Informasi Terpercaya Masa Kini

Mengapa Petugas Keamanan Gagal Antisipasi Penembakan Donald Trump?

0 32

TEMPO.CO, JakartaPenembakan Donald Trump menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana kandidat presiden dari Partai Republik tersebut dilindungi dalam kampanye dan apa yang menyebabkan kelalaian keamanan yang terlihat pada rapat umum, Sabtu, 14 Juli 2024.

Meskipun informasi mengenai insiden ini masih sedikit, setidaknya satu orang yang diwawancarai oleh BBC mengatakan bahwa ia telah mencoba untuk memberi tahu polisi dan Dinas Rahasia AS bahwa ada penembak jitu yang memanjat ke atap di dekatnya, di luar batas keamanan tempat rapat umum di Butler, Pennsylvania. Namun, upayanya tidak berhasil.

Siapa yang memberi perlindungan seorang mantan presiden?

Sebagai mantan presiden dan calon presiden AS dari Partai Republik, Trump dilindungi oleh Secret Service.

Selama sebagian besar persinggahan kampanye Trump, polisi setempat membantu Secret Service dalam mengamankan tempat tersebut. Agen dari lembaga lain dalam Departemen Keamanan Dalam Negeri, seperti Administrasi Keamanan Transportasi, kadang-kadang membantu.

Bagaimana cara kerja para agen keamanan?

Ini bukanlah tugas yang mudah. Banyak kampanye Trump yang dihadiri ribuan orang, berlangsung di tempat terbuka dan berlangsung berjam-jam. Sebelum acara berlangsung, para agen akan memindai tempat tersebut untuk mencari bom atau ancaman lainnya, dan Trump selalu tiba dengan iring-iringan mobil yang diperlengkapi sistem keamanan canggih.

Aparat penegak hukum biasanya memasang pembatas sebagai perimeter, dan mengharuskan semua hadirin melewati detektor logam untuk memasuki tempat acara. Petugas keamanan bersenjata menggeledah tas dan bahkan dompet para peserta. Banyak peserta rapat umum yang ditepuk dengan tangan.

Apa yang terjadi pada serangan Sabtu?

Namun, serangan Sabtu tampaknya dilakukan oleh seorang pria bersenjata yang berada di luar perimeter yang diamankan, menurut laporan awal media.

Seorang penduduk setempat yang hadir pada acara Sabtu dan meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa ia melihat apa yang tampak seperti dua agen Secret Service yang bertengger di atap di dekatnya sebelum acara berlangsung. Dia mengatakan bahwa para agen tersebut telah memindai area tersebut dengan teropong sebelumnya.

“Mereka terus melihat ke arah kiri di belakang acara, sebelum Trump naik ke atas panggung. Mereka terlihat sangat fokus pada area tersebut,” ujar salah seorang hadirin.

Secret Service mengatakan tak lama setelah penembakan tersebut bahwa mereka telah memulai penyelidikan dan memberikan penjelasan kepada Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat, meskipun badan tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar tambahan mengenai protokolnya.

Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania mengajukan pertanyaan kepada Secret Service, yang tidak segera merespons.

Pada saat-saat setelah Trump terluka, mantan presiden dengan cepat dikelilingi oleh personel Secret Service yang membentuk perisai manusia, sementara agen-agen bersenjata lengkap dengan pelindung tubuh dan senapan jinjing juga turun ke panggung dan tampak memindai area tersebut untuk mencari ancaman.

Trump dibawa oleh para agen ke sebuah SUV hitam, dan dibawa ke rumah sakit setempat, menurut kampanye tersebut.

REUTERS

Pilihan Editor: Reaksi Politisi Partai Republik dan Demokrat atas Penembakan Donald Trump

Leave a comment