15.000 menjadi Rp 7.500.

Leave a comment